7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah

Posted on

7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah

7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah – Ayam adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh orang. Ayam ini dipelihara biasanya akan diambil dagingnya, telurnya bahkan juga bukunya. Namun ada juga sejumlah ayam yang biasa di lombakan tentang suara kokoknya.

Ayam peliharaan atau bahasa latinnya disebut Gallusgallus domesticus merupakan unggas yang biasa dipelihara oleh orang untuk dimanfaatkan diambil daging, telur , juga bulunya untuk keperluan pemeliharanya. Ayam merupakan keturunan langsung subspesies ayam hutan (ayam hutan merah (Gallusgallus) yang menghasilkan ratusan galur unggul berbagai macam jenisnya.

Yang paling umum adalah ayam potong yang dipelihara untuk dipotong diambil dagingnya dan ayam petelur yang dipelihara untuk diambil telurnya. Ayam biasa juga dapat dikimpoi silang dengan kerabat dekatnya yaitu ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal dengan ayam bekisar.Ayam memasok dua sumber protein dalam pangan yaitudi dalam daging ayam dan telur.

Sama halnya dengan burung, untuk membuat ayam agar bisa berkokok bukanlah suatu perkara yang mudah, karena banyak sekali faktor pendukung untuk membuat hal itu bisa terjadi. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan membahas artikel tentang cara agar ayam cepat berkokok kepada kalian semua.

Baca Juga :   Kegunaan Pupuk AB Mix Untuk Tanaman

Perjuangan yang kalian lakukan dalam upaya melakukan perawatan ini nantinya bakal terganti jika mendengar suara kokok dari ayam kalian yang begitu nyaring dan merdu, sehingga hal ini bisa menambahkan nilai jualnya. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat ayam cepat berkokok, sehingga kalian sangat perlu melakukannya secara rutin agar nantinya usaha kalian tidak menjadi sia-sia dalam melakukan perawatan pada ayam kali ini.

Ada tujuh cara yang bisa kalian lakukan untuk melatih ayam cepat berkokok nantinya, penasaran apa saja cara yang bisa kalian lakukan? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Agar Ayam Cepat Berkokok

1. Selalu Jaga Kebersihan Kandang

Cara agar ayam bisa cepat berkokok yang pertama kali ini adalah menjaga kebersihan kandang ayam tersebut. Kondisi kebersihan ini sangat memiliki pengaruh terhadap kondisi ayam yang tinggal di dalam kandang tersebut. Tingkat kenyamanan pada kandang akan berpengaruh dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh ayam kalian. Jika kondisi ayam kurang sehat dan juga merasa stress karena kondisi kandang yang kurang terawat, maka ayam tersebut akan susah untuk mengeluarkan suara nyaringnya tersebut.

2. Jemur Ayam Dibawah Sinar Matahari Pagi

Aktifitas berinteraksi langsung dengan sinar matahari di pagi hari memang sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya manusia saja, namun ayam juga membutuhkan sinar matahari pagi ini guna menunjang proses pertumbuhannya agar lebih maksimal.

Silahkan jemur ayam kalian di bawah paparan sinar matahari pagi guna memberikan rileksasi pada ayam tersebut. Selain itu, hal ini juga akan berguna untuk merangsangayam agar belajar berkokok, sehingga nanti seiring waktu berjalan berlatih berkokok, maka akan menghasilkan suara yang indah. Tentunya ini akan menjadi cara yang sangat mudah dan juga hemat tanpa kalian mengeluarkan banyak biaya.

Baca Juga :   Manfaat Madu Untuk Burung Jalak Suren

3. Berikan Pakan yang Sehat dan Secara teratur

Memberikan pakan yang sehat jelas sangat menentukan proses pertumbuhan bagi si ayam yang telah kalian pelihara. Sebaliknya, jika kalian memberikan makanan dengan asal-asalan, maka ayam kalian pun bakal tumbuh seadanya, dan kemungkinan hal ini bisa menyebabkan ayam tidak bisa berkokok dengan baik. Berikan makanan yang sehat secara teratur, agar nantinya intensitas perkembangan ayam juga baik. Salah satunya yakni terapkan cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran yang menyehatkan ini.

4. Berikan Minum yang Cukup

Cara agar ayam cepat berkokok selanjutnya adalah memberikan ayam minum yang cukup. Air menjadi sumber kehidupan bagi seluruh mahkluk hidup. Tanpa adanya air, maka tubuh pun akan menjadi lemas dan tidak bisa bertenaga. Selain manusia, maka ayam pun juga bakal mengalami hal yang serupa, maka dari itu sediakan air yang cukup sebagai minum ayam kalian. minimal silahkan periksa dua kali sehari, untuk memastikan jika air tidak tumpah sebagai minuman ayam kalian.

5. Berikan Vitamin

Selain soal makanan, untuk memastikan ayam kalian cepat berkokok maka diperlukan suplemen tambahan seperti vitamin yang dibutuhkan oleh ayam. Maka dari itu, berikanlah vitamin sesuai kebutuhannya untuk menjaga kesehatan ayam dan membuatnya cepat berkokok dengan nada yang indah.

6. Latihan Pernafasan

Dan cara terakhir untuk membuat ayam kalian cepat berkokok kali ini adalah dengan melatihnya pernafasan. Hal ini ternyata sangatlahpenting guna mengetahui seberapa jauh bunyi kokok yang dihasikan oleh ayam yang kalian miliki. Anda bisa memegang bagian kaki dan sayapnya, setelah itu silahkan celupkan ke air secara perlahan dan angkat, lakukan cara ini secara berulang, dan lakukan secara teratur ya.

Baca Juga :   Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah

7. Dekatkan Kandang Ayam Jantan dengan Ayam Betina

Dengan Cara menggoda ayam jantan dengan ayam betina, tentu ini sangat berguna untuk merangsang bunyi kokok yang dihasilkan. Biasanya bunyi kokok ini bakal digunakan oleh ayam jantan guna menarik perhatian dari lawan jenisnya. Jadi cara ini dirasa sangat tepat untuk kalian coba nantinya.

Itulah pembahasan tentang 7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod

Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula