Berikut 4 Cara Menentukan Musim Tanam di Indonesia yang Paling Tepat

Posted on

Berikut 4 Cara Menentukan Musim Tanam di Indonesia yang Paling Tepat

Cara Menentukan Musim Tanam di Indonesia yang Paling Tepat – Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan budidaya pada tanaman. Salah satunya yaituketepatannya di dalam membaca musim dan juga cuacanya. Perlu kalianketahui bahwa setiap tanaman sebenarnya mempunyai musim dan cuaca ideal masing-masing. Ada tanaman yang cocok ditanam saat musim kemarau dan juga ada tanaman yang cocok ditanam di musim hujan. Selain itu ada juga beberapa tanaman yang cocok ditanam pada musim peralihan.

Bagi petani Indonesia umumnya mereka sudah mengenal dengan baik musim tanam yang ada di daerahnya masing-masing. Akan tetapi bagi para petani pemula yang masih belum berpengalaman tentunya mereka masih harus belajar mengamati dan menghafal musim tanam yang tepat. Jika salah menentukan tanaman pada suatu musim bisa berakibat fatal yaitu gagal panen.

Nah, untuk itulah kali ini kami akan memberikan penjelasantentang cara menentukan musim tanam di Indonesia bagikalian para pemula ataupun para petani lama yang ingin memperdalam lagi wawasannya. Kami senantiasa berbagi ilmu kepada kalian untuk meningkatkan kualitas dan juga kesejahteraan hidup petani Indonesia.

1. Mengenal Musim di Indonesia

Kalian semua pastinya sudah diajari sejak SD bahwa musim di Indonesia terbagi menjadi 4 musim yaitu musim Hujan, musim Pancaroba (Peralihan) dan musim Kemarau. Berikut akan jelaskan satu per satu agar lebih jelas.

  • Musim Penghujan
    Saat musim penghujan, angin dari samudra Pasifik yang kaya akan uap air akan memasuki kawasan di Indonesia. Kelembaban udara di sebagian besar wilayah Indonesia akan tinggi sehingga mulailah akan turun hujan. Musim hujan di Indonesia terjadi di antara bulan September sampai denganMaret dimulai wilayah bagian barat terlebih dahulu yaitu wilayah Sumatera pada akhir bulan September kemudian menyusul ke wilayah Jawa dan Kalimantan pada bulan November dan terus bergerak ke arah timur.
  • Musim Kemarau
    Pada musim kemarau ditandai dengan berhembusnya angin dari arah Samudra Hindia (Dekat Australia) yang miskin akan uap air kemudian memasuki wilayah Indonesia dengan membawa udara yang kering. Pada saat itu kelembaban udara sangatlahminim. Rerumputan juga mengering. Akan tetapi pada saat kemarau suhu udara akan terasa sangat dingin di malam hari. Musim kemarau di mulai bulan April sampai Agustus.
  • Musim Pancaroba (Peralihan)
    Yang dimaksud disiniadalah peralihan dari kemarau ke musim hujan atau pun sebaliknya. Musim Pancaroba ini berlangsung singkat. Untuk Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan terjadi di bulan September sampai November sedangkan untuk peralihan dari musim hujan ke musim kemarau terjadi di bulan Maret sampai Mei. Saat musim pancaroba ini terkadang masih juga turun hujan dengan intensitas yang rendah hinggaintensitas sedang.
Baca Juga :   Tips Memilih Burung Jalak Suren Yang Bagus

2. Tanaman untuk Musim Penghujan

Di musim penghujan ketersediaan air sangatlah melimpah. Daun tanaman menghijau dengan suburnya dikarenakan banyak kandungan nitrogen bebas dalam air hujan. Pada musim hujan ini disarankan untuk menanam berbagai macam tanaman seperti sayuran dan juga buah-buahan. Akan tetapi juga harus selektif menyesuaikan ketinggian lahan dari permukaan air laut serta ketahanan tanaman tersebut.

Kalian harus tahu bahwa penyakit tanaman di musim penghujan itu hampir semuanya disebabkan oleh cendawan (jamur) dan juga bakteri patogen. Sedangkan serangan hama serangga seperti kutu daun sangatlah minim sekali. Kelembaban udara yang tinggi disertai dengan kadar nitrogen melimpah menyebabkan jamur dan bakteri berkembang biak dengan sangat pesat. Sedangkan telur kutu-kutuan akan gagal menetas pada kondisi yanglembab.

Daftar tanaman yang cocok ditanam saat musim hujan yaitu Padi, Sawi, Kubis, Causin, Bayam, Kangkung, Terong, Kacang Panjang, Timun, Semangka, Melon dll. Kalian juga sebaiknya memperhitungkan bulan jatuhnya panen agar tepat waktu. Untuk tanaman berbuah sebaiknya jangan di panen pada puncak musim penghujanyaitu di bulan Januari sampai Februari.

3. Tanaman Untuk Musim Kemarau

Sedangkan tanaman untuk musim kemarau sebaiknya pilihlah tanaman yang menghasilkan buah dan juga umbi untuk dipanen. Pada musim kemarau hama tanaman lebih intens pada jenis serangga seperti kutu daun yang menularkan virus keriting dan juga bulai. Pada musim kemarau kalian juga harus rajin untuk melakukan pengairan.

Daftar tanaman yang cocok ditanam saat musim kemarau yaitu Jagung, Ubi, Ketela, Tomat, Kentang, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Labu, dll. Jenis tanaman umbi-umbian justru akan menghasilkan kualitas umbi yang baik apabila dipanen saat musim kemarau.

4. Tanaman Untuk Musim Pancaroba (Peralihan)

Sebenarnya yang paling dinanti oleh petani profesional justru pada musim Pancaroba. Karena pada musim pancaroba ini hampir setiap jenis tanaman dapat dibudidayakan dengan normal. Populasi hama dan penyakit juga berada di level sedang sehingga mudah untuk diatasi. Hasil panen di musim Pancaroba merupakan hasil panen yang ideal.

Baca Juga :   Jenis Pakan Hijau Untuk Kambing

Beberapa jenis tanaman yang bagus ditanam dimusim Pancaroba ialah Padi, tomat, Cabai, semangka, Terong, Timun, Melon, Umbi-umbian, sayur-sayuran serta beberapa jenis tanaman serealia.
Yang paling dihafal oleh para petani adalah tanaman cabai yang fenomenal karena harganya yang fluktuatif. Jikatanamancabai ditanam padamusim hujan maka buahnya akan busuk oleh penyakit patek (antraknosa).

Sedangkan bila ditanam di musim kemarau maka daunnya akan keriting (puret) serta menguning karena akibat serangan kutu daun. Jadi ia cocok ditanam pada bulan Februari-Maret agar panen saat kemarau.

Itulah pembahasan tentang Cara Menentukan Musim Tanam di Indonesia yang Paling Tepat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Ternak Burung Kutilang Kicau Nyaring

6 Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar