Cara Menjinakkan Anjing Galak Bagi Pemula

Posted on

Cara Menjinakkan Anjing Galak Bagi Pemula

Cara menjinakkan anjing galak bagi pemula – hewan peliharaan kadang jadi salah satu teman kita saat ada dirumah. Salah satu hewan peliharaan tervaforit dan cocok untuk kalian jadikan teman bermain ialah anjing.
Apalagi hewan yang kakinya 4 ini terkenal jadi teman setiap dan penjaga, dan bila kalian mempunyai peliharaan penurut maka menunjukkan keberhasilan ketika merawat hewan itu. Meskipun seekor anjing, namun tak jarak banyak yang agresif bila diajak berkomunikasi dengan majikannya. Berikut ini akan penulis bagikan mengenai Cara menjinakkan anjing galak bagi pemula.

1. Buatlah anjing dengan posisi terikat

Langkah utamanya mengikat anjing kalian, kemudian letakkan di tiang. Pastikan bila tumpuan yang dipakai secara kuat ketika anjing tak merasa nyaman dilingkungan ini. Atau ketika anjing peliharaan kalian menjadi terancam, ini dapat membuat seekor anjing bisa agresif apalagi bila terus menerus menggonggong dan menyerang orang yang menurut mereka terlihat merasa terancam. Ikatlah lalu biarkan anjing kalian dapat kembali meredakan emosinya.

2. Berilah minum dan makanan

Proses penjinakan berikutnya dapat kalian lakukan ketika anjing kalian sudah merasa kelelahan. Di waktu mereka kelelahan, maka emosi anjing bisa menurun akan tetapi bukan selalu anjing kalian sudah bisa mmbukakan ruang dekat dengan mereka. Kalian harus memberikan minuman lebih dulu supaya normal kembali.
Hal yang perlu kalian jalankan jadi intensitas kalian saat bertemu anjing peliharaan lebih sesering mungkin. Jadi mereka akan terbiasa dengan keberadaan dan kehadiran kalian. Kemudian memberi mereka makanan yang lumayan cukup guna satu kali saja, dan ini untuk antisipasi anjing tak menjadi sakit sebab makannya tak terlalu banyak.

Baca Juga :   2 Jenis Burung Beo Di Indonesia dan Karakteristiknya Lengkap

3. Lepas ikatan dan membiarkan anjing dapat berkeliaran dirumah

Salah satu cara lagi ialah dengan melepaskan ikatannya terhadap tiang. Pastinya dengan posisi ikatan lehernya ini masih terpasang. Kalian boleh biarkan kebebasan anjing. Tujuannya tersebut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru rumah kalian. Kalian pun bisa duduk untuk memantau gerak gerik dari anjing kalian.

4. Bangunlah komunikasi yang baik

Sesudah anjing dikenalkan dengan lingkungan rumah dan sudah merasa nyaman. Kemudian kalian dapat mulai sesekali untuk memanggil nama anjing kalian. Lakukan secara terus menerus hingga anjing jadi terbiasa dan segera menghampiri kalian bila dipanggil. Saat anjing mulai dekat, maka biarkan anjing mengendus. Jangan melakukan gerakan mengagetkan, kemudian mulailah perlahan mengusap kepalanya dan leher. Hal tersebut bisa membangun komunikasi antara anjing dengan majikannya.

5. Ajaklah berjalan-jalan

Anjing mempunyai energi lumayan besar, guna menyalurkan energinya kalian dapat mengajak bermain maupun jalan-jalan. Sebab keadaan anjing yang belum sepenuhnya percaya dengan kalian lebih baik jalanlah secara bersama guna membangun kepercayaan hewan peliharaan bila kalian tidak akan menyakitinya serta bersikap jadi seorang pimpinan. Jangan membiarkan jalannya didepan kalian namun disampingnya kalian. Upayakan untuk kerap berkomunikasi guna menjalin hubungan serta komunikasi secara lebih baik.

6. Memberikan makan secara teratur

Hal tersebut adalah hal yang perlu dijalankan secara rutin bila mempunyai peliharaan yakni dengan memberikan makan dengan teratur. Hal tersebut dapat membuat anjing peliharaan kalian menjadi lebih kenal kalian yang kerap memberikan makanan. Dengan cara tersebutlah maka anjing peliharaan kalian dapat menjadi lebih baik dan akrab tak galak terhadap kalian yang sudah memberikan makan kepada mereka. Dalam hal tersebut mirip dengan penjinakan hewan peliharaan lain misalnya kucing, ayam dll.

Baca Juga :   11 Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak

7. Memegang anjing saat sebelum memberikannya makan

Kemudian cara lainnya dengan membrikan sentuhan pada hewan peliharaan kalian bisa membuat hewan peliharaan kalian jadi lebih merasa di sayang dan diperhatikan. Namun jangan salah ya kawan, sebab ada sjeumlah sentuhan yang malah justru bisa membuat anjing peliharaan kalian jadi lebih terancam.

Dengan memegang atau menyentuh bagian tubuh anjing, saat sebelum memberikan makan kepada mereka ini juga bisa sebagai cara menjinakkan anjing yang galak. Dengan memberikan makan untuk mereka sesekali, jangan lupa membersihkan bagian tubuhnya, misalnya hidung, telinga maupun kumis sebab akan mempengaruhi pada makanan dan minumannya. Dengan kalian menyentuhnya maka bisa membuat kalian lebih mengenal bagian tubuh anjing kalian. Misalnya tau tentang ciri anjing yang kualitasnya bisa kalian lihat secara fisik.

8. Memandikan anjing

Cara lainnya supaya membuat anjing jadi jinak yakni dengan memandikan anjing peliharaan kalian. Memandikan anjing dapat kalian lakukan dengan memakai sampo khusus anjing. Pertama jangan lupa membasahi badan anjing menggunakan air hangat lebih dulu.

Ketika kalian memandikan mereka maka kalian pun harus memilih waktu tepat misalnya melakukan di waktu pagi. Dengan membuat anjing merasa segar dan kerap menyentuhnya kalian bisa membuat anjing jadi tau dan terbiasa membuat interaksi dengan kalian.

9. Membersihkan tempat maupun kandang anjing

Tempat tidur anjing sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Sebab, jika kandangnya kotor atau tak terjaga kebersihannya, maka akan menganggu kenyamanan saat mereka istirahat. Bila anjing kalian merasa tak nyaman ya tidak bisa menjinakkannya.

10. Berguru pada ahlinya

Bila kalian sudah menjalankan beragam cara. Namun tak ada hasilnya, maka ada baiknya bila kalian berguru langsung kepada pakarnya. Sebab ada banyak faktor yang bisa meredam sifat galak anjing ini.. jadi keluhan kalian bisa teratasi dengan seorang ahlinya

Baca Juga :   Cara Hidup Burung Manyar dan Ciri Khasnya Terlengkap

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cara menjinakkan anjing galak bagi pemula. Beberapa orang yang berkeinginan untuk memelihara anjing dan masih awam mengawalinya maka bisa menggunakan cara tersebut diatas. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Memelihara Burung Kakatua Agar Nyaring Dan Jinak

Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor