Budidaya Pohon Damar

Posted on

Budidaya Pohon Damar

Budidaya Pohon Damar – Umumnya yang sering dibudiayakan adalah pohon buah ataupun tanaman berbunga. Akan tetapi, kali ini terdapat jenis tanaman lainnya yang bisa dibudiyakan bahkan memberikan manfaat dan keuntungan bagi semua. Tanaman yang dimaksud tersebut yaitu pohon damar. Biasanya pohon damar sering kita jumpai di hutan atau perkebunan yang luas. Namun, untuk saat ini pohon tersebut bisa anda budidayakan dengan cukup mudah, hanya bermodalkan pekarangan rumah yang tidak terlalu luas. Anda cukup berbekal kegigihan saja, maka telah dapat membudidayakan pohon jenis ini. Akan tetapi, jika anda memiiki lahan yang cukup luas, maka tidak ada salahnya dimanfaatkan untuk membudidayakan pohon yang satu ini.

Budiaya dapat dilakuakn dengan dimulai dari memelihara, menumbuhkan, dan merawat suatu organisme dimana nantinya dapat membuahkan hasil yang bernilai ekonomis. Maka dari itu, anda dapat mencoba memiliki usaha budidaya sebagai usaha sampingan anda dengan Budidaya Pohon Damar yang cukup mudah untuk dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Memilih lokasi yang tepat

Sebelum menanam pohon damar tentu saja memilih lokasi yang tepat. Ini disebabkan pohon damar dapat tumbuh tinggi sehingga dibutuhkan lokasi yang benar-benar cocok. Meskipun sebenarnya pohon ini dapat tumbuh dimana saja. Akan tetapi, untuk memperoleh hasil yang baik diperlukan memilih lokasi.

  • Pilih tempat dengan curah hujan tinggi. Curah hujan yang tinggi dapat memenuhi kebutuhan air, karena pada awal penanam pohon damar membutuhkan banyak air.
  • Pilih tanah yang cubur dan gembur. Dengan tujuan agar pohon damar mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang.
  • Lokasi dengan ketinggian 400 mdpl sangat cocok diguankan untuk membudidayakaan pohon damar.
Baca Juga :   Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod

2. Pembibitan dan penanaman

Budidaya Pohon Damar dapat dilakukan dengan memilih bibit pohon damar harus dari biji yang benar-benar telah tua dan telah melalui uji inspeksi. Kemudian cara menanamnya dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal:

  • Pilih tanah yang cubur, agar pohon damar dapat tumbuh dengan kokoh dan besar. Berikan pupuk kompos yang lebih bermanfaat pada pertumbuhannya.
  • Penanaman yang tepaat dapat dilaakukan ketika musim hujan, karena seperti penjelasan di atas, tanaman ini membutuhkan begitu banyak air.
  • Pohon yang masih cukup muda membutuhkan naungan pohon lain untuk melindunginya dari sinar matahari langsung. Anda dapat membuat naungan dengan pohon akasia.
  • Lakukan pembersihan area dari gulma dan dari hama lainnya.
  • Jika pohon damar telah tumbuh besar dan kokoh, maka anda tidak perlu memberikan banyak pupuk.

Kegunaan Dan Manfaat Pohon Damar

Pohon damar yang mempunyai nama latin Agathis dammara adalah salah satu tanaman yang dikenal sebagaai tanaman khas Indonesia dan telah dibudayakan hingga Negara Filipina. Pohon ini dapat tumbuh tinggi hingga 4 meter, dengan batag yang lurus menjulang berwarna abu-abu. Pohon damar memiliki daun yang memanjang atau lonjong serta tebaldengan jenis bunga majemuk dan menyirip. Biasanyanya pohon ini sering dimanfaatkan dan diambil getahnya. Akan tetapi tidak hanya getah dan kayunya saja yang bermanfaat, melainkan daun dari tanaman ini juga bisa memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat yang dapat anda ketahui.

1. Sebagai bahan pewarna alami

Getah dari pohon damar dapat dimanfaatkan sebagai zat pewarna dalam dunia industry. Biasanya dapat menghasilkan warna putih dan kuning. Jika memakai getah pohon ini sebagai pewarna alami, maka tidak akan memberikan efek negative bagi bangunan, malah akan memperkokohnya.

Baca Juga :   Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh

2. Sebagai pembuatan cat

Selain sebagai pewarna alami, etah damar dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan cat yang banyak dijual dipasaran ataupun di toko cat.

3. Sebagai pembuatan tinta

Tinta spidol dan tinta pena sebenarnya terbuat dari getah damar. Dimana memiliki keunggulan lebih awet dan lebih bagus.

4. Sebagai pembuatan kopal

Kopal merupakan sejenis hiasan yang mirip seperti berlian dan biasa digunakan sebagai penghias atau pajangan di ruang tamu. Bahkan kopal ini banyak diekspor ke luar negeri dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

5. Sebagai bahan baku kosmetik

Selain bermanfaat sebagai bahan baku dalam bidang industry, ternyata getah damar ini juga telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Sehingga beberapa kosmetik yang ada dipasaran berasal dari getah damar. Tentu saja kosmetik tersebut merupakan kosmetik alami, sehingga dapat menekan biaya bahan baku pembuatan kosmetik.

6. Sebagai bahan pembuat korek api

Selain untuk bahan baku kosmetik, getah damar dan kayunya juga bermanfaat untuk membuat korek api. Korek api yang umumnya anda gunakan untuk memasak atau sekedar menyulut rokok, beberapa diantaranya terbuat dari getah dan kayu damar.

7. Sebagai bahan pembuatan plastik

Plastik yang sering anda gunakan ternyata juga terbuat dari getah pohon damar. Msekipun plastik sulit untuk terurai, akan tetapi masih banyak masyarakat yang memakainya untuk membawa barang dalam jumlag yang cukup banyak.

8. Bahan pembuatan lilin

Lilin sebagai alat penerangan ketika listrik padam terbuat dari getah pohon damar. Dalam proses pembuatannya, getah damar yang telah terkumpul akan dicampur dengan beberap bahan lainnya untuk dijadikan lilin.

9. Sarana penghijauan

Kota-kota besar yang mempunyai tingkat polusi sangat tinggi dapat memenfaatkan pohon damar sebagai tanaman penghijau serta sebagai penyerap polusi. Sehingga dapat menghasilkan udara yang bersih dan juga segar.

Baca Juga :   6 Manfaat Ulat Hongkong Untuk Ikan Louhan Beserta Dampaknya Lengkap

10. Obat untuk penderita Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang berhubungan dengan ingatan manusia. Apabila ada pasien yang menderita penyakit tersebut disarankan untuk mencoba mengkonsumsi gatah pohon damar.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai Budidaya Pohon Damar yang dapat anda lakukan di lingkungan rumah. Begitu banyak manfaat yang dimiliki pohon damar ini sehingga tidak ada salahnya apabila mencoba untuk menanamnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul

Inilah Cara Merawat Bunga Agar Subur & Merekah Setiap Hari