5 Cara “Paling Mudah” Budidaya Madu Klanceng Bagi Pemula

Posted on

Cara Sukses Budidaya Madu Klanceng Bagi Pemula

Cara Budidaya Madu Klanceng Bagi Pemula – Budidaya lebah madu saat ini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Apalagi saat ini mengkonsumsi madu hutan telah banyak dijadikan sebagai gaya hidup, karena secara turun temurun madu tersbut memiliki manfaat yang sangat beragam. Walaupun madu memiliki rasa yang sangat manis karena kandungan gulanya banyak, akan tetapi tidak berbahaya bagi kesehatan. Bahkan sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Apalagi seiring berkembangnya dunia perawatan wajah dalam dunia kecantikan, madu sering dipakai sebagai selah satu bahan alami yang bermanfaat bagi wajah.

Cara Sukses Budidaya Madu Klanceng Bagi Pemula

Di dunia terdapat berbagai macam jenis lebah madu yang dapat menghasilkan madu secara alami. Termasuk lebah klanceng yang mungkin sebagian orang belum terlalu mengenalnya. Meskipun lebah yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan lebah pada umumnya. Namun, perlu anda ketahui bahwa lebah klanceng juga dapat menghasilkan madu dengan cukup produktif. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak dari masyarakat yang tertarik untuk mencoba budidaya lebah klanceng ini. Berikut ini Cara Budidaya Madu Klanceng Bagi Pemula yang perlu anda ketahui.

1. Menentukan tempat atau lokasi budidaya

Hal pertama yang perlu dilakukan dan yang paling penting yakni menentukan lokasi budidaya. Lokasi sangat memegang peranan penting dalam menentukan hasil dari budidaya. Hal ini dikarenakan lebah klanceng membutuhkan lokasi yang sesuai dengan habitatnya. Sehingga mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan dan dapat menghasilkan madu secara produktif. Dalam menentukan lokasi budidaya anda perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Daerah budidaya lebah klanceng usahakan harus bersuhu dibawah 320 C. hal ini karena apabila diatas suhu tersebut lebah klanceng akan menghasilkan madu yang sedikit bahkan dapat membuat lebah tersebut tidak dapatbertahan hidup.
  • Pada umumnya rentang suhu ideal sekitar 18-240C.
  • Selanjutnya tentukan kelembapan udara pada 60-80%.
  • Lebah klanceng memiliki karakteristik tidak menyengat dan hidup secara berkoloni.
  • Umumnya mereka dapat hidup pada batang-batang pohon, di dalam tanah, dan di ruas bambu.
Baca Juga :   Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah

2. Membuat sarang lebah klanceng

Setelah berhasil menentukan lokasi untuk budidaya, langkah selanjutnya yaitu membuat sarang lebah klanceng. Sarang ini memiliki fungsi sebagai tempat hidup sekaligus habitatnya. Apabila tidak anda buatkan sarang, maka akan sulit dalam memanennya. Berikut ini hal yang perlu anda siapkan:

  • Bahan pembuatan sarang lebah klanceng sebaiknya dari bahan alami.
  • Bahan tersebut yaitu bahan yang biasanya di pakai di alam bebas, seperti halnya bambu atau kayu.
  • Siapkan batok kelapa, tembukar, batang bambu dan kayu kering.
  • Selanjutnya sarang tersebut ditempatkan dan dibuat tertutup dan hanya diberi lubang sebesar 1 cm.
  • Lubang inilah yang nantinya akan digunakan sebagai pintu keluar masuknya lebah.

3. Membuat koloni dari sarang buatan

Apabila sarang telah siap, selanjutnya Cara Budidaya Madu Klanceng Bagi Pemula yaitu anda perlu mencari cara agar lebah klanceng mau menempati sarang yang telah anda buat tadi. Umumnya cara yang sering digunakan yaitu dengan menempatkan sang ratu lebah dan beberapa prajurit. Inilah yang akan menarik lebah lainnya untuk ikut bergabung. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan agar lebah klanceng dapat membuat koloni lebih banyak.

  • Menempatkan sarang pada koloni lebah klanceng
  • Selanjutnya beri lubang pada sisi yang lain, dengan cara inilah lebah akan dipaksa untuk keluar masuk dari kandang
  • Kemudian lebah klanceng akan keluar masuk ke kandang untuk bergabung dengan koloninya
  • Secara otomatis hal ini akan merangsang lebah lain untuk membuat koloni baru di dalam kandang
  • Setelah koloni baru terbentuk maka anda dapat memindahkan sarang ke kandang yang baru
  • Cara yang digunakan sebagaimana cara awalnya dalam merangsang pembentukan koloni yang baru.
Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Cacing Sutra "Paling Mudah"

4. Melakukan perawatan dan pemeliharaan

Dalam perawatan dan meleliharaannya sendiri tidak terlalu culit. Anda hanya perlu menanam tumbuhan yang mengahsilkan banyak bunga. Bunga tersebut nantinya akan digunakan sebagai makanan lebah yang dapat digunakan dalam pembentukan madu. Menanam tanaman berbunga sebanyak mungkin disekitar lokasi budidaya. Sehingga hal inilah yang akan menjadi faktor pendorong lebah klanceng untuk dapat menghasilkan madu secera produktif dan dapat dipanen dengan madu yang berjumlah banyak.

5. Waktu panen madu lebah klanceng

Waktu untuk memanen madu lebah klanceng dapat dilakukan apabila dalam sarang telah terbentuk bulir-bulir madu. Umumnya bulir-bulir mmadu tersebut dapat terbentuk setelah 3 sampai 4 bulan. Akan tetapi hal ini tergantung dari jumlah koloni dalam budidaya. Semakin banyak koloni dan jumlah sarang lebah klanceng yang anda miliki, maka akan semakin banyak hasil penen madunya. Panen tidak dapat dilakukan asal-asalan, anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih sarang yang telah terlihat membesar
  • Gunakan pengaman untuk menutup wajah dan tubuh
  • Kerik secara perlahan sarang lebah yang menghasilkan madu, tempatkan pada wadah yang berukuran besar.
  • Selanjutnya lakukan penyaringan dan masukkan madu yang telah disaring pada botol sesuai dengan takaran yang akan anda jual.

Demikian pembahasan mengenai Cara Budidaya Madu Klanceng Bagi Pemula. Kualitas yang dimiliki madu lebah klanceng lebih bagus dibandingkan dengan madu pada umumnya. Maka dari itu tidak heran apabila banyak yang tertarik untuk mengkonsumsi madu tersebut. Semoga pebahasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga: