Cara Merawat Kura-Kura Brazil Dengan Baik dan Benar

Posted on

Cara Merawat Kura-Kura Brazil dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Kura-Kura Brazil – Kura-kura brazil atau yang memiliki nama latin Trachemys scripta merupaakan salah satu jenis reptile yang berasal dari Amerika Serikan bagian selatan. Di Indonesia sendiri kura-kura brazil banyak digemari masyarakat sebagai hewan peliharaan dengan nama lainnya yaitu kura-kura bertelinga merah. Kura-kura jenis ini memiliki ciri-ciri fisik yaitu tubuhnya berwarna hijau tua dengan garis-garis kuning, cukup unik sebagai hewan peliharaan. Ciri lainnya yang dapat kita lihat secara langsung adalah warna merah pada bagian kiri dan kanan kepalanya sehingga sering dianggap sebagai telinga.

Jika anda ingin membedakan kura-kura jantan dan betina dapat dilihat dari cakarnya, dimana cakar pada kura-kura jantan terlihat lebih panjang pada kaki bagian depan. Corak yang dimiliki kura-kura jantan terlihat lebih sedikit dari pada kura-kura betina. Secara umum, kura-kura brazil memiliki ukuran tubuh sekitar 30 cm. cukup unik dan mungil untuk ukuran kura-kura. Sehingga tidak heran apabila banyak yang tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini. Selain itu, hewan ini juga memiliki daya tahan tubuh yang dapat dikatakan cukup kuat. maka dari itu, kura-kura brazil sangat mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Selain memiliki ukuran yang cukup mungil dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, kura-kura brazil dapat mencapai usia sekitar 20 hingga 40 tahun. Kura-kura berkembangbiak dengan cara bertelur dan mampu menghasilkan telur kurang lebih 20 sampai 45 butir. Jumlah dari seluruh telur kura-kura tergantung dari kondisi cuaca dan tingkat kesuburannya. Apabila anda tertarik untuk memelihara kura-kura jenis ini berikut Cara Merawat Kura-Kura Brazil bagi anda yang baru pertama kali memeliharanya.

1. Siapkan Tempat Tinggal Kura-Kura

Pertama yang perlu anda persiapkan tentu saja tempat tinggal bagi kura-kura yang nantinya akan diperlihara. Tempat tinggal yang cocok untuk hewan ini adalah aquarium. Siapkan aquarium dan isilah dengan air yang cukup untuk kura-kura berenang. Selain menyiapkan air, siapkan juga spot daratan yang dapat digunakan kura-kura untuk istirahat atau tidak berenang sekitar 20-an menit. Sesuaikan ukuran aquarium dengan kura-kura yang akan dipelihara. Selalu perhatikan kebersihan aquarium karena tyerkadang terdapat sisa makanan yang dapat memperkeruh air aquarium.

2. Suhu Dan Pencahayaan Kandang

Suhu air yang ideal untuk kura-kura brazil yaitu sekitar 25,5- 26,5 derajat celcius dengan pencahayaan dengan memakai lampu yang dapat megalirkan sinar UV. Hal ini karena kura-kura brazil sangat membutuhkan sinar UV dan UVB sebagai pemenuhan vitaminnya. Anda juga perlu memperhatikan untuk tidak selalu menyalakan lamu sepanjang hari atau terlalu lama karena dapat berdampak pada suhu kandang dan menjadi tidak ideal.

3. Kualitas Air

Air tawae adalah jenis air yang cocok digunakan untuk memelihara kura-kura brazil, dengan suhu 20-25 derajat celcius dan bebas dari zat kimia. Gantilah air aquarium secara rutin untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan seperti halnya penyakit. Dikarenakan air yang kotor dapat mengandung banyak kuman dan apabila dibiarkan dapat mempengaruhi kesehatan kura-kura. Kedalaman air dalam aquarium juga perlu diperhatikan sehingga kura-kura dapat berenang dengan mudah.

4. Sistem Pembuangan Dan Penyaringan

Disebabkan karena kotoran kura-kura bertekstur padat, maka dibutuhkan beberappa cara untuk memaksimalkan pembersihan. Anda dapat menggunakan cara dengan memasang penyaring yang dapat mencegah bekteri untuk berkembangbiak. Umumnya penyaring yang sering digunakan adalah Internal Canister Filter, yaitu penyaring terbaik yang dapat ditempatkan didalam tangki. Penyaring jenis Under-gravel filter juga cocok dan dapat berfungsi dengan baik jika di dalam aquarium hanya aada satu atau dua ekor kura-kura.

5. Menentukan Makanan Kura-Kura Brazil

Cara Merawat Kura-Kura Brazil yang selanjutnya yaitu dengan mengetahui jenis makanan kura-kura brazil yang paling cocok. Makanan tersebut adalah sayuran dan buah. Selain sayur dan buah, kura-kura jenis ini juga dapat diberikan makanan pellet, daging, ika san juga serangga. Apabila anda memberinya sayuran sebaiknya berilah sayuran yang tinggi akan kalsium ketika berada pada tahap perkembangbiakan tempurung. Ketika kura-kura telah dewasa umumnya lebih menyukai berbagai tumbuhan hijau seperti bayam, sawi dan selada. Tanaman air seperti seperti watter lettuce, water hyacinth, atau duckweed juga cocok anda berikan.

Selain sayur, buah-buahan juga penting untuk pertumbuhan kura-kura. Beberapa buah yang dapat anda berikan adalah pisang, papaya, dan tomat. Namun, jangan terlalu sering memberi kura-kura buah, karena dapat membuat pencernaan hewan ini terganggu, sehingga menyebabkan sering buang air besar. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya anda bisa memberikan ikan kecil atau daging yang dapat dicincang. Daging mentah cukup disenangi oleh kura-kura akan tetapi untuk menghindari penyakit, sebaiknya daging tersebut diolah terlebih dahulu. Hindari pemberian ikan laut atau ikan beku. Hal ini untk mencegah dan menghindari agar tidak terserang penyakit dari bakteri yang berasal dari ikan beku tersebut.

6. Mengajak Bermain

Seperti halnya hewan lain, apabila anda memilih kura-kura sebagai hewan peliharaan sebaiknya perlalukan seperti layaknya hewan yang sangat anda sayangi. Salah satu bentuk perhatian yang perlu anda berikan yaitu dengan mengajaknya bermain. Hal ini bermanfaat untuk membangun ikatan antara anda dan hewan peliharaan. Cara memberikan perhatian dan mengajak bermain kura-kura yaitu dengan mengelus atau meggaruk-garuk tempurungnya dengan lembut.

Nah itulah beberapa Cara Merawat Kura-Kura Brazil yang mungkin dapat anda jadikan sebagai panduan dalam memeliharanya. Dikarenakan kura-kura merupakan hewan yang dapat hidup di air dan juga didarat, maka dalam perawatannya dibutuhkan suatu kondisi yang mampu membuat kura-kura tersebut merasa nyaman sertaa aman.

Baca juga: