Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor

Posted on

Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor

Cara merawat burung kenari agar cepat gacor – kenari tergolong termudah dalam hal perawatan. Kemudahan dalam hal perawatan inilah yang membikin kenari masuk salah satu jenis burung digemari warga indonesia. Walau demikian, tak setiap kiacu mania dapar memperoleh kenari yang rajin membunyikan suara, khsuusnya bila perawatannya dijalankan dengan asal-asalan. Berikut ini sejumlah poin mengenai Cara merawat burung kenari agar cepat gacor.

1. Menyediakan pakan secara tepat

Kenari ialah burung pemakan bijian, diantaranya finch, lovebird, parkit. Sebab itu, dalam hal perawatannya ini pakan bijian perlu selalu tersedia pakan kenari secara umum terdiri dari campuran sejumlah jenis bijian yang banyak terjual dipasar burung ataupun toko pakan burung.

Akan tetapi, bila ingin kenari selalu bunyi rajin maka berikanlah pakan bijian secara tepat yang mengandung nutrisi/ gizi serasi maupun seimbang. Pakan yang terdiri dari sejumlah jenis bijian berkualitas bsia emmbuat burung makin gacor.

Untuk memperoleh pakan ini, maka kita dapat memilih serta meracik sendiri. Pakan bijian bisa pula diberikan dalam keadaan olahan, misalnya seperti dikecambahkan dulu.

2. Ketersediaan buah serta sayuran

Selain pakan bijian, maka burung kenari pun perlu memperoleh pakan tamabahan yang asalnya dari buah dan juga sayuran banyak sekali jenis buah serta sayuran yang disukai kenari. Sejumlah itu antara lain dipercaya oleh kicaumania dapat merubah kenari menjadi makin rajin berbunyi yaitu apel, jagung muda, dan peterseli.

Baca Juga :   Tips Membawa Kelinci Jarak Jauh

3. Memberikan dedaunan yang banyak sekali manfaatnya

Untuk pelengkapnya, banya kenari manusia yang memberikan daun dengan kaya akan manfaat. Walaupun kenari suka sekali dengan beragam jenis daun, pastinya tak semua baik baginya. Sejumlah jenis daun yang mempunyai banyak manfaat.

• Daun krokot
• Daun mengkudu
• Daun binahong
• Daun ginseng jawa
• Daun dewa

4. Menyediakan asinan/ tulang sotong

Tak semua kenari mania dapat menyediakan asinan untuk burung peliharaannya. Padahal tulang sotong ini sumber kalsium dan juga fosfor baik bagi tubuhnya untuk menjaga kondisinya. Jika kalian tak mau memberikan asinan, hendaknya perlu sumber multimineral dari luar, seperti birdmineral.

5. Selalu menjaga kebersihan

Kenari yang sehat, pastinya akan lebih aktif serta rajin berkicau. Jadi keadaan tersebut dapat dicapai bila mana selalu menjaga kebersihan dari sangkarnya dan perlengkapannya. Sangkar kotor oleh sisa kulit pakan bijian ataupun faeces/ kotoran burung bisa menjadi tempat bersarang bakteri, jamur serta parasit yang dapat mengganggu kesehatannya.

Oleh sebab itu, bila ingin kenari kalian rajin berbunyi maka upayakan untuk selalu menjaga kebersihan sangkar serta perlengkapan misalnya tenggeran, cepuk pakan atau minum dan sejumlah asesoris lain. Sangkarnya harus bersih sehingga mmebuat kenari terlihat segar, bersemangat serta nambah gacornya.

6. Mandi pagi

Mandi jadi salah satu keperluan khusus dalam perawatan seluruh jenis burung kicauan. Memandikan kenari di setiap pagi dapat menjaga kebersihan bulu, jadi burung aktif berkicau.
Memandikan kenari bisa dijalankan dengan memakai bak mandi kecil yang dimasukkan dia dalam sangkarnya atau dapat disemprotkan memakai hand-sprayer. Memandikan kenari perlu dilakukan secara rutin setiap pagi, yakni terbit matahari.

7. Mrnjamur di pagi hari dan juga sore hari

Penjemuran pun jadi salah satu bentuk perawatan yang perlu rutin dijalankan guna menjaga kesehatan serta membuat kenari tetap aktif mengkicau. Penjemuran pada kenari ini hendaknya dijalankan disetiap pagi dan sore dengan durasi cukup atau paling tidak 1-2 jam.
Selain bisa membantu menyehatkan bulunya dan mengusit parasit misalnya tungau dan kutu, penjemuran ini dilakukan rutin bisa membuat burung kenari makin lantang gacornya.

Baca Juga :   4 Cara Budidaya Sun Conure Bagi Pemula "Paling Mudah"

8. Pemasteran

Progam pemasteran ini dijalankan guna melatih serta menambah variasi suara kicau burung yang dipelihara. Kenari tergolong jenis burung cerdas dan mempunyai kemampuan meniru suara kiacuan burung lainnya.
Progam pemasteran dijalankan guna melatih serta menambah variasi suara maka kenari akan mempunyai lagu isian ketimbang suara aslinya ngerol. Pemasteran pun dapat memancing burung kenari jadi rajin berkicau.
Namun bila kalian fokus dengan kenari lagu standar, maka pemasteran tiadak harus memakai suara jenis burung lain, meskipun burung kenari standar yang gacor dan memiliki durasinya panjang.

9. Menyediakan multivitamin

Hampir di seluruh jenis pakan kenari baik pada hewani atau nabati tentu mempunyai kandungan sejumlah votamin khusus. Hanya saja kita tak harus mengetaui dengan pasti apa semua vitamin esensial mencukupi keperluan burung.
Beberapa waktu dulu, penulis mengkaji beragam hasil penelitian mengenai burung peliharaan rumah. Hasilnya, burung piaraan umumnya terjadi defisiensi vitamin A, D, dan juga E dengan rincian beirkut :

• 27% burung peliharaan kurang vit E
• 67% burung peliharaan kurang vit A
• 97% burung peliharaan kurang vit D
Oleh sebab itu, untuk kepastiannya akan kecukupan kebutuhan vit maka disarankan menambahkan asupan luar misalnya seperti birdvit. Selain makin fit, maka burung rutin diberikan sebuah multivitamin dengan teratur yakni 2-3 kali dalam seminggu dan jadi lebih berkicau.

Inilah tadi ulasan mengenai Cara merawat burung kenari agar cepat gacor. Bila diperhatikan burung kenari ini termasuk mudah sekali perawatannya, namun kalian pun juga tetap berhati-hati. Breeding atau beternak kenari pun cenderung mudah dijalankan juga. Dengan menjalankan langkah-langkah perawatan yang teratur dan juga penuh kasih sayang maka burung kenari yang kalian pelihara ini selalu terjaga kondisinya dan kesehatannya. Jadi akan makin bertambah rajin ketika berbunyi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

Baca juga:

Cara Merawat Burung Pentet Supaya Gacor

Cara Membuat Anjing Betina Birahi