Cara Memberi Minum Burung Hantu Paling Tepat

Posted on

Cara Memberi Minum Burung Hantu Paling Tepat

Cara memberi minum burung hantu paling tepat – burung hantu adalah kelompok burung anggota ordo strigiformes. Burung ini termasuk burung buas pemakan daging dan sebagai spesies hewan malam (nokturnal). Akan tetapi, jangan khawatir sebab ada cara untuk menjinakkannya. Ada kurang lebih 222 spesies semuanya yang sudah dikenal dan menyebar di semua dunia terkecuali di benua antartika dan sebagian besarnya greenland maupun sejumlah pulau pulau yang terpencil. Berikut ini ada Cara memberi minum burung hantu paling tepat.

Untuk bagian dunia belahan barat, hewan ini malah dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, namun di sejumlah tempat di indonesia dianggap sebagai pembawa tanda maut. Jadi namanya ini terkenal dengan sebutan burung hantu. Burung ini memang unik, kepalanya bisa memutar kebelakang untuk mensurvey mangsanya.

Karna demikianlah tak semua tempat yang ada di nusantara burung tersebut sudah dikenal dengan sebutan burung hantu. Di jawa misalnya, burung ini terkenal dengan nama dares atau dikenal sebagai manuk dares yang tak ada konotasinya dengan maut maupun mengenai keberadaan dari burung hantu. Di sulawesi utara, burung ini terkenal dengan nama lainnya yaitu manguni. Sehingga, bila kalian ingin memelihara burung ini jangan terlalu sering digenggam akan keraguan dan ketakutan, sebab ada alasan lain kenapa dikenal dengan burung hantu.

Baca Juga :   7 Cara "Paling Mudah" Ternak Cucak Jenggot Dengan Indukan

Bila kalian liat sendiri, burung ini sebenarnya terkenal menjadi burung hantu sebab matanya besar dan juga menghadap ke depan. Tidak seperti itu, lehernya dapat memutar 180 derajat hingga dengan 360 derajat, karna mungkin inilah yang akan membawa kesan menyeramkan pula. Selain itu, ia mempunyai paruh yang bengkok tajam mirip dengan elang dan juga susunan bulunya di kepala yang membentuk lingkaran wajah lumayan mengesankan sebagai ciri khas dari burung hantu.

Mungkin dari salah satu kalian ada yang penasaran akan burung satu ini dan terlihat ingin memeliharanya akan tetapi takut bukan? Buanglah pemikiran kalian akan keburukan pada burung ini sebagai pendatang maut maupun hantu. Hanya saja burung hantu ini memang menjadi hewan pemakan daging, dan termasuk buas. Jadi siapa saja harus tetap berhati-hati, sebab dapat menggigit jari jari kalian saat kalian merasa sudah terancam bahaya. Lantas bagaimana sih pemberian makannya serta bagaimana mengenai cara memberikan minum burung hantu?

Ada beberapa orang yang sudah dapat memelihara burung hantu sebagai pemula, namun masih banyak yang bingung bagaimana caranya dalam memberikan minum kepada burung hantu itu. Sebab walaupun pada dasarnya burung ini dapat makan dan juga minum sendiri, namun untuk pertama kalinya mereka dipelihara maka mereka ini akan membutuhkan adaptasi yang tidak cepat, bergitu pula untuk minum dan makannya yang perlu dibantu dengan manusia, nah cara selengkapnya bisa kalian simak pada ulasan berikut ini :

1. Kenali sifatnya burung hantu

Pertama kalian yang perlu dilakukan ialah dengan mengenali sifatnya si burung hantu. Sebab banyak sekali macamnya burung hantu, sehingga tak semuanya memilih karakter yang sama. Ada yang agresif sekali dan ada pula yang dominan tenang hingga dapat menyerang langsung.

Baca Juga :   Manfaat Beras Merah untuk Burung Parkit

2. Buatkanlah kandang yang lumayan lebih besar

Pembuatan kandang pun akan menjadi bagian dari salah satu cara di dalam memberikan minum si burung hantu. Kenapa demikian? Sebab tak mudah memberikan minum padanya guna karakter yang masih amat buas ini, jadi kalian perlu pendekatan khusus dan juga sejumlah yang yang dapat membuat nyaman, salah satunya ini adalah sangkar.

Mengingat bahwa sangkar sudah wajib menjadi tempat tinggalnya, maka buatkanlah singgahan guna bernafas dengan lebih lega. Yaitu ukuran kandangnya harus lebih besar dari tubuhnya. Hal ini punbisa menjadi salah satu tips supaya burung hantu tidak mengalami stress.

3. Pastikan keadaannya kandang bersih

Memastikan bahwa keadaan kandang dalam kondisi yang bersih, jadi kalian perlu rajin dalam membersihkan setiap kali kotor tempat yang beris bisa membuat burung hantu ini akan merasa nyaman dan akhirnya takhluk pada kalian.

4. Ajaklah bermain ataupun bercanda

Setiap paginya, kalian coba untuk mengajaknya bermain maupun bercanda. Tak seperti kalian bercanda dengan anak kecil, akan tetapi hanya dengan bersiul di depannya. Siulan ini adalah cara supaya dekat dengan seluruh burung. Saat burungnya masih terasa galak, maka lakukan penjinakan lebih dulu supaya bisa lulut dengan kalian.

5. Berikan makanan kesukaan

Makanan favorit untuk burung hantu ini adalah tikus, dan setidaknya kalian bisa memberikan 2 kali dalam 1 minggu dengan tahap pendekatan. Akan tetapi saat kalian nanti sudah akrab, maka hilangkan pemberitahuan dengan perlahan. Sebab tikus dan seluruh jenis dagingnya dari hewan yang masih hidup bisa membuatnya menjadi lebih buas. Oleh sebab itu kalian jangan terus-terusan memberikan tikus, hanya kalian berikan saja sebagai tanda pengenalan.

Baca Juga :   Metode Penentukan Parameter Air Aquarium Ikan Arwana

6. Sodorkan minuman di paruhnya

Di dalam sebuah sangkar, sudah pasti kalian akan membuat pintu. Dari pintu tersebutlah kalian dapat memberikan minum untuk burung hantu ini melalui penyodoran dekat diparuhnya. Selain itu ajaklah ia bercanda supaya telaten dalam memberikan minum untuknya.

Nah, itu tadi Cara memberi minum burung hantu paling tepat. Memang pemeliharaan burung ini tak mudah, tentu banyak kendalanya saat awal. Namun perlahan burung buas ini bisa luluh bila kalian memberikan perhatian serta kasih sayang dan juga memberikan cara pemberian minum burung hantu dengan tepat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Budidaya Ikan Corydoras

Cara Merawat Kucing Russian Blue Paling Mudah