Cara Ternak Burung Kutilang Kicau Nyaring

Posted on

Cara Ternak Burung Kutilang Kicau Nyaring

Cara Ternak Burung Kutilang Kicau Nyaring – Budidaya burung memberikanpeluang besar untuk meraup keuntungan yang besar. Salah satu burung yang sering dicari adalah kutilang. Setiap jenis burung mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Kutilang merupakan jenis burung kicau yang dapat kalian jumpai di tempat-tempat terbuka seperti tepi jalan, kebun, pekarangan, dan juga hutan sekunder.

Kutilang juga sering dijumpai hidup meliar di taman atau bahkan halaman-halaman rumah di kawasan kota. Burung ini sering memperlihatkan cara hidup yang berkelompok. Bisa dalam hal mencari makanan ataupun pada saat bertengger. Seperti halnya memelihara kucing, jika Kutilang telah di rawat baik sejak kecil akan memberikan telepati kuat dengan sang pemilik. Berikut langkah-langkah ternak burung Kutilang yang bisa kalian ikuti:

1. Persiapan Kandang

Langkah pertama dalam beternak burung kutilang adalah mempersiapkan kandang. Kandang kutilang umumnya dibuat menggunakan kawat dengan ukuran 75 cm X 75 cm X 100 cm. Bagian dasar bawah kandang harus di berikan tanah, tujuannya supaya ketika kutilang membuang kotoran bisa langsung pada tanah dan tidak menempel di kandang. Selain tanah, kalian juga bisa menggunakan pasir.

2. Pemilihan Induk

Induk di pilih berdasarkan fisik dan kesehatan. Pemilihan induk dengan memperhatikan jenis kelamin menjadi salah satu poin yang penting. Pastikan kalian memilih induk yang benar-benar sehat. Ciri-cirinya adalah gerakannya lincah,nafsu makannya baik dan kondisi fisiknya tidak ada kecacatan.
Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina, berikut perbedaannya:
– Kutilang jantan memiliki bentuk tubuhgemuk di bandingkan dengan betina
– Di bagian bawah ekor, bulu sang jantan memiliki warna orange sedangkan betina berwarna kuning.
– Burung kutilang jantan memilikijangger di atas kelapa yang berdiri lurus dan tegak, juga ukuran kepalanya sedikit lebih besar dibandingkan betina.
– Burung kutilang jantan suaranya lebih nyaring serta gacor, beda dengan burung kutilang betina yang memiliki suara bersiul dan terpatah-patah.

Baca Juga :   Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu

3. Pemberian Bak

Kandang kutilang harus di berikan bak di dalamnya. Karena nantinya akan berguna untuk membersihkan bulu kutilang. Jangan lupa buatkan juga sarang burung kutilang untuk tempatnya bertelur. Buatlah lokasi kandang secantik mungkin seolah-olah seperti yang ada dalam lingkungan liarnya.

4. Pemberian Voer, Hewan dan Buah

Makanan burung kutilang ini yaitu voer, namun kalian bisa memberikan serangga pada burung ini seperti jangkrik. Lebih variatif kalian dalam memberikan makan maka akan lebih mudah membuat burung kutilang betah dalam lingkungan barunya bersama kalian. Jangkrik yang diberikan umumnya hanya berjumlah empat atau tiga ekor dalam sekali makan.

Namun jangan menjadikan voer dan jangkrik sebagai makanan pokok setiap hari. Berikan gizi tambahan dari buah-buahan. Burung kutilang menyukai buah dengan tekstur lembut. Adapun macamnya seperti pepaya matang dan pisang. Keduanya bisa kalian berikan secara variatif dan rutin.

5. Menggantang Burung

Peternak yang baik, rajin-rajinlah menggantung burung kutilang setiap pagi dan sore di teras rumah. Tujuannya agar suhu serta udara segar sepoi-sepoi membius kutilang tetap merasa nyaman. Seba bila terlalu sering mengandang kutilang di dalam rumah dapat membuatnya stress dan penuh tekanan.

6. Memberikan Air

Air menjadi sumber hidupnya yang tidak akan terlepaskan. Jangan sampai telat dalam menyuplai air, pastikan setiap harinya wadah air dalam kandang selalu terisi. Akan tetapi, kondisikan wadahnya selalu bersih. Minimal sehari sekali kalian harus mencuci wadah air dan mengganti air dengan yang baru.

7. Bersihkan Kandang

Cara selanjutnya yang bisa membuat burung selalu sehat adalah rajin membersihkan kandangnya. Pembersihan kandang di lakukan saat pagi hari dan sore hari. Sudah menjadi risiko peternak harus melakukan ini setiap hari supaya bisa memberi kenyamanan pada sang burung kesayangan. Tujuannya supaya kotoran tidak menempel dan mengakibatkan penyakit juga udara yang tidak sehat.

Baca Juga :   Budidaya Udang Di Lahan Sempit Bagi Pemula

8. Memandikan Kutilang

Mandikan burung kutilang setiap hari di waktu pagi. Buat tubuhnya basah dengan cara menyemprotkan air menggunakan botol spray. Dengan begitu burung akan merasa lebih senang sebab tubuh menjadi lebih segar dan fresh.

9. Menjemur Kutilang

Penjemuran hanya di lakukan setiap pagi saja. Waktu yang tepat untuk menjemur kutilang yaitu sekitar jam 07.00 pagi sampai dengan jam 08.00 pagi. Di saat-saat seperti itu paparan sinar matahari sangat baik untuk burung dan perkembangannya sehingga kutilang juga bisa mendapatkan vitamin D.

10. Berikan Tirai Pada Kandangnya

Tirai kandang kutilang berguna sebagai penutup saat malam hari. Ketika malam tiba, udara lebih dingin dibandingkan pagi ataupun siang hari. Sehingga dibutuhkan tirai untuk membungkus kandangnya. Kutilang tidak menyukai udara atau suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin.

11. Buatkan Tengger

Di dalam kandang burung berikan tengger untuk kutilang. Sebab semua burung pasti membutuhkan tengger untuk memanjat. Sangat mudah sekali, tidak perlu bagus atau menarik kalian cukup menempatkan satu batang kayu di dalam kandang untuk masing-masing sisi di himpitkan pada kandang.

12. Penjodohan

Letakkan kutilang jantan dan betina pada kandang yang berbeda, lalu dekatkan mereka dalam sangkar yang berbeda tersebut. Tujuannya supaya keduanya bisa saling tertarik antara satu sama lain. Tanda-tandanya yaitu burung jantan selalu mendekati kandang betina, dan betina selalu sering mengepakkan sayapnya, maka kedua burung ini sudah cocok dan kalian harus segera menyatukan keduanya dalam satu kandang.

13. Pemberian Vitamin

Berikan vitamin untuk nutrisi tambahan supaya burung kutilang bisa gacor. Kalian bisa mendapatkan di kios ternak yang menjual berbagai pakan dan suplemen burung.

Baca Juga :   10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap

Itulah pembahasan tentang Cara Ternak Burung Kutilang Kicau Nyaring yang perlu diketahui. Selamat beternak.

Baca juga:

6 Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Metode Penentukan Parameter Air Aquarium Ikan Arwana