Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Paling Ampuh

Posted on

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Paling Ampuh

Cara mengobati radang tenggorokan – sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda awal flu dan pilek, efek samping yang didapatkan pita suara menegang atau indikasi lain yang lebih serius misalnya sakit tenggorokan. Terlepas apa saja penyebabnya, sakit tenggorokan ini sangat menyulitkan bagi kita dan membuat sangat tak nyaman. Berikut ini ada sejumlah Cara mengobati radang tenggorokan.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Paling Ampuh

Sekilas tentang sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan salah satu keadaan kesehatan yang kerap dialami banyak orang. Kadang, orang yang terjadi sakit tenggorokan akan mengalami sakit yang luar biasa dibagian tenggorokan, tepatnya di faring, laring, dan kelenjar amandel. Keadaan tersebut membuat kalian merasa tak nyaman sebab tenggorkan merasa ssakit atau panas, jadi membuat kalian sulit menelan makanan.

Sakit tenggorokan dapat disebabkan bakteri maupun virus. Akan tetapi, secara umum infeksi virus yang menjadi penyebab banyak sakit tenggporakan. Infeksi virus kalian diperoleh dari flu, pilek, campak, cacar serta sesak napas. Terlepas semua itu, udara kering, alergi dan juga polusi udara pun membuat tenggorokan kalian terassa nyeri.
Sementara itu, sakit tenggorokan dikarenakan infeksi jarang dialami. Sakit tenggprokan sebab bakteri kadang dikarenakan infeksi bakteri streptococcus pyogenes. Kalian pun dapat mengalami sakit ini sebab trauma atau cedera diarea tenggorokan serta leher. Misalnya kalian menelan makanan maupun tulang ikan yang mengakibatkan iritasi dalam laring serta tenggorokan.

Baca Juga :   7 Cara Bercocok Tanam - Jenis dan Manfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Bahkan asam lambung naik dapat pula mengakibatkan tenggorokan terasa panas meradang. Bila kalian habis teriak dengan kencang atau berbicara panjang maka tenggorokan akan sakit.

Gejala sakit tenggorokan secara umum

• Sakit ketika menelan atau berbicara
• Demam
• Suara serak
• Batuk
• Hidung meler
• Bersin
• Pada anak dan amandel yang memerah

Sakit tenggorokan berhubungan erat dengan amandel. Walau sekilas keduanya ini mempunyai gejala hampir mirip, namun sakit tenggorokan serta amandel adalah penyakit berbeda. Cara terbaik membedakan serta mengobati keduanya ialah dengan memeriksakan ke dokter.

Pilihan Obat Sakit Tenggorokan

Obat sakit tenggorokan yang alami :

1. Kumur air garam

Untuk membuat obat ini kalian hanya mencampurkan 1 sendok teh garam meja menggunakan secangkir air hangat. Aduk hingga garam larut bersama air lalu kumur selama beberapa detik. Keluarkan dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

2. Penuhi cairan tubuh

Menjaga asupan cairan tubuh merupakan bagian penting obat sakit tenggorokan alami. Kalian perlu mengonsumsi lumayan bayak cairan jadi urin kalian warnanya kuning terang dan jernih. Hal ini membuat selaput lendir kalian tetap lembab dengan kerja lebih baik melawan bakteri serta penyebab iritasi dll yang membuat kekebalan tubuh berperang gejala pilek.

Air putih adalah obat infeksi saluran kencing yang alami. Sehingga kalian harus sering meminumnya setiap hari. Hal ini bisa membuat sakit tenggorokan kalian bisa berkurang lewat pengurangan infeksi tersebut dan keluar dengan air kencing.

3. Permen pelega tenggorokan (lozenge)

Sejumlah permen pelega tenggorokan yang terjual bebas di pasaran dapat menajdi obat tenggorokan sakit. Kebanyakan permen pelega tenggorokan pun bisa mengontrol sakit tenggorokan. Permen serta obat batuk fungisnya meningkatkan produksi air liur serta menjaga tenggorokan kalian tetap basah. Namun, sesuai namanya, permen tersebut bisa melegakan tenggorokan gatal kalian, meski hanya sementara dan efektif sekali guna di waktu darurat.

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Agar Cepat Sembuh

4. Air perasan lemon

Properti astringent yang ada didalam jus lemon bisa membantu mengempiskan pembengkakan dalam jaringan tenggorokan serta menciptakan lingkungan asam yang bisa mematikan virus serta penyebab iritasi. Menjadi obat sakit tenggorokan secara almi kalian hanya mencampurkan 1 sendok teh jus lemon dalam secangkir air hangat lalu kumur selama beberapa detik dan lakukan setiap hari.

5. Kumur cuka apel dengan garam

Bila tenggorokan kalian meradang sebab batuk hebat, maka atasi dengan 1 sendok makan cuka apel bercampur 2 sendok teh aram berlarut segelas air hangat. Obat ini alami bisa kalian gunakan dirumah. Cuka ape sifatnya asam yang melapisi tenggorokan kalian dan menciptakan lingkungan buruk untuk virus serta bakteri guna bisa bertahan hidup. Caranya masing-masing dengan ¼ cuka apel serta ¼ cangkir madu lalu kumur memakai ramuan itu setiap 4 jam.

6. Kumur air kunyit

Rumput kuning adalah agen antioksidan kuat sekali da manfaatnya memerangi kondisi serius. Termasuk menjadi obat alami sakit tenggorokan. Untuk meredakannya maka campurkan ½ sendok kunyit bubuk serta ½ sendok teh garam dalam secangkir air hangat, lalu kumur beberapa detik. Ulangi beberapa kali agar obatnya bisa bekerja optimal.

7. Kayu manis campur madu

Tak hanya menjadi bumbu masakan/ kue, kayu manis nyatanya pun jadi obat tenggorokan sakit. Pasalnya, kayu manis mempunyai sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta mikroorganisme lain. Dengan ara ini, maka kayu manis bisa mengurangi pembengkakan, peradangan dan rasa sakit luar biasa.

8. Mandi air hangat

Ganti air dingin biasa ketika mandi menggunakan air hangat, atau dapat menggunakan mangkuk besar bersama air hangat yang menggantung selembar handuk diatas kepala kalian dengan menjaga uap hangat tak keluar dari mangkuk.

Baca Juga :   Burung Pipit - Habitat, Jenis, Manfaat dan Cara Merawatnya Lengkap

Berikut tadi adalah Cara mengobati radang tenggorokan. Cara diatas tadi bisa kalian praktekkan dirumah dengan mudah. Kalian bisa mengatasi menggunakan obatan lain yang terjual di apotek maupun toko obat terdekat. Kadang cara tersebut dipakai bila memang sejumlah obat alami sakit tenggorokan tak membuat keadaan kalian membaik. Semoga bermanfaat bagi kalian dan terima kasih.

Baca juga: