15 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah

Posted on

15 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah

15 cara melatih ayam agar tidak main bawah – berbeda dengan memelihara ayam petelur yang tak dapat bertarung, ayam Bangkok mempunyai gaya bertarung. Untuk itu, pembeli harus bisa menguji coba pertarungan lebih dulu selama 1-2 ronde supaya tau posisi teknik ayam Bangkok yang dibeli. Dalam ulasan kali penulis akan membagikan tips 15 cara melatih ayam agar tidak main bawah.

1. Posisi tempat pakan tak lebih tinggi dibanding tembolok

Tujuannya untuk melatih otot dari tengkuk ayam. Selain itu, tempat pakannya pun digerakkan kanan dan kiri dengan ketinggian 1,5 cm dari dasar. Ditambah pula pastikan irama kaki ayam menyilang ke kanan dan kiri.
Tempatkan pakan pula dengan mengitari tubuh ayam sama dengan gerakan kepala ayam lawan serta tambahkan pula gerakan maju mundur diantara kaki ayam. Latihan tersebut dapat dijalankan ketika ayam lapar saat 15 menit dan jangan terlalu lama agar tak mengganggu nafsu makan ayam.

2. Latihan leher di tergeran berayun

Fungsinya Latihan leher diatas tergeran mengayun adalah agar ayam tak ragu ketika melepaskan pukulan serta langsung kembali di posisi semula setelah melakukan pukulan serta tak langsung jatuh. Latihan tersebut dijalankan menggunakan gerakan sempurna secara perlahan dan naikkan tempo dengan bertahap setiap hari ketika ayam sedang diberi makanan.

Baca Juga :   Ciri - Ciri Burung Nuri yang Mudah dan Perlu Untuk Diketahui

3. Latihan leher

Untuk cara melatihnya hanya memutarkan leher ayam menggunakan tangan kiri dan kanan secara lembut selama 30 kali dan durasinya 1 detik setiap gerakan serta dilakukan setiap pagi. Pastikan gerakan dijalankan secara lembut supaya tak menyakiti ayam.

4. Latihan badan

Ayam mencari beragam gerakan di segala arah guna mencari celah pemukulan terhadap lawannya. Bila tubuh ayam ini kebiasaan main bawah dan tak dapat bergerak dengan baik, maka gerakan ayam terlihat kaku jadi perlu diberikan latihan badan agar tidak selalu kaki dan main bawah. Selain itu diperlukan cara untuk mengobati ayam sakit, caranya dengan senam badan setiap pagi dengan memutarkan badan ayam ke kanan dank e kiri 30 kali serta selingi tangan di salah satu celah sayap kemudian gerakkan ke kiri dan kanan.

5. Latihan kaki

Latihan ini menjadi latihan khusus yang diberikan oleh pemilik ayam terutama agar tak selalu main bawah dan supaya meningkat kemampuannya saat bertanding jadi otot kakinya dan lutut terbiasa bergerak dan tak kaku. Bagi kalian yang kakinya dilakukan menekan punggung ayam di arah bawah dan depan sebanyak 30 kali dalam sehari secara lembut serta perlu teratur agar hasilnya dapat maksimal.

6. Latihan sayap

Latihan maupun senam sayap dikenal dengan janturan yakni teknik latihan otot sayap agar bergeral lebih fleksibel. Seperti senam kaki, latihan sayap tersebut pun telah kering dijalankan para pemilik atam. Janturan dapat dilakukan dengan mengangkat ayam setingginya mungkin dengan kedua tangan.
Untuk tangan kanan kalian pegang dada dari arah belakang serta tangan kirinya memegang pangkal ekor. Kemudian melepas tangan kanan di belakang dengan perlahan yang diikuti dengan tangannya kiri turun di bawah. Cara tersebut membuat ayam mengepakan sayap jadi otot serta sendi menjadi lebih kuat ketika main atas.

Baca Juga :   Cara Menanam Vanili Dengan Mudah

7. Latihan lari

Cara memberikan latihan ini sederhana yakni menyiapkan 2 kurungan ayam berukuran beda dan 1 ekornya ayam lain Bangkok. Kurung ayam di kurungan kecil serta letakkan dluar kemudian kurung lagi dalam kurungan besar. Cara tersebut membuat ayam terus berlari untuk mengelilingi kurungan kecil hingga lelah.

8. Latihan renang

Latihan renang ini dapat kalian lakukan di bak/ kolam biasa dengan menempatkan ayam ditengah kolam sampai berubaha bergerak tidak tenggelam.

9. Latihan abar

Selain latihan fisik, cobalah memberikan latihan abar/ menggebrak ayam dengan ayam lain yakni sebentar saja. bila ayam mempunyai jalu maka bungkuslah supaya aman.

10. Latihan loncat

Sebelum latihan ini, harus kalian pastikan memberinya makan lebih dulu 1 jam. Pegang ayam serta angkat setingginya hingga kepalanya dibawah dan biarkan sayap dan kakinya meronta/ mengepak. Kemudian latihan loncat ini caranya dengan melempar ayam diudara berulang kali agar berpikir sedang menghadapi musuh.

11. Latihan nafas

Caranya dengan bersama posisi ayam menggantung kemudian gerakan di kanan dan kiri dan biarkan ayam meronta.

12. Latihan gelanggang

Latihan ini dapat dilakukan sehari 5 kali/ setidaknya sehari 1 kali jadi totalnya minim 30 hari 7 kali. Latihan ini antara jam 4-5 sore dengan 1 ronda selama 10 menit dan bungkuslah paruhnya jalu.

13. Menyatukan ayam betina

Lakukan cara ini 2 sampai 1 bulan guna membangun rasa kepercayaan diri ayam dan jangan sampai ayam jagonya dekat walau ayam lemah.

14. Satikan ayam lancur

Setelah ayam mulai berkokok akan tetapi masih kerap bertarung maka harus bersatu dengan ayam lancur.

15. Uji coba mental

Latihan uji coba ini mengadu ayam lain lemah misalnya lebih muda/ ayam kampong fisik lemah. Kemenangan yang diperoleh ketika bertarujng mendapat pengaruh rasa percaya dirinya jadi lakuka latihan mental tak selalu main bawah hingga benar benar tak main bawah lagi.

Baca Juga :   15 Cara Merawat Ayam Aduan Muda dengan Mudah

Demikianlah 15 cara melatih ayam agar tidak main bawah. Posisi ayam main bawah memang terkesan mengalah ketika bertarung, kurang berani ketika berhadapan dengan ayam lainnya serta beragam hal lain jadi kuran diminati oleh pecinta ayam. Maka lakukan latihan dengan cara diatas tadi.

Baca juga:

Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Apel Melimpah

Cara Menanam Bunga Cempaka