3 Jenis dan Syarat Pupuk Kelapa Sawit Yang Bagus Dan Berkualitas

Posted on
3 Jenis dan Syarat Pupuk Kelapa Sawit Yang Bagus Dan Berkualitas
5 (100%) 1 vote[s]

Jenis Pupuk Kelapa Sawit Yang Bagus Dan Berkualitas

Jenis pupuk kelapa sawit yang baik dan berkualitas – jenis pupuk kelapa sawit terbaik dan berkualitas adalah bagian dari tanaman perkebunan dengan menghasilkan minyak yang lumayan popular dan juga sangat berkembang pesat terutaa di indonesia bila dikembangkan serta dibudidayakan secara baik dan di berikan pula unsur hara berwujud pupuk yang baik serta berkualitas sebab di dalam budidaya kelapa sawit ini diperlukan sebuah metode khusus dan tepat supaya kelapa sawit bisa tumbuh secara baik. Oleh karena itu, akan kami bahas mengenai jenis pupuk kelapa sawit yang baik dan berkualitas dibawah ini.

Jenis Pupuk Kelapa Sawit Yang Bagus Dan Berkualitas

Salah satu hal yang dikerjakan untuk bisa menunjang supaya kelapa sawit bisa tumbuh secara baik ialah dengan memakai jenis pupuk kelapa sawit yang baik dan juga berkualitas dalam memilih serta menentukan jenis pupuk ini apakah yang baik bagi tanaman kelapa sawit. Sehingga hal ini memang harus benar – benar dikerjakan secara tepat supaya hasil dari buah yang diperoleh ini menjadi banyak serta meningkat.
Oke sobat, langsung saja kita bahas mengenai jenis pupuk apa saja sih yang baik bagi tanaman kelapa sawit.

1. Pupuk organik

Pupuk organik ialah pupun yang tersusun atas materi makhluk hidup, misalnya seperti pelapukan sisa sisa dari hewan, tanaman, dan juga manusia. Pupuk organik bisa berwujud padat maupun cair yang dipakai guna memperbaiki sifat kimia, sifat fisik, dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak sekali bahan organik dibandingkan kadar haranya. Sumber bahan organik bisa berbentuk kompos, pupuk kandang, pupuk hijau, sisa panen ( brangkasan, jerami, tongkol jagung, serabut kelapa, serta bagas tebu ), limbah ternak, limbah industri yang memakai bahan pertanian serta limbah kota ( sampah ).

Baca Juga :   Jajar Legowo (4:1) Cara Efektif Menghemat Pengunaan Pupuk Tanaman Padi

Jika kalian memilih jenis pupuk guna kelapa sawit ialah jenis pupuk organik, sehingga pilihlah pupuk organik yang memang benar – benar berkualitas. Misalnya seperti contoh pada pupuk kelapa sawit organik yang bagus yakni pupuk bioboost. Keuggulannya pad apupuk jenis ini dapat meningkatkan hasil panen pada kelapa sawit atau pada tanaman yang lain menjadi dua kali lipatnya. Sealin tersebut, pupuk bioboost ini pun bisa mengurangi pemakaian pupuk kimia.

2. Pupuk anorganik

Pupuk anorganik ialah pupuk yang pembuatannya dari proses fisika, biologis, maupun kimia. Secara umum, pupuk anorganik ini dibuat oleh pabrik.bahan bahan yang ada dalam pembuatan pupuk anorganik ini berbeda – beda, bergantung dengan kandungan yang diinginkan. Misalnya seperti pada unsur hara fosfor yang terbuat dari batu fosfor, dan unsur hara nitrogen ini terbuat dari urea. Pupuk anorganik sebagian besarnya sifatnya hidroskopis. Hidroskopis ini adalah kemampuan dari penyerapan air di udara, jadi semakin tinggi higroskopisnya maka semakin cepat pula pupuk akan mencair.

Bila kalian lebih memilih jenis pupuk yang bisa meningkatkan hasil dari buah kelapa sawit ialah jenis pupuk organik, maka baiknya dibutuhkan pula pemahaman dari kandungan pupuk ini. Pupuk anorganik yang baik dan dapat dipakai untuk kelapa sawit kalian yakni dengan pupuk tunggal yang mempunyai kandungan unsur hara bagus dan juga mudah terurai.

Jenis pupuk anorganik guna kelapa sait tersebut beraneka ragam, misalnya seperti KCL, pupuk urea, SP – 36, KCL, BORAX, dan masih banyak lagi lainnya. Lebih jelasnya bagaimana takaran dari pemupukan untuk tanaman jenis kelapa sawit ini yang masih berumur 0 hingga 3 tahun maupun tanaman sawit yang masih belum bisa menghasilkan buah maka bisa kalian lihat petunjuk yang ada di bawah ini :

  • Untuk pupuk urea : bisa menggunakan dosis maupun takaran kurang lebih 0,04 – 0,6 yang diberikan dengan sebanyak 2 kali pemakaian.
  • Untuk pupuk KCI : bisa menggunakan dosis maupun takaran kurang lebih 0,2 – 0,5 yang diberikan dengan sebanyak 2 kali aplikasi maupun pemakaian.
  • Untuk borax : bisa memakai takaran 0,02 – 0,05 dan bisa diberikan dengan banyak 2 kali pemakaian.
  • Untuk puppuk SP – 36 : bisa memakai takaran kurang lebih 0,25 – 0,30 dan dapat daplikasikan dengan banyak 1 kali.
Baca Juga :   Cari Tahu: Beda, Pupuk Kompos Dan Pupuk Kandang

3. Menggabungkan pupuk anorganik dengan pupuk organik

Bila kalian ingin menggabungkan diantara pupuk organik dengan pupuk anorganik, maka kalian bisa memakai pupuk organik yang berasal dari PT. Natural nusantara. Kalian bisa mengkolaborasikan dengan pupuk jenis kimia serta hasilnya ini nanti akan sangat luar biasa. Mengenai takarannya kalian bisa memakai dlam 1 hektar lahan kelapa sawit, yang kadang kalian pakai sebanyak 8 karung pupuk kimia, kalian dapat menguranginya menjadi 4 karung serta menambahkannya dengan pupuk suernasa maupun power nutrition. Selain itu kalian pun bisa mengurangi jumlah dari pengeluarannya, kalian justru malah akan meningkatkan hasil dari buah kelapa sawit.

Syarat Pupuk yang Baik Bagi Kelapa Sawit

Berikut adalah beberapa persyaratan agar kelapa sawit tumbuh dengan baik, diantaranya :

  1. Membuat tanaman bebas hama
  2. Mengurangi penggunakan pupuk NPK
  3. Membantu pohon yang tua berubah
  4. Kurangi dosis pupuk kelapa sawit ini dengan benar

Nah, sehingga kesimpulan yang bisa diambil dalam meningkatkan hasil dari budidaya tanaman kelap sawit, maka dibutuhkan pemilihan jenis pupuk yang memang benar – benar baik dan juga berkualitas. Jangan sampai salah dalam memilih jenis pupuk bila kalian tidka mau budidaya kelapa sawit kalian ini mengalami kegagalan. Semoga dengan adanya artikel tentang jenis pupuk kelapa sawit yang baik dan berkualitas ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Baca juga: