Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah

Posted on

Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah

Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah – Daun bidara yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana dan dikenal juga sebagai pohon jujube ini berasal dari Negara China. Memiliki ukuran pohon sedang yang mampu tumbuh dengan ketinggian hingga 40 kaki. Daunnya berwarna hijau mengkilap dengan kulit pohonnya abu-abu terang. Buah yang dihasilkan tumbuhan ini memiliki bentuk oval lonjong berwarna hijau ketika masih muda dan akan mengalami perubahan warna menjadi coklat tua dari waktu ke waktu. Hampir seperti buah ara dan akan kering serta menjadi keriput ketika tertinggal di pohon. Rasanyapun hampir mirip seperti buah apel.

Klasifikasi Pohon Bidara

Tumbuhan daun bidara ini merupakan pohon buah yang sangat dikenal dengan sebutan buah plum kecilnya yang disebut dengan Ber. Di wilayah China tumbuhan ini sangat populer dan diyakini berasal dari Asia Tenggara. Namun, saat ini telah terkenal dipenjuru dunia. Terdapat cara terbaik yang dapat digunakan untuk menumbuhkan tumbuhan daun bidara ini, yaitu dengan menanamnya ditempat yang memiliki iklim hangat dan kering. Namun, dapat juga tumbuh di tempat tropis seperti halnya di Indonesia asalkan tanahnya gembur dan berpasir. Mengenai pH tanah yang cocok dengan tumbuhan daun bidara ini tidak terlalu dijelaskan secara spesifik, hanya saja perlu ditanam di bawah sinar matahari langsung dan harus mendapatkan penyinaran secara penuh.

Tumbuhan daun bidara dapat diperbanyak dengan cara genaratif melalui biji dan dapat juga melalui tunas akar. Tumbuhan sebagai penyuplai nitrogen sebelum musim tanam membantu produksi buah. Meskipun tumbuhan ini sangat mentolerir kekeringan, tapi air biasa akan membantu produksi buah secara optimal. Hama dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan bidara hampir tidak ada. Bahkan panen buah bisa dinikmati ketika telah datang musim panen dan berbuah dari tumbuhan ini. Sehingga dari berbagai kelebihan tumbuhan daun bidara, telah aad yang tertarik ingin menanam atau membudidayakan tumbuhan ini. Untuk membudidayakannya berikut ini ulasan mengenai Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah yang bisa anda lakukan.

Baca Juga :   9 Manfaat "Penting" Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Daun Bidara Dan Menumbuhkan Dari Bijinya

Langkah pertama tentu saja menumbuhkan biji tumbuhan daun bidara, karena cara perbanyakan tumbuhan ini dilakukan melalui bijinya.

• Kumpulkan biji daun bidara setelah buahnya matang dengan warnanya yang coklat kemerahan dan mengilap serta tidak ada tanda hijau yang tersisa di ujungnya. Anda bisa mengumpulkan mulai dari tiga atau empat buah untuk bisa mendapatkan benih yang layak dan baik ditanam.
• Potong secara memanjang pada kulit buah dengan memakai pisau kupas, belah menjadi dua bagian terpisah. Keluarkan bijinya dan rendam di dalam air hangat selama kurang lebih satu jam. Pisahkan dan buang dari daging yang menempel. Kemudian bilas dengan memakai air bersih dan letakkan benih yang telah di bilas di atas handuk untuk dikeringkan.
• Lakukan penyimpanan biji dengan memasukkannya kedalam kantong kertas agar terlindungi dari kelembaban dan cahaya langsung agar benih dapat bertahan. Letakkan pada suhu ruangan sekitar 70 derajat, anda bisa memasukkannyaa ke dalam lemari pendingin. Dapat dipindahkan ke dalam cold storage kurang lebih selama dua atau tiga bulan.
• Atau anda juga bisa membungkusnya dengan memakai lumut sphagnum agar lembab dan masukkan ke dalam kantong plastik agar kelembabannya terjaga. Biarkan tas terbuka kurang lebih 2 inch agar jika terjadi kelembaban berlebih bisa keluar. Masukkan di dalam lemari pendingin.
• Setelah berlangsung selamaa kurang lebih dua hingga tiga bulan, keluarkan biji dari dalam kulkas dan tempatkan di dalam mangkok. Rendam biji tersebut dengan memakai air bersih dan biarkan selama 24 jam.
• Jika telah selesai direndam, gosok sisi masing-masing biji dengan serabut baja hingga berbentuk lubang kecil. Ini bertujuan untuk memecahkan endocarp dengaan nutcracker genggam yang dikenal dengan perebutan benih. Hal ini juga bertujuan agar melemahkan lapisan luar yang keras sehingga benih yang ada di dalamnya dapat berkecambah dengan cepat.
• Setelah benih telah melalui proses tersebut Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah selanjutnya yaitu menaburkan atau menanam benih di dalam pot ukuran sekitar 4 inci secara individual yang telah diisi media tanam dengan campuran yang steril. Tanam benih sedalam ½ inch kemudian siram setelah benih di timbun dengan media tanam.
• Anda bisa menempatkan benih di dalam rumah kaca, atau di dalam rumah dekat dengan jendela besar yang cerah. Agar mendapatkan pencahayaan yang cukup.
• Perhatikan tingkat kelembaban media tanam di dalam pot, karena suhu hangat dapat segera mengeringkannya. Jika dirasa terlalu kering anda bisa melakukan penyiraman hingga terasa lebih lembab namun tidak sampai tergenang air.
• Umumnya biji dapat mulai berkecambah ketika telah memasuki umur tiga hingga empat minggu setelah penyemaian. Jika telah berkecambah, tetap lakukan perawatan sekitar 2 minggu lagi kemudian anda bisa mulai memindahkannya ketika pagi menjelang siang hari.
• Pindahkan bibit yang telah tumbuh agak tinggi ke tempat yang lebih terbuka, hangat dan terlindungi ketika suhu diluar ruangan sekitar 55 derajat di malam hari. Anda bisa melakukan pemindahan ini ketika bibit telah memiliki daun dewasa.

Baca Juga :   15 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah

Ketika melakukan Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah dengan menumbuhkan bijinya terlebih dahulu, beberapa alat seperti pisau kecil, handuk kertas, lumut, kantong plastik, kantong kertas, mangkuk, pot, dan campuran pot atau media tanam perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Meletakkan tumbuhan ini langsung di bawah sinar matahari dengan sedikit peneduh sangat disarankan agar bisa tumbuh secara optimal. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat dan dapat anda coba di rumah.

Baca juga: