Cara Merawat Burung Pentet Supaya Gacor

Posted on

Cara Merawat Burung Pentet Supaya Gacor

Cara merawat burung pentet – burung pentet ini adalah salah satu burung kicau banyak sekali digemari pecinta burung yang ada di indonesia. Burung lucu ini bisa dipakai menjadi burung peliharaan biasa dan bisa dipakai menjadi burung kicau, sebab burung tersebut mempunyai kebiasaan serta suara yang unik sekali jadi tak heran bila banyak penggemarnya. Selain dikenal dengan nama burung pentet, burung ini terkenal pula dengan nama cendet. Akan tetapi satu daerah mempunyai nama berbeda-beda.

Bagi kalian yang gemar dengan burung dan masih pemula, burung pentet tak asing lagi untuk mereka. Terlebih lagi burungnya ini jarang yang punya. Masih kalah populernya dengan lovebird serta burung minimalis lain.

Akan tetapi, setidaknya burung ini masih bisa kita jumpai dan tidak adanya tanda-tanda terjadinya kepunahan. Meski demikian kita perlu wajib menjaga dan jangan sampai kita tidak melindungi habitat asli burung pentet ini.
Saat ini, populasinya burung di indonesia makin menurun sebab adnaya eksploitasi berlebihan terhadap spesies burung endemik di indonesia.

Oleh sebab itu ketika diberlakukan undang-undang yang bisa meindungi burung burung di indonesia tak hanya burung saja yang diberlakukan peraturan ini dan perundangannya, akan tetapi hewan lain pun ikut. Misalnya seperti reptil dan primata dll.

Baca Juga :   Panduan Lengkap dan Sukses Cara Budidaya Tanaman Jeruk

Memelihara burung pentet ini sebenarnya tak susah amat. Bila kita tau seluk beluk burung yang kita punya, tentunya menjadi sangat mudah. Bahkan bila kita kesehariannya ini berhadapan dengan burung, sudah pasti mudah sekali untuk merawatnya termasuk pula burung pentet.

Burung pentet setidaknya bisa gacor bila kita bisa merawatnya secara baik. Yang terpenting ialah akalian harus tlaten dan juga rajin dalam merawat burung pentet, sebab burung ini bila di rawat secara baik maka bisa memperoleh kualitas burung yang unggul dan bisa mempunyai nilai jual yang tinggi dan layak.

Selain akan memperoleh kualitas yang terunggul, bila kalian merawat burung pentet dengan konsisten, burung tersebut bsia dibedakan jadi sejumlah metode yang dimulai dari makanan apa yang diberikan, kemudian kesehatannya pentet, lalu masih banyak lagi dan yang akan kami rangkum dalam Cara merawat burung pentet.

Ada banyak sekali metode ataupun cara dalam merawat burung tersebut, yakni :

1. Perhatikan kebersihan kandang pada burung pentet

Dengan kalian memerhatikan kebersihan pada kandang burung pentet, maka burung pentet ini menjadi lebih terawat dan enak untuk dipandang mata. Bahkan burung pentet ini mempunyai warna indah yang pastinya cocok sekali di tempatkan pada kandang yang mempunyai kondisi bersih serta terhindar dari ktoran.

2. Berikanlah makanan paling baik bagi burung pentet

Burung pentet pun memerlukan nutrisi supaya tubuhnya ini sehat dan juga selalu mempunyai keadaan yang fit, seperti pada ciri ciri burung sehat bahwa burung selalu aktif di kandangnya, dengan diberikan makanan secara teratur serta tak sembarangan maka akan membuat burung pentet ini menjadi rajin gacor.

3. Perhatikan jenis kelamin pada burung pentet

Burung pentet yang gacor kadang mempunyai jenis kelamin jantan bila jenis kelamin betinanya ini jarang sekali yang dapat gacor. Dengan kalian tau jenis kelamin burung pentet maka nantinya mudah memfilter burung pentet dimana bisa dipakai menjadi kontestan burung kicau mania.
Burung pentet yang mempunyai jenis kelamin jantan cirinya warna hitam gelap dan aktif sekali berbeda burung betina yang dominan masih dan jarang berkicau.

Baca Juga :   4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah

4. Menjemur burung pentet dengan rutin

Penjemuran burung pentet ini bisa dijalankan di waktu khusus dan jangan sembarangan tempat sebab nantinya akan berpengaruh terhadap kelangsungan pertumbuhan burung pentet, penjemuran burung pentet ini bisa dijalankan di waktu atau jam khusus jam 7 pagi – jam 9 pagi.

Untuk waktu sore pun dapat menjalankan proses penjemuran yakni dengan jam 3 sampai ham 5 sore penjemuran bisa dilakukan hanya dengan 2 jam sehari saja.
Untuk penempatannya ini kalian taruh burung pendet di lisekitar yang mirip habitat aslinya yakni dengan penuh pohon ataupun ada pandangan luas guna burung pentet supaya bisa merasakan hawa segar dari udara sekitarnya.

5. Memasterkan burung pentet

Dengan menjalankan pemasteran maka bisa menghasilkan burung terlatih dan bisa cepat gacor. Bila perawatannya ini sudah dijalankan maka tinggal memasterkan saja.

6. Pengasingan burung pentet

Bila kondisi aktif berbunyi burung pentet sewaktu-waktu bsia berhenti mengkicau maka kalian segera melakukan tindakan mengasingkan burung. Sebab dalam kondisi ini burung akan merasa tersaingi dengan burung lainnya sehingga lebih baik jauhkan saja.

7. Memberikan sayur-sayuran

Dengan kalian memberikan sayuran misalnya yang lebih memduahkan burung pentet dalam proses pertumbuhan yakni sesuai cara sebelumnya hanya saja dengan menambahkan sayuran dan bijian.

8. Pemberian jamu

Memberikan jamu ialah hal penting yang perlu diberikan bagi burung pentet yakni jamu khsuus yang mana bisa dijadikan burung pentet menjadi lebih aktif serta lebih bertenaga.
Akan tetapi untuk pemberian jamu tersebut ada sewaktu khusus tak terlalu setiap hari akan tetapi dalam kurun waktu 1 minggu sekali pun. Sebab mengingat bahwa jamu hanya makanan tambahan.

Nah, itu tadi mengenai Cara merawat burung pentet. Kalian bisa memakai metode diatas bagi burung pentet yang dewasa saja ya sobat. Bila kalian mempunyai burung pentet anakan dan masih sekitar usia dibawah 3 bulanan maka lebih baik cukup kalian bersihkan saja kandangnya dan menyediakan minum saja. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Agriculture: Cara Bertani Tebu (Saccharum officinarum.L) yang Baik dan Benar

Baca juga:

Cara Membuat Anjing Betina Birahi

Cara Merawat Burung Nuri Jinak