Cara Menanam dan Merawat Bunga Lidah Mertua

Posted on
Rate this post

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lidah Mertua

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lidah Mertua – Mempercantik ruangan dengan tanaman hidup memang dapat memberikan kesan nyaman. Apalagi jika tanaman hias tersebut merupakan tanaman yang memiliki manfaat bagi kehidupan. Salah satu tanaman hias yang sering digunakan untuk menghias ruangan yaitu bunga lidah mertua.

Tanaman ini dapat berkembang dengan sangat baik apabila dirawat dengan benar, serta akan memberikan manfaat diantaranya yakni dapat menyerap zat-zat polusi. Dulu lidah mertua atau dapat juga disebut dengan nama Sanseviera merupakan tanaman yang popular digunakan sebagai hiasan untuk pagar. Namun, untuk sekarang tanaman ini telah banyak diminati untuk digunakan sebagai tanaman hias yang indah.

Bahkan banyak yang beranggapan bahwa tanaman ini memberikan atau mendatangkan keberuntungan bagi pemilik tanaman lidah mertua. Tidak heran apabila tanaman ini sangat banyak peminatnya meskipun bukan lagi jenis tanaman yang baru. Cara Menanam dan Merawat Bunga Lidah Mertua yaitu bahwa tanaman ini dapat di rawat secara intensif setelah berusia 2 minggu atau sekitar 14 hari setelah penanaman.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Kumis Kucing Dalam Pot dan Tahapannya Lengkap

Itupun juga dapat anda lakukan ketika menanam sendiri lidah mertua dengan teknik stek. Akan tetapi, jika anda langsung membeli lidah mertua yang sudah jadi dan telah tumbuh, maka yang perlu anda lakukan hanya merawatnya. Perawatan bertujuan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik serta tetap indah dan segar.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lidah Mertua

Berikut ini beberapa langkah atau cara yang dapat anda lakukan untuk merawat bunga lidah bertua.

1. Memberikan penyinaran yang cukup

Agar bunga lidah mertua yang anda rawat dapat tumbuh dengan baik, maka tanaman tersebut membutuhkan cahaya matahari yang cukup dan tidak berlebihan. Apabila tanaman lidah mertua anda tempatkan di dalam ruangan, maka dalam waktu dua hari sekali anda dapat meletakkannnya di luar agar mendapatkan sinar matahari langsung. Waktu membawa tanaman tersebut ke luar ruangan sebaiknya pada saat pagi hari.
Apabila anda tidak sempat untuk membawanya ke luar atau keadaan tidak memungkinkan, maka pastikan di dalam ruangan tersebut terdapat cahaya yang masuk serta memiliki sirkulasi udara.

2. Cara penyiraman

Cara menanam dan merawat bunga lidah mertua cukup mudah. Hal ini karena bunga lidah mertua tidak terlalu membutuhkan banyak air seperti halnya tanaman kaktus. Bunga lidah mertua dapat bertahan di daerah yang panas serta persediaan air tidak melimpah. Anda hanya cukup melakukan penyiraman dua kali dalam satu minggu. Jika dilakukan penyiraman yang terlalu sering, malah akan membuat tanaman tersebut cepat busuk. Hal ini juga berlaku bagi tanaman yang diletakkan di dalam ruangan.

3. Memberikan pupuk

Pemberian pupuk yang sebaiknya diberikan pada bunga lidah mertua yaitu jenis pupuk yang dapat terurai dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, sebaiknya tidak menggunakan pupuk cair atau pupuk kocor.

Baca Juga :   Cara Budidaya Bunga Krisan Yang Menguntungkan

4. Merawat dari gangguan gulma

Apabila anda menanam bunga lidah mertua di luar ruangan atau langsung di media tanam tanah kebun, anda harus sering-sering membersihkan area tanamnya dari gulma yang dapat menyerap nutrisi tanaman. Gulma selain dapat merugikan tanaman juga dapat digunakan sebagai sarang penyakit atau digunakan sebagai perkembangbiakan hama lainnya.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lidah Mertua dengan Stek Daun

Selanjutnya Cara Menanam dan Merawat Bunga Lidah Mertua akan di jelaskan sebagai berikut, agar anda dapat mengaplikasikannya. Menanam lidah mertua dapat dilakukan dengan cara stek daun, yaitu:

  1. Pilihlah daun yang sehat dan sudah cukup tua serta tidak memiliki cacat
  2. Potong daun tersebut sepanjang 5-10 cm. stek daun tersebut berlaku pada daun yang tebal maupun daun yang tipis.
  3. Setelah daun tersebut dipotong, selanjutnya berikan fungisida pada bagian daun yang dipotong dan pada bagian bunga fungisida dan zat perangsang akar. Tujuan pemberian fungisida adalah agar akar lebih cepat tumbuh.
  4. Untuk media tanamnya, siapkan campuran pasir : pakis : sekam bakar : sekam mentah dengan komposisi 1:1:1:1.
  5. Kemudian tancapkan potongan daun lidah mertua tersebut pada media tanam dengan posisi tegak lurus.

Manfaat Bunga Lidah Mertua

Selain memberikan tampilan indah pada taman anda, bunga lidah mertua juga memiliki manfaat yang belum terlalu diketahui oleh banyak orang. Apabila tanaman hias termasuk lidah mertua ini diletakkan di dalam ruangan akan memberikan beberapa manfaat bagi anda, seperti berikut:

1. Dapat memberikan kesegaran pada ruangan

Sudah tentu semua tanaman pasti mengalami fotosintesis apabila menerima cahaya matahari yang cukup. Pada proses fotosintesis tersebut tanaman akan menghasilkan O2 yang dibutuhkan oleh manusia. Sehingga dapat menyegarkan ruangan anda.

Baca Juga :   Teknik Menanam Bonsai Agar Berbentuk Indah & Unik

2. Mengurangi polusi atau debu di dalam ruangan

Salah satu sifat tanaman adalah memberikan kelembapan pada ruangan atau lingkungan sekitar. Kelembapan tersebut akan mengurangi debu serta kotoran pada udara, sehingga polusi di dalam ruangan dapat terkurangi.

3. Dapat mengurangi stress

Tanaman hias dalam ruangan umumnya terlihat indah dan sedap di pandang, sehingga akan membuat mengurangi ketegangan dalam kepala.

4. Mencegah rasa kantuk

Mengantuk dapat disebabkan karena otak dalam kondisi lelah dan kekurangan oksigen, maka dari itu meletakkan tanaman indoor dapat meredakan rasa kantuk karena menghasilkan O2.

Nah, itulah beberapa bahasan mengenai Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lidah Mertua yang memiliki berbagai macam manfaat serta cara penanamannya juga sangat mudah. Selain bermanfaat tanaman ini juga memberikan keindahan dan sedap dipandang karena memiliki warna yang segar dan cantik. Semoga bahasan tersebut dapat beranfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Baca juga: