Cara Budidaya Jambu Kristal dengan Hasil Panen Melimpah

Posted on
Rate this post

Cara Budidaya Jambu Kristal dengan Hasil Panen Melimpah

Jambu kristal – apa kalian penggemar jambu kristal? Nah, sudah pasti bila kalian suka dengan jambu ini sedang membaca artikel ini. Banyak masyarakat yang sudah mengenal jambu kristal lalu berencana untuk membudidayakannya. Salah satunya akan kami bahas dalam artikel kali ini. Yakni cara budidaya jambu kristal dengan hasil panen melimpah.

Jambu kristal ialah salah stau jenis jambu yang dicari dan disukai banyak masyarakat. Kenapa demikian? Sebab rasa buahnya ini manis sekali, dan mempunyai sedikit biji serta mudah untuk dipelihara. Nah, bila kalian penikmat jambu kristal ini maka simak panduan yang akan penulis utarakan dan dirangkum dengan lengkap.

Pemeliharaan Harian Jambu Kristal

Kalian jangan mengabaikan hal hal yang kecil dan memungkinkan ini disepelekan, yakni dalam pemeliharaan harian misalnya seperti cara bagaimana untuk membasmi hama pada daunnya jambu kristal. Hal ini akan menentukan keoptimalan panen pada jambu loh ya sobat. Berikut caranya adalah :

  1. Dengan melakukan penyaringan yakni caranya dengan membuang bagian dari tunas yang muncul serta menempel di batang indukan pertama. Penyaringan ini tak lain adalah tujuannya untuk memaksimalkan pertumbuhan buah serta ukurannya dapat lebih besar serta tentu saja ini buahnya akan menjadi lebih manis.
  2. Begitu halnya sama dengan pengolahan pada tanah, jangan lupa selalu ntuk mengolah tanah serta upayakan tanah tempat dari penanaman jambu kristal ini akan tetap menjadi subur dan juga gembur. Hal ini akan ditujuakan pad apertumbuhan dari jambu kristal serta tanaman akan tumbuh secara kuat dengan maksimal.
  3. Lakukanlah pula penyulaman serta penjarangan supaya nantinya ini tumbuhan akan dapat terbebas dari gangguan gulma pengganggu yang nantinya akan merusak pertumbuhannya. Sebelum kalian ini akan menjalankan metode tersebut maka pastikan di bagian tanaman yang memang sudah telah bersih dari berbagai gulma dan bila memang terdapat bibit tumbuhan yang telah terlanjur rusak serta hampir mati maka gantilah menggunakan tanaman yang baru saja.
  4. Kemudian lakukan perempelan atau pemangkasan yang nantinya akan mengalami di ujung tanaman sesudah tumbuhan jambu kristal tersebut nantinya akan menginjak di usia 2 tahun ya sobat. Hal ini ditujukan untuk tanaman daun yang subur yang nantiya menimbulkan proses pertumbuhan buah. Apalagi sesudah proses dari panen ini kalian pun harus menajalani tahapan pemangkasan tersebut seperti pada artikel sebelumnya yang penulis bahas ya sobat.
Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Talas Yang Menguntungkan

Proses Pemupukan Tanaman

Seperti saat kalian memahami dan mempelajari pada cara membasmi hama dalam daun jambu kristal, maka kalian pun di tuntut untuk mengetahui pula kapan sebaiknya untuk melakukan perempelan atau pemangkasan pada jambu kritasl tersebut. Kadang proses tersebut akan segera dijalankan bila tanaman jambu kristal ini telah mulai berusia 2 tahun atau bahkan ini adalah proses yang nantinya akan segera dijalankan sesudah pemanenan.

Pemupukan Tanaman

Supaya tumuhan dari jambu kristal tersebut tumbuh secara baik nan subur maka harusnya jalankan pemupukan dengan berkala. Kalian dapat menjalankan pemupukan saat umurnya 0 sampai 1 tahun semmentara jenis pupuknya ini yang akan diberikan ialah pupuk campuran yakni : pupuk kandang, TSP urea dan ZK. Taburkanlah di sekeliling tanaman dan bisa dengan cara kalian melubangi serta memasukkan pupuk dengan kedalaman 30 cm.

Proses Pengairan Dan Penyiraman

Kalian dapat menjalankan penyiraman sesudah bibir yang diperoleh dari hasil transpalasi atau cankokan sesudah 2 minggu lamanya. Penyiraman tersebut sendiri lumayan dijalankan selama 2 kali dalam seharinya. Sesudah bibit ini tumbuh secara baik maka kalian kurangi intensitas penyiraman dengan sekali setiap harinya. Dan upayakan kalian menjauhkan diri dari bibit tanaman tersebut di area yang mudah memperoleh genangan air saat hujan lebat melanda. Bila memang tidka memungkinkan maka pakailan parit saja yang dibuat dengan manual. Hal ini akan mempermudah jalur air kalian yang mengalir serta jalankan penyiraman saja di setiap pagi atau sore.

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit

Tak jarang bahwa hasil panen tidak maksimal dikarenakan masalah hama atau penyakit menyerang tanaman kita. Penyakit itu salah satunya kutu putih, kumbang buah, ulat daun dll. Oleh karena itu disini akan kami ulas cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman jambu kristal, yakni :

  • Pakailah metode pembungkus buah sebagai pengendali/pencegahan untuk jenis hama maupun penyakit yang menyerang jambu kristal.
  • Pakailah pengontrol sebagai umpan beracun serta memakai air dari rebusan pala.
  • Air rebusan pala ini kaya akan senyawa metyl eugenol yang dapat membasmi hama serta penyakit dari jambu kristal.
Baca Juga :   Jenis Kelengkeng Banyak Budidayakan Serta “Di Cari” Sepanjang Tahun

Cara Pembungkusan Buah

Kalian dapat menghindari serangan dari hama ini dengan metode pembungkusan buah, yakni :
• Pakailah plastik bening serta lakukan dengan pembungkusan buah sesudah kelopak buah ini hampir jatuh.
• Terdapat 2 cara di dalam pembungkusan jambu kristas yakni langsung mengika plasti daerah tangkai daun dan mengikat plastik di jambu kristal.

Pemanenan

Bila kalian akan memanen jambu kristal ini maka kalian bisa memanen di usia 6 bulan serta metodenya dari penanaman ini dari hasil cangkok dsinyalir cepat. Akan tetapi kadang kalian perlu menunggu sampai usianya 2 tahun supaya dapat dipanen.

Nah, itulah sobat cara budidaya jambu kristal dengan hasil panen melimpah. Kadang jambu kristal ini berubah warna jadi putih kekuningan bila sudah siap dipanen, sementara yang belum siap kadang warnanya kuning kehijauan. Semoga bisa membantu kalian untuk memperoleh ilmunya ya sobat.

Baca juga: