8 Cara “Teknik Termudah” Memilih Benih Kacang Panjang Yang Unggul Di Tanam

Posted on

Cara Memilih Benih Kacang Panjang Yang Unggul Di Tanam

Cara memilih benih kacang panjang yang unggul di tanam – kacang panjang ini sebagai salah stau jenis sayuran terfavorit yang banyak dipakai untuk membuat beragam jenis hidangan di indonesia. Cara memilih benih kacang panjang ini tak sulit. Kacang panjang banyak di buat sebagai hidangan dahan tanaman lainnya.
Tanaman dengan nama ilmiah ( viga unguiculata sesquipedalis ) ini dapat tumbuh dengan cara memanjat maupun melilit di tiang maupun dahan tanaman lainnya.

Bagian yang dipakai sayuran yakni pada bagian buahnya yang masih lumayan mudah dan juga masih lunak seratnya. Tanaman tersebut banyak ditemui di daerah tropis misalnya ada di asia, khususnya di indonesia. Daun tanaman kacang panjang ini bernama lembayung dan dapat dipakai menjadi hidangan sayuran hijau.
Memilih benih kacang panjang yang baik pun penting sekali sebab dapat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Cara menanam kacang panjang pun memang lumayan mudah untuk diikuti.

Namun memang sudah pasti akan berbeda dengan cara menanam sayuran kacang merah. Ini adalah pembahasan mengenai cara memilih benih kacang panjang yang baik supaya dapat tumbuh subur.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Buncis Hasil Melimpah

1. Pilih benih dari tanaman kacang yang panjang unggulan

Untuk mengambil benih dari kacang panjang, maka kalian pilih benih yang asalnya dari tanaman kacang panjang unggulan. Hal tersebut sangat penting supaya kacang panjang yang di tanami ini bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas bagus pula.
Tanaman unggulan ini memang kadang bisa menghasilkan benih yang unggulan pula. Maka kalian bisa menyimak jenis benih melin paling baik dan juga bisa tanah terhadap penyakit.

2. Pilihlah benih yang tak rusak

Supaya tanaman kacang panjang kalian ini benar benar bisa bertahan dari penyakit dan juga hama, maka bisa kalian pilih benih terhadap tanaman yang memang sudah terbukti bebas terhadap penyakit dan juga hama.
Pastikan pula tanaman ini memang sehat dan dapat tumbuh secara baik. Hal tersebut penting sekali sebab benih yang sehat ini pun kadang akan menghasilkan tanaman yang sehat pula.

3. Pilihlah benih dari kacang yang memang sudah berusia lumayan tua

Untuk dapat tumbuh secara baik dan juga cepat, maka pilihlah benih yang dari tanaman kacang yang telah lumayan tua. Kacang yang lumayan tua ini akan mempunyai biji serta tidak kopong.
Hal tersebut penting supaya tanaman dapat tumbuh dengan vaik. Benih yang kopong sudah pasti tak akan dapat menghasilkan pertumbuhan tanaman kacang panjang. Kalian pun dapat mengecek pula pada artikel cara menanam benih padi mapan 02.

4. Jemur biji dan juga sortir benih yang masih baik

Sebelum kalian menanam benih, maka jemurlah benih benih ini sampai kering dan juga siapkanlah supaya dapat segera ditanam. Dari benih benih ini maka kalian harus menyortirnya mana benih yang memang sangat baik.

Baca Juga :   Cara Budidaya Kacang Tanah dan Kacang Panjang dan Perawatannya Hingga Panen

Tahapan teknis perbanyakan benih kacang panjang

Di dalam budidaya kacang panjang untuk kebutuhan penangkaran ada sejumlah faktor yang harus memperoleh perhatian khusus diantaranya berikut :

1. Persiapan

Jadi persiapan budidaya ini butuh penangkaran benih yakni sumber dan lahan.

2. Penanaman

Penanaman ini ada 3 tips, yakni menyesuaikan pola tanam serta faktor iklim, kemudian perlakuan biji ketika sebelum ditanam dan jaraknya tanam harus sesuai.

3. Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan ini untuk kebutuhan penangkaran benih yakni pengairan, pemupukan, lanjut penyiangan, lalu roguing serta pengendalian hama penyakit.

Untuk pemupukan ini berdasar hasil analisis tanah serta zat hara yang sudah terangkut tanaman.
Sebagi acuannya ini bisa memakai patokan per hektarnya berikut ini :

  • Pupuk urea : 60 lg
  • Pupuk kandang : 1000 kg
  • Pupuk SP-36 : 200 kg
  • Pupuk KCI : 125 kg

Pupuk diatas tadi harus diberikan bersama pengolahan tanah, sementara pupuk SP-36 serta KCI diberikan saat sebelum tanam serta pupuk urea dengan bertahap setengah bagian diaplikasikan di umur 1 minggu serta setengah bagian diberikan di usia 4 minggu sesudah tanam. Ada sejumlah macam cara pengaplikasian pemberian pupuk : ditugalkan antara tanaman, dibenamkan dalam alur tanaman, serta disebakan dengan merata serta disiram menggunakan air supaya cepat larut di dalam tanah.

4. Panen

Masa pemanenan kacang ini untuk kebutuhan penangkaran benih bisa dijalankan sesudah tanaman lumayan tua dengan usia 80-90 hari, dan ini bergantung di varietasnya. Polong baik dibiarkan tua gingga kulitnya warna kuning namun tak sampai terlalu kering. Panen dijalankan di waktu cuaca cerah menggunakan jalan memetik polong tanaman dengan hati-hati dan di ikat.

Kemudian dilanjutkan penanganan pasca panen, pengumpulan hasil dan juga seleksi polong, pengeringan, pengambilan biji, pengemasan dan juga penyimpangan.
Biji kacang panjang yang sudah dimasukkan di dalam kemasan sebuah plastik maupun kaleng bisa disimpan lagi di dalam ruangan dengan kondisi suhu kering serta sirkulasi udaranya baik pula.

Baca Juga :   7 Cara Paling Mudah Merawat Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah

Jadi, mempunyai benih yang baik dan juga menyortirnya ini dapat memakai cara yang sederhana yakni menggunakan bahan air. Masukkanlah benih di dalam wadah yang isinya air. Aturan ini secara umum yakni benih yang sudah tenggelam di dalam air baik guna dipakai untuk ditanam. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cara memilih benih kacang panjang yang unggul di tanam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuannya bagi kalian semua. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Terima kasih

Baca juga;

Fungsi Plastida Pada Tumbuhan Terlengkap

Cara Merawat Ayam Bangkok Super Jalu Supaya Menang Terus