Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Azolla

Posted on

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Azolla

Cara membuat pupuk organik cair dari azolla – azolla merupakan jenis tumbuhan liar yang mempunyai manfaat untuk hewan dan tumbuh beserta manusia. Tumbuhan tersebut bisa tumbuh secara baik walaupun tanpa dibudidayakan. Tumbuhan tersebut bisa tumbuh secara baik walaupun tanpa dibudidayakan. Tumbuhan tersebut banyak dijumpai di area sawah. Berikut ini adalah Cara membuat pupuk organik cair dari azolla.

Berdasarkan pendapat azolla sp (1996), yakni salah satu jenis tumbuhan paku yang ukurannya kecil yang hidupnya diperairan. Tumbuhan tersebut secara tak langsung dapat mengikat nitrogen bebas yang ada di udara, sebab simbiosis antara tumuhan anabaena azoallae atau azolla.

Azolla ialah paku air mini yang ukurannya 3 – 4 cm. Azolla sudah lama dipakai di cina dan juga vietnam. Azolla mempunyai zejumlah spesies yang terdiri atas azolla microphylla, azolla pinnata vas, azolla nilotica, azolla pinnata var imbracata, azolla caroliniana, azolla rubra, azolla mexicana dan azolla filliculoides.

Kandungan Gizi Azolla

Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan azolla terdiri atas tanah, pH, unsur hara, air, suhu udara, cahaya, kelembaban serta angin. Tanah yang diperlukan ialah tanah yang tak porous jadi infiltirasinya serta perkolasi ini bisa ditekan.

Unsur hara yang diperlukan oleh azolla khususnya pada unsur hara P. Tanaman azolla bisa mempunyai penampilan tubuh yang kecil, warnanya daun lumayan merah tua dan vigornya rendah jika kekurangan unsur pHospor (P). Tanaman tersebut akan bisa hidup dengan pH 3,5 hingga 10 jika faktor lainnya sudah memenuhi syarat pertumbuhannya.

Baca Juga :   10 Cara Pengobatan Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

pH tanah yang maksimal diperlukan antara lain yakni 4,5 hingga 7,0. Sementara untuk pH air yang maksimum yakni antara 5,0 sampai 6,0. Cahaya dibutuhkan sekali oleh tanaman guna mengembangbiakkan.. selain itu, cahaya pun diperlukan guna berfotosintesis dan juga penambahan nitrogen di udara. Suhu udara yang cocok serta menghasilkan pertumbuhan secara maksimal untuk tanaman ini yakni kurang lebih antara 20 – 35 derajat celsius.

Walaupun azolla termasuk bagian dari jenis tanaman liar, namun azolla mempunyai berbagai manfaat. Azolla bisa diolah sebagai bahan pakan untuk ternak unggas ataupun ikan sebab mengandung mineral serta protein yang lumayan tinggi, media tanam, tanaman hias, menekan pertumbuhan gulma, kontrol terhadap nyamuk, pupuk organik cair, dan filter air dari pencemaran logam berat. Azolla bisa memperkaya unsur hara secara makro dan mikro di dalam tanah akar azolla bisa memanjang dan juga menembus permukaan guna mencari ari dalam pertumbuhannya ketika sawah kekurangan air.

Nah, artikel ini yang membahas tentang manfaat azolla supaya membuat pupuk organik cair. Pupuk organik cair ini memang bisa dibuat dari bahan tanaman lias, mislanya seperti azolla dan juga eceng gondok. Selain tersebut, daun gamal pun bisa dipakai menjadi bahan guna membuat pupuk organik cair. Kalian pun bisa membaca artikel penulis sebelumnya. Akan tetapi pembahasan kali ini akan lebih fokus pada cara membuat pupuk organik cair dari bahan azolla.

Cara Membuat Pupuk Cair dari Azolla

Pupuk organik bisa berwujud padat maupun yang cair. Akan tetapi, pupuk cair mempunyai kelebihan daripada pupuk organik padat. Pupuk organik cair bisa diserap secara lebih mudah sebab bentuknya ini cair.
Manfaatnya azolla menjadi pupuk organik bisa membantu perbaikan kondisi fisik, kimia dan juga biologi tanah. Azolla bermanfaat sekali untuk tanaman, khususnya bagi tanaman padi. Azolla bisa memperbaiki kondisi fiisk tanah mislanya struktur, stabilitas agregat, dan juga porositas tanah yang dikarenakan kerapatan masssa tanah sehingga menjadi kurang.

Baca Juga :   7 Cara Bercocok Tanam - Jenis dan Manfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Pupuk organik bisa berwujud padat maupun cair. Akan tetapi, pupuk cair mempunyai kelebihan daripada pupuk organik padat. Pupuk organik cair bisa diserap dengan lebih mudah sebab bentuknya cair.
Pemanfaatan azolla menjadi pupuk organik bisa membantu memperbaiki kondisi fisik, kimia, dan biologi tanah.

Azolla bermanfaat sekali untuk tanaman, khususnya tanaman padi, azolla bisa memperbaiki kondisi fisik tanah misalnya seperti stabilitas agregat, struktur, serta porositas tanah sebab kerapatan massa tanah sehingga berkurang.
Sebelum mengenal tata cara membuat pupuk organik cair yang berasal dari azolla, kalian harus bisa menyiapkan bahan serta alat yang diperlukan. Berdasarkan pendapat dari evyta (2012), alat serta bahan yang diperlukan untuk membuat pupuk ini terdiri atas :

Alat : kotak plastik maupun botol plastik dan juga tutupnya

Bahan :

1. Azolla microphylla
2. Gula merah
3. Air
4. Emx mauppun MOL dengan jumlah 10 cc atau 1 sendok makan

Tata cara membuat pupuk organik cair azolla :

1. Campurkanlah azolla microhylla, air, gula merah, dan Emx atau MOL didalam botol plastik
2. Sesudah bahan ini bercampur menjadi sau, lalu tutuplah rpat botol yang sudah berisi campuran itu.
3. Diamkanlah campuran tersebut dengan waktu 1 minggu. Jika dalam waktu 1 minggu aromanya campuran ini sudah mirip dengan tape, maka campuran ini bisa dipakai menjadi pupuk organik cair.
4. Setiap hari pasti tutupnya akan melepaskan gas fermentasi. Sesduah menjalankan pengecekan jangan lupa menutup rapat lagi botolnya.
5. POC bisa dipanen dengan cara menyaring cairannya lalu simpanlah dengan botol memisah.
6. Ampas dari campuran ini dapat bercampur komposter guna membuat kompos azolla/ dipakai sebagai pupuk padat dimedia tanam.

Nah, Cara membuat pupuk organik cair dari azolla ini termasuk mudah sekali. Alat dan juga bahannya yang diperlukan mudah didapatkan. Kalian bisa membuat pupuk tersebut dirumah kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :   Cara Ternak Burung Kutilang Kicau Nyaring

Baca juga:

Budidaya Udang Di Lahan Sempit Bagi Pemula

Budidaya Udang Di Keramba Jaring Apung Untuk Pemula