Cara Membuat Kucing Betah Tinggal di Rumah

Posted on

Cara Membuat Kucing Betah Tinggal di Rumah

Cara Membuat Kucing Betah Tinggal di Rumah – Kucing sangatlah sensitif terhadap lingkungan baru dan ada beberapa mungkin bersembunyi di bawah tempat tidur, di lemari selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu.Nah, berikut ini ada beberapa cara membuat kucing betah dirumah :

1. Pelajari bahasa tubuh kucing

Untuk menjalin ikatan dengan kucing kalian harus bisa membaca emosinya. Langkah pertama adalah mempelajari dasar-dasar bahasa tubuh kucing. Seekor kucing yang percaya diri akan bergerak dengan mata lebar, punggung sedikit melengkung, kepala ke depan, dan ekor tegak. Jika melihat kucing berjalan dengan cara ini, mungkin dalam suasana hatinya baik dan menjadi saat yang tepat untuk berinteraksi dengannya.

2. Ketahui Kapan Kucing Cemas

Ketika rileks, kucing akan berbaring di samping atau dipunggungnya, telinganya akan naik, kumis dipegang ke samping, dan cakarnya dapat melenturkan dalam kepuasan. Dia mungkin bisa didekati pada saat-saat ini, tetapi hati-hati dengan petting. Kucing akan memposisikan diri dalam cara yang agak terbuka ketika santai dan mungkin menafsirkan kontak fisik sebagai upaya serangan.

Baca Juga :   Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh

3. Kenali Jika Kucing Merasa Terancam

Apabila kucingkalian membusungkan bulunya, melengkungkan punggungnya, meratakan telinganya, dan melebarkan pupilnya sambil mengayunkan ekornya berarti diabersikap agresif. Karena ia merasa terancam dan membutuhkan ruang.

4. Kenali Tanda Ia Terancam

Ketika kucing kalian cemas, ia akan terlihat kecil dengan membungkukkan badan membungkus ekornya di sekelilingnya. Anggota tubuhnya akan siap untuk berlari dengan pupil yang membesar dan telinganya tertahan ke samping. Jangan menyentuh kucing jika ia bertingkah seperti ini; dia gugup dan butuh ruang.

5. Kenali Sikap Defensif

Apabila kucing kalian bersikap defensif, telinganya akan datar, giginya mungkin ditampilkan, dan akan berguling di satu sisi untuk memamerkan cakarnya dan mencakar. Seekor kucing cenderung menyerang ketika terlibat dalam perilaku ini dan kalian perlu memberinya ruang untuk menenangkan diri. Dia cenderung menggarukmu jika dia bersikap agresif

6. Biarkan Ia Menjelajah

Kucing senang untuk pergi dari itu semua di tempat-tempat kecil, dan kalian dapat menyediakan satu untuk kucing baru kalian sebagai tempat berlindung yang aman. Jika dia pulang ke kandang kucing, itu mungkin pilihan yang bagus. Kalian juga dapat membuatnya dengan memotong pintu untuknya di ujung kotak.

7. Ketahui Kebiasaan Mencakar

Cakar kucing harus luntur, mereka melakukan hal ini dengan menggaruk sesuatu. Maka dari itu berikan kucing kalian tempat menggaruk yang dapat diterima secara sosial. Beberapa jenis terbuat dari karton bergelombang dan berbaring di lantai sedangkan yang lain yaitu pos yang harus cukup tinggi sehingga kucing dapat memanjat ke atas untuk menggaruk. Kalian dapat mendorong kucing kalian untuk menggunakan pos dengan menaburkannya dengan catnip atau menggantung mainan di atasnya.

Baca Juga :   10 Cara Menghilangkan Karang Gigi "Paling Efektif"

8. Jangan Halangi Untuk Berkeliling Rumah

Janganlah halangi kucing untuk berkeliling rumah biarkan dia ingin tahu karena pendakian dan potensi penjelajahannya. Ketika kucing mulai terbiasa dengan rumah kalian, kalian mungkin terkejut menemukan dia di atas lemari dapur atas, jadi pastikan tidak ada yang dipajang di sana atau di rak tinggi lainnya yang bisa rusak atau terlempar.

9. Persiapkan sebuah Saluran

Carilah lubang atau pun saluran yang membiarkan saluran air dapat diakses dan mudah jika menutupnya. SehinggaAnak kucing dapat dengan mudah meluncur ke salah satunya.

10. Perlengkapan Bermain

Jika memungkinkan, belilah pohon kucing untuk tempat bermainnya. Kucing suka mengamati wilayah mereka, seperti bertengger tinggi sering menjadi tempat beristirahat yang disukai. Jika ada anggota keluarga manusia lainnya, pelajari aturan dasar tentang hewan peliharaan baru kalian.

11. Gunakan mata kalian untuk menyampaikan bahwa kalian bukan ancaman

Kucing berkomunikasi dengan orang melalui kontak mata. Namun banyak orang tidak menyadari hal ini dan sering keliru mengintimidasi kucing melalui tatapan mata. Maka ketahuicara untuk menunjukkan kucing bahwa niat kalian ramah.

12. Dapatkan rasa kepribadian kucing

Tidak seperti anjing, kucing tidak terlalu selalu bergantung pada manusia. Sementara hubungan dengan pemilik mungkin merupakan aspek penting dalam kehidupan kucing kalian. Kucing bervariasi dalam jumlah sosialisasi yang mereka butuhkan. Untuk menjalin ikatan dengan kucing, perlu memahami kepribadiannya.

13. Biarkan Ia Datang Sendiri ke Kalian

Kalian tidak boleh langsung memelihara kucing tanpa undangan. Kucing tidak akanmerespon dengan baik dan mungkin menafsirkannya sebagai penghinaan terhadap ruang pribadi mereka. Kucing haruslah yang memimpin saat berinteraksi sosial.

14. FahamiRespon Kucing

Setelah kucingterbuka untuk dielus, kalian harus memastikan dia santai dan bahagia. Kucing akan menyampaikan kenyamanan atau ketidaknyamanan dengan melalui bahasa tubuh. Pastikan kalianpaham apa yang kucing coba komunikasikan.

Baca Juga :   Cara Menyembuhkan Penyakit Pada Bebek

15. Hindari Mengelus Bagian Perut

Terkadang, kucing kalian mungkin berguling guling ke perutnya. Beberapa kucing mungkin menikmati atau mentoleransi jika disentuh di perut, namun kebanyakan kucing tidak suka jika manusia berhubungan dengan perut mereka. Jika berinteraksi dengan kucing yang tidak kenal dengan baik, sebaiknya lakukanlahdengan hati-hati.

16. Sikat Kucing Kalian

Banyak kucing menikmati perasaan disikat, karena itu mirip dengan petted dan menciptakan perasaan aman dan juga nyaman. Menyikat juga sehat sebab membantu bulu kucing tetap bebas dari serpihan dan sambil mendorong sirkulasi darah

17. Bermainlah Dengannya

Bermain dengan kucing merupakan cara lain yang bagus untuk menjalin ikatan. Kucing akan belajar untuk mengasosiasikan momen-momen positif sebab lebih cenderung hangat & ramah dengan kalian. Kucing pun dapat dilatih dengan kesabaran dan waktu yang lama.

Itulah Cara Membuat Kucing Betah Tinggal di Rumah yang bisa di jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Menanam Pohon Zaitun Di Indonesia Secara Mudah

Cara Budidaya Rumput Azolla