Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot

Posted on

Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot

Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot – Sebelumnya tanaman bunga krokotmerupakan taanaman yang sering dihubungkan dengan tanaman rumput dan tidak mempunyai manfaat. Akan tetapi, saat ini beberapa orang telah mengetahui manfaat dan khasiat dari tanaman tersebut dan sering digubakan sebagai obat herbal. Tanaman krokot bisa anda temukan di pinggiran jalan dan sedikit mencolok warna bunganya. Warna bunga yang bervariasi membuatnya terlihat lebih indah dan tidak dianggap sebagai rumput.

Bunga krokot mempunyai manfaat yang meliputi, dapat mencegah sakit demam, obat disentri, obat diare, obat wasir, dapat melancarkan perdaran darah, anti hipertensi, mencegah infeksi pda saluran kecing, dan masih banyaak ang lainnya. Cara pengolahannya apabila digunakans ebagai obat herbal maka dapat direbus kemudian diminum air rebusannya atau diolekan pada luka luar. Bagi anda yang tertarik untuk menanam tanaman krokot ini di pekarangan rumah, sebaiknyaa anda memperhatikan beberapa hal, yaitu Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot:

1. Tujuan Membuat Taman Bunga Krokot

Sebelum anda memulai untuk membuat taman, sebaiknya anda membuat perancangan agar pembuatan taman dapat berjalan dengan baik dan lancar. Jika dilihat sekilat pembuatan taman memang terlihat mudah, namun untuk menghasilkan taman agar terlihat indah dibutuhkan ketrampilan dan perhitungan dengan menentukan tujuannya dibuat taman tersebut. Memperhatikan fungsi taman bunga krokot dan memperhitungkan anggaran yang akan dikeluarkan, desaign taman ataupun tenaga terampil perlu diperhatikan agar pembuatan taman yang anda harapkan bisa seuai keinginan.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Stek Bunga Mawar Warna Warni

2. Jenis Bunga Krokot

Selanjutnya pilih jenis bunga krokot yang sesuai. Seperti yang telah anda ketahui bahwa jenis dari bunga krokot bermacam-macam, sehingga pemilihan jenis dan warna dari bunag krokot harus ditentukan. Bunga krokot mempunyai warna seperti warna violet, putih, kuning, pink, merah, dan orange. Maka dari itu, pemilihan warna bunga padda taman nantinya sangat menentukan nilai estetika.

3. Desain Taman Bunga Krokot

Kemudian penentuan desain taman bunga krokot juga akan menentukan bagaimana dan dimana bunga ini akan diletakkan. Apakah bunga krokot nantinya akan diletakkan dan ditanam sesuai dengan warna atau diatur berdasarkan dengan nilai estetika sehingga anda bisa melihat perpaduan antara bunag krokot dengan jenis tanaman yang lain.

4. Perawatan Bunga Krokot

Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot selanjutnya yang tidak kalah pentingnya dan menjadi pokok utama yang perlu diperhatikan adalah perawatan bunga krokot tersebut. hal ini untuk menjaga agar taman terlihat tetap indah dan alami. Dilihat dari kaarakternya sendiri, perawatan bunga krokot mulai dari penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pembasmian hamaa terlihat cukup mudah.

Penyiraman bunga krokot ini hampir sama dengan cara bagaimana menyirma bunga jenis lainnya. Penyiraman dapat anda lakukan setiap pagi dan sore hari. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi tanah dari tanaman krokot tersebut. Apabila tanah bunga krokot terlihat lembab maka tidak diperlukan penyiraman. Penyiangan merupakan kegiatan pembersihan tanaman liar yang ada disekitar tanaman bunga krokot. Fungsi dari penyiangan adalah agar tanaman krokot cepat tumbuh dengan lebat.

Sementara pemupukan yang dilakukan pada bunga krokot adalah sekitar sebulan sekali dan pembasmian hama serta penyakit pada tanaman ini adalah ketika hama tersbeut menyerang. Hama yang baisanya menyerang bunga krokot adalah kutu putih. Apabila bunga kroko anda terserang hama kutu putih ini, maka cara pembasmian bisa menghilangkan bagian tanaman yang diserangnya.

Baca Juga :   Inilah Cara Merawat Bunga Agar Subur & Merekah Setiap Hari

Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot

Setelah anda mengetahui keempat hal tersebut diatas, maka selanjutnya anda dapat dengan mudah membuat taman di pekarangan rumah sesuai yang diinginkan. Pembuatan taman dari bunga krokot bisa langsung ditanam di dalam pot atau di pekarangan rumah. Pembuatan taman di pekarangan rumah bisa anda lakukan dengan berbagai langkah dan bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebaagai berikut.

1. Taman minimalis

Pembuatan taman minimalis saat ini memang sangat banyaak digemari oleh semua orang. Apalagi bagi mereka yang tidak terlalu mempunyai lahanpekarangaan yang luas dan tetap menginginkan taman disekitar rumah. Maka dapat membuat taman minimalis dengan berbagai bunga pilihan, salah satunya bunga krokot.

Cara pembuatan taman minimalis adalaah dengan mempesiapkan bahan dan alat seperti pupuk, bunga krokot, air, sekop kecil, pohon palem kecil, rumput jepang, dan batu alam. Dengan langkah pertama meratakan dan menggemburkan tanah terlebih dahulu dan buatlah desain taman yang diinginkan dengan luas lahaan yang hanya satu meter. Kemudian tanam bunga krokot pada bagian pinggiran sebagai tanaman pagar.

Tempatkan batu alam berbentuk bulat disekitar tanaman krokot. Selanjutnya anda bisa mengisi lahann yang kosong ditengah dengan berbagai tanaman yang diinginkan. Anda bisa menanaminya dengan pohon palem kecil, rumput jepang dan tanaman bunga lain. Jangan lupa untuk selalu merawat dengan melakukan penyiraman dan pemupukan serta penyiangan hama jika diperlukan. Agar taman anda tetap terlihat indah dan asri.

2. Taman dengan pot

Selain dapat ditanam langsung di pekarangan rumah, anda juga bisa menanamnya di dalam pot. Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan cuku mudah dan sederhana, yaitu pot, bibit tanamann krokot, sekop kecil, media tanam (tanah, kompos), dan air. Dengan tahapan penanaman campur media tanam tanah dengan kompos perbandingan 1:1. Masukkan media tanam tersebut di dalam pot dan tanam bunga krokot tersebut dengan jenis bunga krokot yang berbeda. Akan tetapi jika anda menginginkan warna yang sama maka jugaa dapat diaplikasikan. Jangn lupa untuk selalu menyiram dan merawat bunga krokot agar dapat tumbuh dengan maksimal.

Baca Juga :   Cara Mudah Stek Tanaman Bunga Kertas Bagi Pemula

Nah, itulah beberapa Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot yang bisa anda lakukaan di rumah dengan menanamnya langsung di pekarangan atau di dalam pot. Semua metode bisa dilakukan. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk kita semua.

Baca juga:

Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya

5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah