Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Agar Memiliki Performa Terbaik

Posted on
Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Agar Memiliki Performa Terbaik
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Agar Memiliki Performa Terbaik

Cara merawat burung cucak jenggot agar memiliki performa terbaik – burung cucak jenggot ini burung yang mempunyai habitat asli dihutan primer bersemak rapat dan rendah serta makannya buah-buahan kecil, kumbang dan serangga. Bagi kalian yang ini mendalami tentang burung cucak jenggot serta penasaran bagaimana cara merawatnya, maka simak pengetahuan berikut tentang cara merawat burung cuca jenggot agar memiliki performa terbaik.

1. Kandang yang nyaman dan bersih

Hal pertama yang dilakukan ialah dengan memberikan kandang berukuran tepat bagi tubuhnya yaitu tidak terlalu sempit, lalu bersih dan mempunyai tempat tenggeran memadai dan tempat minum dengan terjaga kebersihannya.
Kandang yang sempit ini membuat burung menjadi stres sehingga malas berkicau. Maka solusinya letakkan kandang pada tempat yang tenang dan jauh terhadap polusi udara/ bising manusia. Selain itu bisa kalian letakkan dengan tempat yang dapat melihat suasana alam yang sangat segar.

2. Pakan bermutu

Berikanlah pakan yang bermutu baik alami/ voer yang dapat dibeli ditoko kebutuhan burung. Kadar makanannya sesui umurnya, dan pastikan ia tak kelaparan. Berikan menu bervariasi dan kadang tambahkan buah serta sayuran segar supaya tak bosan/ selalu semangat disepanjang makan sehari-harinya. Pakan yang bermutu akan menjaga kualitas kesehatannya serta suaranya, dimana pakan ini akan mendongkrak dalam tubuh. Sehingga memperlancar metabolismenya tubuh burung supaya cepat tumbuh besar dan terhindar berbagai masala penyakit. Jika kalian memberikan pakan yang sehat nan berkualitas maka bisa menjaga kesehatan tubuh lainnya.

Baca Juga :   Cara Membuat Pakan Alternatif Untuk Ternak Belut

3. Mandi malam

Lakukan mandi malam dengan berkala, diantara pukul 19.00 sampai 20.30 selama 10/ 20 menit. Cara memandikannya hanya dengan menyemprotkan air ditubuhnya dan pastikan seluruh bagian tubuh terkena air. Kemudian anginkan ditempat terang supaya sirkulasi udara baik bisa mengeringkan tubuh dengan benar-benar kering.

4. Beri potongan jahe

Untuk memaksimalkan performanya, maka kalian bisa memberikan makanan tambahan berbentuk potongan jahe. Akan tetapi diberikan dengan langsung, yakni memasukkan jahe yang sudah dipotong kecil, yang diberikan sebelum memberikan jangkrik dalam perut cucak jenggot. Segera berikan sesudah mandi saat ia dianginkan, karena dalam keadaann ini ia akan merasakan lapar sehingga memakannya dengan lahap.

5. Pakan racikan dari telur bebek

Tambahkan pula amuan lain alami bermanfaat bagi kesehatan dan permorfamanya yaitu dengan memberikan telur bebek diambil putih telurnya saja, 2 sdm kroto segar, 1 potong buah apel. Kemudian haluskan serta campurkan bahan semua itu sampai jadi satu sama dengan bubur. Berikan pula 1 sendok saja saat burung dianginkan sesudah mandi malah caranya dengan disuapi langsung.

6. Cukup istirahat

Sesudah mandi malam serta dianginkan, maka berikan waktu istirahat dan jangan ganggu maupun diajak latihan sampai besok pagi supaya tak kelelahan serta staminanya stabil. Keadaan mandi yang segar serta makanan tambahan ini membuat tubuhnya merasaka bugar serta perut kenyang jadi ia akan tidur nyenyak.

7. Berikan embun pagi

Saat masih pagi kurang lebih pukul 5 maka ia keluarkan dari rumah serta letakkan di luar rumah tempat yang sejuk dan berembun, embun pagi ini sangat baik bagi pernafasan serta kesehatan suaranya. Lakukan secara rutin dengan memberikan embun pagi sehingga ia akan fresh dan terhindar dari stress. Ia pun akan mempunyai kesehatan stabil dan jauh terhadap suara serak/ masalah kesehatan yang lain.

Baca Juga :   10 Cara Mudah Ternak Kroto dalam Toples dengan Mudah

Pastiikan tetap mengawasi saat disegarkan embun pagi supaya aman terhadap gangguan predator lakukan hanya saat dalam keadaan cerah/ memungkinkan bila cuaca burung mislanya angin kencang hujan deras. Hal ini tak harus dijalankan karena justru akan mengakibatkan penyakit baru dan akan melemahkan daya tahan tubuhnya.

8. Jemur dengan rutin

Setiap hari kurang lebih jam 07.00/ 08.00 burung ini ditempatka yang teduh akan tetapi ttetap mendapatkan sinar matahari pagi hangat. Sinar matahari memberikan vitamin alami bagi tubuhnya serta memperkuat daya tahan tubuh. Pastikan pula terhidnar terhadap teriknya matahri serta ada dalam keadaan dit saat dijemur terhadap polusi/ bisingnya manusia.

9. Latihan teratur

Latihan dengan teratur bisa meningkatkan permorma serta kemampuan dalam berkicau. Caranya ialah mendengarkan burung berkicau lainnya dengan rutin. Lakukan hal ini di setiap pagi sesudah dijemur dan sesudah diberikan pakan. Lakukan juga hal ini secara terus menerus sampai ia menirukan dan semakin ia termotivasi guna meningkatkan kualitas suaranya.

10. Multivitamin

Cara yang terakhir ini ialah dengan memberikan multiviamin, baik dari bahan yang alami misalnya madu dan kunyit serta multivitamin kemasan tetap memperhatikan komposisi dalamnya. Pastikan pula multivitamin burung cucak jenggot serta berikan kadar yang tepat, tak kurang serta tak berlebihan.

Lakuan seluruhnya ini dengan tahapan perawatan secara disiplin dan telaten, maka dijamin burung cucak jenggot kalian akan mempunyai kesehatan maksimal, pertumbuhan bagus, daya tahan tubuh baik dan mempunyai suara merdu, indah dan lantang. Sehingga akan memuaskan kalian sebagai pemiliknya dan dapat menjadi primadona di dalam perlombaan.

Demikianlah arikel ini tentang Cara merawat burung cucak jenggot agar memiliki performa terbaik. Burung cucak jenggot saat ini sudah banyak diperlihara sebab mempunyai kicau yang indah nan kera dipakai sebagai primadona dalam sebuah perlombaan. Jika kalian mempunyai burung cucak jenggot, maka kalian bisa menggunakan cara diatas tadi supaya kalian bisa mendapatkan burung yang memuaskan sehingga menjadi primadona. Semoga berhasil kawan.

Baca Juga :   5 Cara "Sukses" Ternak Prenjak Kepala Merah Untuk Pemula

Baca juga: