Cara Menanam Bunga Geranium Sebagai Pengusir Nyamuk

Posted on

Cara Menanam Bunga Geranium Sebagai Pengusir Nyamuk

Cara Menanam Bunga Geranium Sebagai Pengusir Nyamuk – Bunga geranium telah dikenal oleh semua orang sebagai tanaman pengusir nyamuk. Selain sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga digunakan sebagai tanaman hias yang mempunyai bunga dengan warna beragam. Dengan meletakkan tanaman ini di dalam rumah atau disekitar rumah anda dapat dipastikan bahwa rumah akan terbebas dari serangga nyamuk ini. Hal ini karena tanaman geranium memiliki Zat citronella yang terletak pada daun dan dipercaya mampu mengusir nayamuk secara ampuh.

Cara kerja tanaman ini cukup mudah dan sederhana, letakkan tanaman ini di luar rumah. Kemudian jika terdapat angin yang semilir, maka angina tersebut dapat meniup tanaman dan mengenai daun. Sehingga daun akan bergoyang dan dapat mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai oleh nyamuk. Di Indonesia sendiri tanaman geranium lebih dikenal dengan nama tapak dara. Dimana secara umum terdapat 3 jenis tanaman geranium yang mempunyai nilai ekonomis di pasaran, yaitu Citrosa Queen of lemon, Citrosa Lady Diana, dan Citrosa Mosquito Fighter.

Apabila anda tertarik untuk menanam tanaman ini maka cangat cocok untuk di tanam di dalam pot. Berikut di bawah ini uraian mengenai Cara Menanam Bunga Geranium Sebagai Pengusir Nyamuk.

1. Siapkan Benih Bunga Geranium

Langkah pertama jika anda ingin menanam tanaman geranium tentu saja dengann menyiapkan benih terlebih dahulu. Memperbanyak tanaman geranium ini dapat dilakukan melalui biji ataupun tunas anakan. Namun, apabila anda tidak mempunyai tanaman indukan maka menanam bunga jenis ini dapat dilakukan dengan bijinya. Anda bisa mendapatkan biji geranium langsung di toko bibit bunga atau memesan langsung melalui situs online. Namun, jika memesan secara online pastikan memberli melalui seller yang terpercaya.

Baca Juga :   4 Cara Mudah Budidaya Bunga Potong Gerbera Bagi Pemula

2. Persiapan Pot Tanam

Disarankan dalam menanam bunga geranium haruslah ditanam di dalam pot. Dengan begitu perawatan akan lebih mudah. menyiapkan pot untuk menanam tanaman ini diperlukan memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Pilih pot tanam yang terbuat dari bahan genteng atau tanah liat dan bahan plastik.
  • Pilih pot yang akan digunakan dengan ukuran diameter sekitar 25 hingga 35 cm.
  • Lubangi bagian bawah pot, kemudian cuci pot hingga bersih.
  • Anda juga dapat memakai pot bekas tanaman lain yangtelah tidak digunakan. Namun sebelumnya harus disterilkan terlebih dahulu.
  • Setelah itu kering dan anginkan pot dan simpat ditempat yang bersih.

3. Mempersiapkan Media Tanam

Tahap selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam. pilih media tanam yang gembur, subur, serta mampu menyera air dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pasir ddan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campur ketiga media tanam tersebut hingga tercampur rata.
  • Selanjutnya isikan dasar pot dengaan pecahan genting atau batu bata dan masukkan campuran media tanam ke dalam pot. Isikan hingga padat dan penuh.
  • Selanjutnya siram media tanam untuk mengetahui tingkat kepadatannya.
  • Apabila volume media tanam berkurang maka bisa anda tambahkan lagi hingga penuh.

4. Menanam Bunga Geranium

Setelah media tanaam telah anda siapkan Cara Menanam Bunga Geranium Sebagai Pengusir Nyamuk selanjutnya dalah masuk ke tahap penanaman. Untul lebih praktisnya dan bisa langsung menanam bibit biji bunga geranium langsung di dalam pot tanpa adanya penyemaian.

  • Pilih waktu tanam yang tepat, yaitu dilakukan di pagi atau di sore hari.
  • Keluarkan benih dari pembungkusnya dan ambil dengan memakai jari tangan yang sudah bersih.
  • Dikarenakan biji geranium berukuran kecil, maka diperlukan ketlatenan dan harus hati-hati.
  • Tanamkan 3 hingga 5 benih ke dalam pot
  • Setelah benih berhasil tumbuh maka bisa ambil 1-2 benih dan tanam di tempat yang berbeda.
  • Lakukan penyiraman dengan memakai handsprayer
  • Umumnya biji akan mulai berkecambah jika telah berusia 4 hingga 5 hari setelah masa tanam.
  • Setelah 7 hari tanaman akan mengeluarkan daun muda.
  • Untuk menhindari hama anda bisa menyemprotnya dengan fungisida dosis rendah.
  • Letakkan tanaman ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung
Baca Juga :   16 Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia "Paling Mudah"

5. Perawatan Bunga Geranium

Tahap selanjutnya adalah perawatan yang meliputi penyiraman, pemupukan, dan pemisahan anakan. Penyiraman dilakukan dengan memperhatikan kelembaban tanah. Jika media tanam kering anda bisa menyiramnya dengan air hingga kelura dari celah pot. Pemupukan dapat dilakukan dengan memakai pupuk kandang yang kering. Anda jugabisa memakai pupuk cair yang disemprotkan langsung di media tanam dan jangan sampai mengenai daun tanaman. Sementara pemisahan anakan dapat dilakukaan setelah tanaman berusia 2-3 tahun.

6. Bunga Geranium Mulai Berbunga

Setelah tanaman geranium berusia 3 hingga 4 bulan setelah masa tanam, maka tanaman tersebut akan mulai berbunga. Bunga geranium merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat hidup lama apalagi jika dibarengi dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat.

7. Perawatan Dan Menjaga Kesehatan Bunga Geranium

Disamping melakukan perawatan dan meleiharaan menjaga kesehatan tanaman geraniuam juga perlu diperhatikan. Anda perlu melakukan kesehatan tanaman geranium dengan secara rutin membuang bagian tanaman yang telah mati. Bagian tanaan tersebut adalah daunn yang telah menguning, bunga yang telah layu dan ranting yang telah mati. Hal ini untuk menghindari agar tidak ditumbuhi oleh jamur. Menjaga kesehatan tanamn dan melakukan penyiangan perlu dilakukan agar tanaman geranium dapat tumbuh dengann optimal dan menumbuhkan bunga yang cantik.

Nah, itulah ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Geranium Sebagai Pengusir Nyamuk yang dapat anda lakukan di rumah jika tertarik untuk menenaamnya. Semoga dengan menanam bunga ini serangga pengganggu tersebut dapat terusir.

Baca juga:

Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot

Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya