Cara Membuat Anjing Betina Birahi

Posted on

Cara Membuat Anjing Betina Birahi

Cara membuat anjing betina birahi – birahi adalah hal biasa yang terjadi untuk setiap hewan, salah satunya ini anjing. Birahi sendiri adalah sebuah periode estrus yang menjadi sebuah tahapan reproduktif betina yang tak dikebiri. Di tahapan ini maka sel telur yang matang akan menjadi penanda anjing dalam masa subur dan dapat menghasilkan anak.

Anjing kadang mempunyai perilaku yang beda dan perubahan fisik masa tersebut disebabkan perubahan hormonan dalam tubuhnya mereka. Berikut ini Cara membuat anjing betina birahi.

1. Memahami siklus reproduktif dasarnya

Bila kalian ingin membuat seekor anjing birahi maka hal utamanya harus mengenal siklus hormonal hewan peliharaan kalian. Saat anjing betina mencapai kematangannya dan fisiknya siap bereproduksi maka menadakan level hormonnya estrogen meningkat. Hormon tersebut akan mengawali pelepasan sel telur ovarium. Dalam proses tersebut perkawinan membuat sel telur bisa dibuahi dan embrio bisa diproduksi.

2. Mengenal kapan harus diperiksakan tanda birahinya

Didalam setahun, pada umumnya anjing betina akan terjadi birahi sampai 2 kali. Yakni jaraknya 6 bulan setiap masa birahinya dan berbeda tergantung jenisnya.
Hal tersebut bisa membantu kalian saat membuat anjing betina kalian jadi birahi. Bila hewan peliharaan kalian terjadi birahi, ini artinya mereka tak akan terjadi birahi lagi dalam waktu dekat. Dan dapat menjadi tanda bahwa ada yang tak beres dengannya.

Baca Juga :   12 Cara "Sukses" Budidaya Udang Hias Bagi Pemula

3. Perhatikan siklus birahinya

Meskipun kadang anjing betina ini terjadi periode birahi dalam 2 kali sehatun. Maka yang terjadi setiap 6 bulan sekali ini sama halnya terjadi hormon biasanya. Untuk sebagian anjing akan terjadi periode birahi normal yakni 4-8 bulan. Anjing akan terjadi periode birahi kurang lebih 3 sampai 4 minggu.

4. Memahami tanda birahi

Birahi kadang akan ikut dengan pola, yakni vulva yang terkenal dengan alat kelamin luar. Terkadang, bisa membesar dan muncul cairan darah di minggu awal. Namun, alam memiliki cara menyembunyikannya. Jadi, kurang lebih 7 sampai 14 cairan bisa berhenti keluar dan jadi bening. Hal tersebut bisa membingungkan sejumlah pemilik yang tak terlalu mengerti.

5. Mengenal musim kawin

Jadi, musim kawin ini ketika sudah berlalu dianggap anjing betina sudah tidak memiliki risiko hamil. Realitanya, di musim inilah minggu pertengahan masa dimana anjing betina melepaskan sel telurnya. Jadi, mereka ini justru ada di puncak kemungkinan bisa mengandung.

6. Mencari tau waktu anjing cari pasangan

Hal tersebut artinya minggu awal anjing tertarik sekali mencari pasangan. Bila kalian ingin anjing betina birahi dan mempunyai anak maka dapat membebaskannya.
Di hari 14-21 masa birahi, maka kalian bisa melihat cairan darah yang keluar. Itulah yang bisa mengubah jadi bening dan mengering. Namun, vulva masih tetap cenderung besar dibandingkan ukuran normalnya untuk 2 minggu berikutnya.

7. Perhatikan perdarahan vagina

Penderahan vagina adalah tandanya bila anjing kalian masuk di vase birahi. Bila anjing kalian masuk di masa birahi, maka artinya jumlah darah sedikit menurun dan warnanya jadi kecoklatan. Bila anjing betina ini bersih dan menjilati cairannya, maka bisa membuat kalian kesulitan mengenal cairan masih ada atau sudah tak ada. Kalian dapat mengakalinya menggunakan penutup tempat tidur selimut putih maupun sarung bantal. Jadi kalian dapat melihat adanya noda darah pada selimut maupun tidak.

Baca Juga :   Cara Merawat Jalak Suren Di Musim Hujan

Bila kalian merencanakan membuat anjing birahi, maka kalian dapat menuliskan hari perdarahan sudah dimulai. Pembiakan baik sekali ini dijalankan pada hari ke-10 maupun 11 sesduah hari awal munculnya pendarahan.

8. Perhatikan apa anjing menjilati vaginanya

Tanda lain bila anjing kalian masuk vase birahi atau malah barusan di tahap awal yakni kebiasannya suka menjilati vaginanya. Meskipun tidak berlaku di sebagian anjing betina, namun sebagian besar anjing betina melakukannya ketika masuk vase birahi.

9. Perhatikan tingkah anjing

Anjing betina di tahap awal periode birahi dominan mempunyai perilaku tak sama dengan biasanya. Pada umumnya, ketika masuk vase ini anjing betina merasa gelisah, mudah marah dan cemas. Apalagi takk jarang mereka jadi kerap menggonggong mereka jadi kerap menggonggong apalagi menjadi lebih agresif daripada anjing sekelilingnya.

10. Perhatikan perilaku kawin meningkat

Bila anjing betina mulai menunggangi anjing jantan maka artinya mereka lebih dari terjadi birahi. Menunggang adalah tanda umum bila anjing betina telah terjadi vase birahi penuh. Tak jarang mereka mencoba menunggangi kaki kalian.

Namun, ada pula anjing yang menunggang kaki maupun anjing lainnya sebab alasan perilaku. Misalnya sedang menjalankan mastubrasi, cenderung mempunyai perilaku patuh aneh. Sehingga, hal tersebut tak selamanya sebagai tanda anjing betina terjadi birahi.

11. Perhatikan perubahan posisi ekornya

Bila anjing betina sudah terjadi birahi, kadang mereka akan menggulung ekornya di arah lain. Supaya memudahkan saat muncul pasangannya. Hal tersebut kerap dikenal dengan tanda dan perilaku umum anjing betina ketika terjadi birahi.
Kalian pun bisa membuat anjing betina birahi dan memberikan asupan kuat pada area pantatnya.

12. Sebagian anjing betina biasa tenang ketika birahi

bila anjing betina tak memberikan tanda tanda birahi, maka mereka memproduksi hormon reproduksi namun tak memicu tanda eksternal misalnya vulva besar.

Baca Juga :   10 Ciri, Cara Hidup Burung Cendrawasih dan Jenisnya Terlengkap

Nah, sekianlah informasi tentang Cara membuat anjing betina birahi. Salah satu cara kalian bisa benar benar membuktikan anjing betina ini dalam vase birahi ialah dengan mengamati interaksi anjing betina dengan anjing jantan. Kadang mereka mendeteksi level paling rendah ketika hormonnya memunculkan perhatian kuat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Merawat Burung Nuri Jinak

Cara Merawat Burung Emprit Paling Mudah