Cara Merawat Burung Nuri Jinak

Posted on

Cara Merawat Burung Nuri Jinak

Cara merawat burung nuri – burung nuri dikenal sebagai burung bayan sebab popular dirumah menjadi burung hias yang berkicau dan mempunyai bulu yang indah dan merdu suaranya. Burung ini kelompok burung yang ukuran tubuhnya sedang yaitu panjangnya 43 cm berciri paruhnya bengkok. Burung nuri hidup dialam liar memakai paruh itu guna mencari mangsa atau lawan musuh.

Dalam kesempatan kali ini penulis akan berbagai informasi mengenai Cara merawat burung nuri.

1. Berilah sangkar yang nyaman

Cara menjinakkan burung nuri ini waktu pertama kali tiba di rumah baru sudah pasti butuh kenyamanan, jadi berikanlah sangkar yang nyaman serta luas sesuai ukuran tubuhnya dan jangan menutup sangkar menggunakan kedorong supaya ia tak merasa pengap. Letakkan pula sangkar pada tempat yang aman serta terbebas dari cuaca panas maupun terhadap predator lain.

2. Jauhkan terhadap keramaian

Jangan mendekatkan dengan burung nuri terhadap keramaian lebih dulu. Letakkan pada tempa sepi misalnya halaman belakang rumah maupun teras rumah yang tak terlalu dekat dengan jalan raya. Hindarkan pula terhadap bisingnya kendaraan maupun polusi. Burung nuri sebenarnya hidup dialam bebas terhadap keramaian serta suasana tenang. Inilah kenapa harus memperoleh tempat yang serupa.

Baca Juga :   7 Cara Budidaya Ayam Mutiara dan Perawatannya Hingga Panen

3. Sediakan pakan serta minuman yang ia sukai

Sediakan pakan serta minuman yang bergizi disangkarnya, dan biarkan ia makan sendiri lebih dulu karena saat ia belum mengenal dengan pemilik barunya kadanga ia bersikap agak agresif serta mematuk saat ia disentuh maupun didekati, biarkanlah hidup dengan ketenangan serta hidup sendiri sampai ia merasa sudah aman ada di tempat yang baru bersama orang baru.

4. Dekatilah dengan berkala

Dekati dengan berkala burung ini, bila awalnya hanya dekat saat memberinya makan maupun mengganti dengan air minumnya, maka dekati ia dari luar sangkarnya dan cobalah untuk menyentuhnya dengan perlahan. Bila ia masih menghindar atau melawan dengan paruhnya maka ia belum bisa disebut percaya dengan pemiliknya.

5. Mandikan burung

Mandikan burung nuri menggunakan semprotan air, jangan secara langsung mengguyurnya karena akan membuat kaget serta ketakutan. Semprotlah menggunakan air yang bersih sampai semua tubuhnya ini basah kuyup, mandikan di waktu pagi hari supaya tubuhnya bisa terasa lebih segar. Memandikan burung ialah cara inti membuat burung nuri jadi lebih jinak.

6. Jemur di pagi hari

Sesuadah selesai dimandikan, kemudian jemurlah di bawah sinar matahari hangat sebelum cuacanya ini terik dan jangan mengelap tubuhnya. Biarkanlah ia merasa kedinginan sesudah dimandikan serta dijemur. Di masa inilah maka ia akan merasakan butuh banuan mansuia sebab burung dingin dominan kondisi perut lapar sekali.

7. Berikan makanan menggunakan lidi

Biarkanlah burung nuri merasakan dingin sesudah dimandikan. Mungkin ini terlihat memang sedikit kejam, akan tetapi hal ini berperan sekali guna meningkatkan kedekatan burung nuri dengan pemiliknya. Dekati burung nuri yang dijemur itu sehingga ia merasakan kedinginan dengan memberinya makanan berbentuk jangkrik maupun ulat yang ia sukai memakai lidi. Awal mulanya mungkin ia menolak, sebab merasa takut dan belum bisa jinak. Namun bila dilakukan terus menerus ia akan merasakan lapar dan menyentuh makanan itu.

Baca Juga :   Cara Merawat Tanaman Sukulen Serta Penanaman Terlengkapnya

8. Berikan makanan menggunakan tangan

Kemudian ialah memberinya makanan dengan langsung menggunakan tangan, berikanlah jangkrik menggunakan tangan kalian. Pastikan pula tak menatap matanya lama lama supaya ia tak megira bahwa sedang ditantang lakukan ini dengan hati-hati sampai mau menerimanya tanpa melukai tangan kalian.

9. Dengarkanlah suara alam serta kegiatan manusia

Sesekali kalian dengarkan suara alam melalui pemutaran kaset disekelilingnya suapa rileks. Suasana alam yang mendukung ini bisa membuat burung menjadi lebih nyaman sampai ia merasa ada dialam asli. Jangan lupa tetap dekat sambil memberinya makan serta minum.
Saat ia sudah ramah saat didekati, maka tak apa bila mengajaknya di tempat ramai misalnya pasar maupun lomba burng jadi ia merasa banyak teman. Tetaplah meletakkan ia disangkar dengan dibuka kerodongnya. Biarkan ia adaptasi terhadpa lingkungan barunya supaya jarak takutnya hilang.

10. Dekatkan kegiatan keluarga

Di malam hari letakanlah dekta keluarga beraktifitas pada ruang tengah supaya merasa tenang di tempat aman. Ia pun sadar bahwa pemilik baru manusia baik tak akan menyakitinya.
Latih pula burung ini untuk dapat bersuara merdu menggunakan cara rekaman suara burung dalam perlombaan maupun suara merdu dialam jadi burung lebih semangat dalam menirukan suara tersebut. Ajaklah pula bermain supaya ia dekat serta meraih tali ini menggunakan paruhnya ataupun dengan cara bermain langsung menggunakan tangan.

Keberhasilan saat menjinakkan burung ini terlihat pada waktu burung nuri bersedia disentuh menggunakan tangan tanpa marah dan ini sebagai tanda bahwa ia sudah percaya menganggap pemiliknya menjadi sosok baik tak menyakitinya.

Bagi pemilik yang memperoleh burung ini dari alam liar atau membelinya dari pemilik sebelumnya, maka ia butuh waktu untuk menjinakkannya. Beberapa cara ini sudah kami rangkum dan dikupas secara mendetail dalam artikel ini. Burung yang elok cantik rupawan pada bulunya ini menjadi trending di masyarakat indonesia.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu

Nah, itulah tadi beberapa ulasan mengenai Cara merawat burung nuri. Burung nuri ini terkenal agak sensitif terhadap pemilik barunya. Jadi ketika kalian masih awal merawat burung ini harus dengan kesabaran. Semoga menjadi wawasan yang bermanfaat bagi kalian dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

Baca juga:

Cara Merawat Burung Emprit Paling Mudah

4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula