12 Cara “Paling Ampuh” Mengatasi Cegukan Pada Anjing Kesayangan

Posted on

Cara Mengatasi Cegukan Pada Anjing Kesayangan Termudah

Cara Mengatasi Cegukan Pada Anjing Kesayangan – Cegukan disebabkan oleh pita suara yang menutup secara tiba-tiba. Penutupan pita suara secara tiba-tiba ini dipicu oleh adanya kontraksi pada diafragma. Diafragma merupakan membrane otot yang cukup tipis yang berada di antara rongga dada dan perut. Diafragma ini memiliki peran yang cukup penting dalam sistem pernapasan kita.

Cegukan tidak hanya dialami oleh manusia saja, melainkan anjing pun juga mengalami cegukan. Hal ini terjadi dikarenakan ketika otot yang mengontrol diafragma pada anjing berkontraksi secara tidak sengaja. Sebenarnya cegukan yang dialami oleh anjing ini tidak berbahaya, terutama jika cegukan yang dialami berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

Lalu, tahukah kamu apa yang seharusnya kamu lakukan ketika anjingmu mengalami cegukan? Jika kamu baru saja memelihara seekor anjing, mungkin saja kamu akan merasa panik dan khawatir saat anjing peliharaanmu cegukan. Maka dari itu, mari kita simak tentang bagaimana Cara Mengatasi Cegukan Pada Anjing Kesayangan yang bisa kamu coba di rumah.

1. Kenali penyebabnya

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dahulu apa penyebab cegukan pada anjing. Terdapat beberapa penyebab terjadinya cegukan pada anjing, salah satupenyebabnya adalah akibat dari cara makan atau minum mereka yang terlalu cepat. Cara makan dan minum yang terlalu cepat bisa menyebabkan tertelannya udara secara tidak sengaja. Akumulasi udara di perut anjing inilah yang akan menyebabkan terjadinya cegukan pada anjing. Selain hal itu, jenis makanan tertentu mungkin juga akan dapat memicu terjadinya cegukan pada anjing.
Emosi juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya cegukan pada anjing. Stress, kelelahan, dan merasa sedih bisa menjadi alasan mengapa anjingmu mengalami cegukan.

Baca Juga :   15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Banyak di Cari

2. Biarkan cegukan berhenti dengan sendirinya

Terdapat beberapa manfaat dari cegukan yang dialami anjing. Maka, kamu boleh membiarkan agar cegukan tersebut berhenti dengan sendirinya. Kamu tidak perlu merasa terlalu khawatir karena cegukan yang berlangsung singkat, pada umumnya tidak akan berbahaya bagi anjing.

3. Beri anjingmu minum

Kamu bisa memberinya minuman, seperti air putih ataupun susu. Usahakan minuman yang kamu berikan adalah air yang hangat, bukan yang dingin. Pemberian air minum ini akan membantu makanan yang menyebabkan cegukan segera larut dan menenangkan saluran pernapasan anjing.

4. Ajak dia bermain dan banyak bergerak

Selanjutnya, kamu harus mengajak anjingmu banyak bergerak. Hal ini dikarenakan dengan anjing yang banyak bergerak, maka anjingmu akan menyesuaikan pernapasannya sehingga diafragmanya akan kembali rileks. Selain itu, asupan oksigen juga akan bertambah ketika anjing kesayanganmu banyak bergerak, sehingga lama kelamaan pernapasannya akan kembali secara teratur.

5. Kejutkan anjing kesayanganmu

Untuk menggunakan cara yang satu ini, kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa anjingmu tidak mempunyai kelainan jantung. Akan tetapi, jika anjingmu dalam sehat, kamu bisa mengejutkannya untuk mengatasi cegukan pada anjing kesayanganmu. Elemen kejut ini akan membuat dia kembali mengatur napas, sehingga secara perlahan-lahan diafragmanya pun akan kembali rileks dan cegukan yang dialaminya bisa terhenti.

6. Buat anjingmu merasa nyaman

Berikan anjingmu perhatian dan pastikan dia merasakan kasih sayang yang kamu berikan. Perhatian dan kasih sayang yang kamu berikan pastinya akan menghilangkan atau mengurangi stress yang dia alami.

7. Perhatikan pola makannya

Sebisa mungkin buat anjingmu jangan merasa terlalu lapar, karena hal itu akan membuatnya makan dan minum terlalu cepat ketika waktu makan datang. Tentu saja ini akan memicu cegukan terjadi pada anjing. Maka dari itulah, kamu bisa memberikan snack di sela-sela waktu makannya. Berikan anjingmu minum yang cukup. Karena dengan melakukan hal ini akan membuatnya merasa cukup kenyang dan dia akan makan dengan perlahan-lahan.

Baca Juga :   4 Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan beserta Penyebabnya

8. Ganti makanan dan minuman anjing

Cegukan bisa juga diakibatkan karena adanya makanan yang bereaksi tidak baik di perut anjing. Makanan tertentu bisa saja membuat iritasi pada perut anjing dan membuatnya cegukan. Oleh karena itu, apabila kamu mengamati anjingmu sering mengalami cegukan setelah memakan jenis makanan tertentu, cobalah untuk mengganti makanan tersebut. Karena mungkin saja, anjing kamu tidak merasa cocok dengan makanan tersebut.

9. Beri waktu istirahat yang cukup

Merasa kelelahan pasti akan memberikan tekanan pada anjing yang kemudian bisa memicu terjadinya cegukan. Maka, berilah dia waktu untuk istirahat yang cukup, agar dia rileks dan juga otot diafragmanya.

10. Hangatkan tempat dia tidur

Udara yang hangat tentu saja akan membuat tubuh anjing merasa nyaman dan rileks. Sehingga otot-otot perut anjing juga akan kembali tenang dan cegukan terhenti. Maka dari itu, kamu bisa menumpuk beberapa kain tebal dan lembut di tempat tidur atau kendang anjing kesayanganmu. Karena tumpukan kain ini akan menghangatkan tubuhnya dan lapisan yang empuk dan lembut akan membuatnya merasa nyaman.

11. Berikan belaian yang lembut

Belain lembut yang kamu berikan pada anjing kesayanganmu pastinya akan membuatnya merasa nyaman. Hal ini tentu akan berpengaruh pada mood anjingmu sehingga cegukan yang dia alami juga akan mereda.

12. Konsultasikan dengan dokter hewan

Jika kamu mengamati bahwa cegukan yang dialami anjing kesayanganmu terjadi dalam waktu yang lama, kamu patut khawatir. Bisa jadi, cegukan yang dia alami merupakan indikasi dari penyakit yang lebih serius, seperti asma, stroke, atau hipotermia. Untuk itu, segera bawa anjingmu ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lengka dan akurat.

Baca Juga :   12 Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Contohnya Lengkap

Setelah kamu mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Cegukan Pada Anjing Kesayangan, kini kamu tidak perlu terlalu khawatir lagi jika anjingmu mengalami cegukan karena kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.

Baca juga:

Cara Memilih Bibit Kangkung Yang Bagus Untuk Ditanam

Cara Memupuk Tanaman Jagung Dengan Sistem Kocor Dan Perawatan Tanaman