Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Mudah Dipelihara

Posted on

Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Mudah Dipelihara

Jenis jenis ikan hias air tawar mudah dipelihara – tujuan utama memelihara ikan air tawar ini ialah untuk dipakai hiasan serta memperindah ruangan. Selain itu bila dibudidayakan secara benar, maka ikan air tawar bisa mendatangkan keuntungan material lumayan besar untuk pemiliknya. Dan berikut ini kami memberikan beberapa contoh dari Jenis jenis ikan hias air tawar mudah dipelihara.

1. Ikan guppy

Ikan guppy ialah jenis ikan hias terpopuler di indonesia. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh mirip wanita menggunakan rok. Bentuknya menarik sebab ikan ini mempunyai ukuran kurang dari 2,5 cm bila diukur dari kepala ke ekor.

Ikan guppy adalah ikan yang asalnya dari amerika selatan serta ikan ini terkenal mudah adaptasi terhadap lingkungannya. Hal tersebut mengakibatkan ikan guppy dapat menyebar luas sampai di semua dunia.
Ikan hias ini terkenal di indonesia sejak tahun 1920-an menjadi ikan hias akuarium. Ikan ini mempunyai warna serta sirip indah. Ikan jantan mempunyai warna dominan lebih menarik daripada betina yang kusam siripnya.

2. Ikan arwana

Jenis arwana ini jenis terpopuler hingga saat ini. Para ahli ikan sudah mengatakan ikan hias tak akan pernah menyatakan pendapat ikan ini akan ramai peminatnya.
Lalu ikan ini mempunyai sisik unik yang dapat memikat siapa yang melihatnya. Ikan ini mempunyai ukuran tubuh lumayan besar, hingga mencapai 1 meter.

Baca Juga :   Cara Pembenihan Ikan Bandeng Bagi Pemula "100% Berhasil"

Ukuran telurnya besar dan mirip dengan telur puyuh mmebuatnya masuk dalam kelas ikan purba. Ikan ini mempunyai nama lai yakni silok, red, klasa, siluk dan khayangan dan nama lainnya.
Ikan hias arwana ini dijumpai diperairan air tawar yang ada di papua dan kalimantan. Namun untuk sekarang ini jenis dari ikan arwana sudah banyak dibudidayakan sebab harnya serta peminatnya lumayan tinggi. Ikan ini digemari sekali oleh masyarakat sebab ada mitosnya bisa mendatangkan rejeki bagi pemeliharanya.

3. Ikan louhan

Ikan louhan termasuk jenis hibrida/ ikan hasil dari persilangan jenis cichlid. Ikan ini sempat populer dikalangan masyarakat indonesia tahun lalu. Sebenarnya ada banyak orang yang tak pernah menyimpan ikan hias berbondong untuk memelihara dan menajdi pecinta dari ikan hias sebab ikan ini cantik.

Tingginya minat masyarakat akan ikan ini tak heran sebab louhan mempunyai warna indah dan menarik. Bila diperhatikan secara bersama dengan kombinasi warna serta sisiknya ini bisa membentuk sebuah tulisan.
Daya tariknya ikan ini yakni jenongnya yang ada di kepala yang dapat menciptakan daya tarik khusus bagi kalian pecinta ikan hias. Apalagi jenongnya ini mempunyai harga fantastis.

4. Ikan mas koki

Ikan hias yang berjenis maskoki ini asalnya dari cina yang populer oleh masyarakat jepang. Mulanya jenis ikan ini mempunyai bentuk tubuh mirip ikan mas yang asalnya spesies sama. Lalu orang jepang yang mengembangkan maskoki menjadi ikan hias banyak variasi serta bentuknya indah.
Ikan maskoki tergolong ikan yang mudah untuk dipelihara serta dibudidayakan dirumah. Namun, ikan hias tersebut

termasuk ikan eksklusif yang tak ingin dipelihara bersama ikan jenis lainnya, hal ini disebabkan mereka memerlukan oksigen banyak untuk bertahan hidup. Tak hanya itu jenis ikan ini terkenal sekali dikalangan masyarakat. Sebab maskoki mempunyai gerakan tubuh lucu dan bentuk tubuhnya gemuk.

Baca Juga :   Cara Proses Pembenihan Udang Galah Bagi Pemula

5. Ikan koi

Salah satu jenis ikan ini tetap populer dari waktu ke waktu. Hasil persilangan ikan ini ada warna putih dan merah. Jadi persilangan ini diberikan nama ikan koi.ikan ini cocok sekali dipelihara didalam kolam yang lumayan luas sebab ketika masih muda ekornya tak terlalu lebar namun saat sudah dewasa ikan ini makin lebar jadi membutuhkan ruang lebih luas lagi.

6. Ikan oskar

Ikan ini banyak disukai pecinta ikan hias domestik atau mancanegara. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh lebar mirop nila yang kerap menjadi makanan manusia.
Namun, ada sejumlah hal yang menjadi pembeda antara kedua ikan ini, warna ikan ini lebih variasi dan berkombinasi warna kulitnya lebih indah dibanding ikan mas.

7. Ikan neon tetra

Ikan ini termasuk ikan yang warnanya biru cerah dibagian belakang serta perak putih dibagian perutnya. Keunikan warna ikan ini membuat ikan neon tetra menarik minat para pecinta ikan hias.
Ikan ini kerap dipelihara dalam kelompok sebab warna tubuhnya lebih terlihat serta menarik ketika ada di dalam kelompok. Ikan ini meningkat popularitasnya dari waktu terakhir. Hal ini yang mengakibatkan permintaan ekspo ikan ini tinggi sekali sampai 2 juta ekor pertahunnya.

8. Ikan komet

Ikan komet ini mmepunyai tubuh ramping dengan warna perak mengkilap putih serta merah cerah. Dibagian ekornya panjang terus melambai ketika berenang sehingga membuat para pecinta ikan ini akan berbondong-bondong memelihaaranya.

9. Ikan manfish

Ikan ini termasuk family chiclidae. Istilahnya manfish ini sebab warnanya elegan an atraktif. Untuk membuat manfish menjadi induk, ikan ini perlu ditunggu sesudah usianya 7 bulan yang panjangnya kurang lebih 7,5 cm. Supaya budidayanya maksimal maka induk perlu dijaga secara baik.

Baca Juga :   15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Banyak di Cari

Demikianlah Jenis jenis ikan hias air tawar mudah dipelihara. Sebenarnya ikan hias ini bisa berasal dari jenis yang ikan air laut, akan tetapi dalam pemeliharaannya masyarakat ikan yang jenis air tawar banyak peminatnya. Bahkan di indonesia sudah 360an jenis ikan. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuannya. Terima kasih

Baca juga:

Cara Mudah Supaya Bunga Aster Cepat Berbunga

Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Waktu 2 Bulan