Cara Merawat Kucing Russian Blue Paling Mudah

Posted on

Cara Merawat Kucing Russian Blue Paling Mudah

Cara Merawat Kucing Russian Blue Paling Mudah – Salah satu ras kucing yang terkenal dan unik adalah kucing russianblue. Ciri – ciri utama kucing ini yaitu memiliki ukuran tubuh sedang, bulu pendek dan berwarna biru keabu-abuan sehingga memberi kesan mewah dan bersinar.Mata berwarna hijau gelap, ada pula yang kekuningan. Berat badannya sekitar 3 sampai 5,5 kg mampu hidup 15 sampai 20 tahun. Nah berikut ini akan kami ulas beberapa cara merawat kucing russian blue paling mudah:

1. Menjaga Kesehatan

Kucing russianblue termasuk jenis kucing yang paling sehat, tidak rentan terkena penyakit, juga tidak membawa kecacatan dalam gennya. Meskipun termasuk kucing dengan daya tahan tubuh paling kuat dibandingkan jenis kucing lain, harus tetap menjaga kesehatannya yaitu dengan cara memberikan makanan bergizi, kandang yang bersih, dan perawatan rutin.

2. Lingkungan Tempat Tinggal

Tempatkan dia di kandang yang bersih, terlindung dari panas dan hujan. Bersihkan kandang sekali dalam sehari untuk mencegah kandang lembab, berbau, atau berdebu. Bersihkan pula pasir di box tempat kotorannya, ganti setiap hari supaya tidak menyebabkan bakteri berkembang. Suhu dan kelembapan berpengaruh pada bulunya, berikan ruangan dengan ventilasi yang cukup dan terkena cahaya matahari.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Memberi Pakan Burung Beo

3. Termasuk Kucing yang Hypoallergenic

Terkadang ada juga manusia yang alergi terhadap bulu kucingkarena kucing memiliki protein Fel d 1 (zat alergen) pada kelenjar kulitnya, air liur, dan air seni. Beberapa ras kucing sepertirussianblue memproduksi zat tersebut lebih sedikit sehingga sangat minim menyebabkan alergi pada manusia (hypoallergenic).

4. Cenderung Mandiri dan Disiplin

Karakter kucing russianblue berbeda dengan kucing lainnya, kucing ini memiliki rutinitas yang disiplin, suka diberi makan, bermain, dan diberi waktu untuk tidur di jam yang sama pada setiap harinya. Karena itu, kalian harus tepat waktu dalam menjalankan perawatan harian, jangan sampai nafsu makannya berkurang atau tidak semangat bermain.

5. Cara Memandikan

Kucing russianblue boleh kalian mandikan ketika umurnya lebih dari 3 bulan. Kucing ini biasanya mandi dengan cara menjilati tubuhnya, tetapi hal itu tidak cukup untuk mencegahnya dari bakteri, jamur, atau kutu, sebab itu perlu untuk memandikannya dengan cara sebagai berikut :

• Siram air hangat merata ke seluruh tubuhnya, lakukanlah secara perlahan agar tidak air tidak masuk ke telinga, mata atau hidung.
• Beri shampo khusus kucing, pijat lembut agar meresap ke dalam bulunya.
• Bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk kering.
• Berilah babyoil secukupnya agar tubuhnya hangat dan wangi
• Mandikan kucing russianblueanda 1 sd 2 minggu sekali.

6. Perawatan Bulu

Jangan terlalu sering menyisir bulunya, cukup sehari sekali dengan sisir khusus bulu kucing, ketika bulunya terasa kusut, kalian bisa mengusapnya dengan lembut. Agar bulunya senantiasa sehat dan harum, berikan bedak khusus bulu kucing yang bisa sekaligus sebagai pencegah kutu, dapatkan di pet shop, jangan sekali kali menggunakan bedak manusia karena dapat membuat bulunya kusam dan kotor.

Baca Juga :   Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod

7. Potong Kuku

Potong kuku kucing russianbluesetiap satu ataudua minggu sekali. Sebaiknya potong sebelum mandi. Potong secara merata dan sedang, janganlah dipotong terlalu dalam, kucing membutuhkan kuku untuk perlindungan dirinya.

8. Pemeriksaan Telinga

Periksa dan bersihkan telinga secara rutin minimal seminggu sekali, apakah di dalamnya ada kotoran, cairan, atau jamur. Sebelumnya berikan obat tetes telinga khusus kucing terlebih dulu yang bisa kalian dapatkan di dokter hewan.
Lalu bersihkan dengan kapas atau cottonbudlembab yang diberi sedikit babyoil. Bersihkan seperti membersihkan telinga manusia, lakukan dengan pelan dan lembut supaya tidak terasa sakit. Berikan pijatan lembut setelahnya agar dia merasa nyaman.

9. Asupan Makanan

Berikan makanan khusus kucing berprotein tinggi yang bisa kalian dapatkan di swalayan atau pet shop dengan porsi tepat dan seimbang sesuai umurnya, kucing russianblue dewasa sangat suka makan sehingga rentan kegemukan. Jangan lupa bersihkan tempat makanannya rutin setiap hari dengan air hangat dan sabun supaya tidak ada sisa makanan di dalamnya.

10. Air Minum

Sediakan air minum bersih dari air matang atau air mineral, letakkan di wadah yang bersih pula, ganti airnya secara rutin agar terhindar dari bakteri dan jentik nyamuk. Tambahkan sedikit sari makanan di dalamnya agar lebih bersemangat meminumnya.

11. Vaksinasi dan Vitamin

Vaksin penting untuk mencegah kucing russianblue dari berbagai penyakit, walaupun mereka tergolong jenis kucing yang paling sehat, pencegahan tetap harus dilakukan. Vaksin pertama diberikan oleh dokter hewan ketika kucing ini berumur 2 bulan, vaksin kedua 1 bulan setelah vaksin pertama, selanjutnya diberikan setahun sekali. Vitamin juga perlu untuk daya tahan tubuhnya, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapat vitamin terbaik sesuai umur kucing.

Baca Juga :   10 Cara Menghilangkan Karang Gigi "Paling Efektif"

12. Kasih Sayang

Pastikan meluangkan waktu untuk mengusap bulunya dan mengajaknya bermain, kucing russianblue memiliki ikatan yang erat dan setia dengan pemiliknya, dia akan menganggap pemiliknya sebagai sahabat jika dirawat dengan kasih sayang dan perhatian. Perhatikan ekspresinya, kucing yang sehat dan ceria memiliki tatapan mata yang jernih dan berbinar serta lincah dan aktif.

13. Pemeriksaan Berkala ke Dokter Hewan

Sejak lahir dan selama masa perkembangan, sebaiknya rutin bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapat vaksinasi dan tentunya akan mendapat informasi serta konseling cara perawatan yang tepat, ikuti saran dari dokter hewan kapan harus berkunjung agar kucing kalian memiliki perkembangan dan kesehatan yang baik.

Itulah pembahasan tentang Cara Merawat Kucing Russian Blue Paling Mudah. Silahkan ikuti langkah langkahnya diatas agar kucing milik anda tetap sehat dan gemuk.

Baca juga:

Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Mudah Dipelihara

Cara Mudah Supaya Bunga Aster Cepat Berbunga