Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya

Posted on

Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya

Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya – Pot gantung merupakan salah satu tempat untuk menanam tanaman hias yang saat ini banyak diminati dan digeluti oleh para pecinta tanaman. Pot jenis gantung ini sangat unik dan dapat digunakan untuk menanam tanaman hias yang beragam jenis. Penanaman tanaman hias dengan memakai pot gantung akan menambah nilai estetika pada rumah anda dan tentunya untuk menambah warna yang alami.

Selain bermanfaat untuk menambah kesejukan dan warna warni rumah anda, menanam tanaman hias dalam pot gantung bisa digunakan sebagai pemandangan yang dapat menyejukkan dan menghilangkaan rasa stress anda. Karena setelah anda bekerja sepanjang hari tentu saja tubuh terasa lelah dan jika dibiarkan dapat membuat stress. Sehingga apabila anda memandang tanaman hias gantung yang ada di pekarangan dengan menikmati secangkir teh dapat menghilangkan rasa yang mengganggu tersebut. pot gantung ini dapat diguankan sebagai alternative jika anda berkeinginan untuk menanam tanaman hias di atas dan digantung seperti pohon.

Pemakaian pot gantung untuk tanaman hias, dapat memudahkan anda untuk merawatnya. Hal ini dikarenakan tanaman hias dengan pot gantung apabila penyinarannya kurang anda bisa memindahkannya ke tempat yang mendapatkaann sinar matahari. Sehingga cara ini terbilang lebih efektif. Namun, bagi anda yang masih belum memiliki pengalaman dalam menanam tanaman hias di dalam pot gantung maaka masalah perawatan akan menjadi suatu hal yang perlu untuk diperhatikan. Meskipun perawatan yang terbilang cukup mudah, akan tetapi apabila anda kurang memahami cara perawatannya maka penanaman tanaman hias tersebut akan sia-sia.

Baca Juga :   6 Vitamin "Paling Ampuh" Untuk Burung Gelatik Agar Tetap Prima

Tanaman hias yang di dalam pot gantung jika tidak dirawat, maka tidak dapat tumbuh secara maksimal dan akhirnya mati. Untuk itu, jika anda tertarik untuk menanam tanaman hias di dalam pot gantung berikut beberapa ulasan mengenai Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya.

1. Mengetahui dan mempelajari tipe tanaman hias yang akan ditanam di dalam pot gantung

tahap awal sebelum anda menanam tanaman hias di pot gantung haruslah memperhatikan jenis atau tipe tanaaman yang nantinya akan di tanam. Sebenarnya semua tanaman hias bisa ditanam di pot gantung akan tetapi terdapat beberapa tanaman yang memang tidak cocok untuk ditanam di dalam pot gantung. Seperti misalnya geranium dimana akar dari tanaman tersebut dapat merambat dan dapat memakan ruang serta tempat tanam.
Perhatikan setiap jenis tanaman yang akan ditanam, anda juga tidak dapat menanam tanaman berbuah di dalam pot gantung, karena ini akan sangat menyusahkan. Terdapat beberapa tanaman yang dasarnya memang sangat cocok untuk ditanam di dalam pot gantung, yaitu:

  1. Tanaman Petunia: Tanaman ini sangat mudah dalam hal perawatannya dan termasuk kedalah tanaman yang cukup populer. Tanaman ini memiliki daun yang rimbun dengan berbagai variasi warna yang banyak. Kelopak bunganya mendominasi dan warnanya ada yang kombinasi.
  2. Tanaman Portulaca: Tanaman ini juga mempunyai banyak jenis warna. Selain itu, dalam hal perawatannya tanaman hias ini juga cukup mudah. pemupukan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Namun, dalam hal pertumbuhannya cukup lambat jika dibandingkan dengan tanamaan hias lainnya. Perawatan yang diperlukan hanya dengan menyiramnya secara teratur sudah dapat membuat tanaman ini dapat tumbuh dengan subur.
  3. Tanaman Creeping Charlie: Tanaman yang satu ini bisa anda jadikan pilihan apabila menginginkan rumah anda terlihat lebih berwarna asri hijau. Karena dominasi warna alam yang rimbun nan-hijau ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Daunnya yang berbantuk seperti daun mint dengan susunan yang rapat dan hijau. Pertumbuhan tanaman ini juga dapat dibilang cukup cepat dan hanya terdiri dari daun saja.
  4. Tanaman Sirih Blaster Heart: Tanaman hias yang satu ini mudah dalam perawatannya dan sering disebut sebagai tanaman sirih Belanda. Tanaman ini hampir sama seperti tanaman Creeping Charlie yang anya terdiri dari daun saja, namun warnanya tidak dominan hijau dan berwarna hijau putih.
Baca Juga :   Cara Penangkaran Pada Budidaya Merpati Kipas

2. Sesuaikan dengan cahaya matahari

Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya yang perlu diperhatikan yaitu menyesuaikan jenis tanaman hias dengan kebutuhan cahaya sinar matahari. Apabila anda memiliki tanaman hias yang membutuhkan cahaya matahari secara langsung seperti halnya kaktus ataupun bunga lipstick. Maka tentu saja tidak akan cocok apabila ditanam dengan pot gantung. Hal ini karena cahaya matahari yang diserap tidak dapat secara optimal. Maka dari itu, penyesuaian jenis tanaman hiasa yang akan di tanam di dalam pot gantung dengan pencahayaan yang dibutuhkan perlu diperhatikan. Sehingga pilihlah pot yang sesuai dengan tanaman hias yang anda miliki. Jika perlu anda bisa menanyakan secara langsung kepada penjual bibit tanaman atau penjual pot langganan anda.

3. Menentukan tali gantungnya

Selain mentukan jenis tanaman yang cocok untuk di tanaman di dalam pot gantung anda juga perlu untuk menentukan tali yangakan digunakan untuk menggantung pot anda. Pilih tali yang berbahan dasar kuat dan dapat menahan berat tanaman hias besertaa potnya. Hindari penggunaan tali kawat atau tali yang dibuaat sendiri. Hal ini karena selain tidak enak untuk dipandang, dikhawatirkan tali kawat yang anda gunakan untuk menggantung tiidak dapat tahan dengan berat pot beserta isinya sehingga akan mengakibatkan pot tersebut jatuh. Maka dari itu, disarankan untuk membeli tali yang memang khusu digunakan sebagai tali gantung pot jenis ini.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya yang dapat anda tanam di rumah. Selain untuk mempercantik teras rumah tanaman gantung mudah dalam perawatannya. Semoga dengan ulasan ini dapat dengan mudah untuk mengaplikasikannya.

Baca juga:

Baca Juga :   9 Manfaat "Penting" Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah

Cara Mengetahui Siklus Hidup Jangkrik Yang Benar