10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air dan Mudah Perawatannya

Posted on
10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air dan Mudah Perawatannya
5 (100%) 1 vote[s]

Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air dan Mudah Perawatannya

Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air Serta Mudah Perawatannya – Adanya tanaman hias di dalam rumah, dapat memberikan kesan alami yang menyegarkan. Hal ini dikarenakan selain dijadikan sebagai dekorasi dengan nuansa alami atau natural, tanaman hias dapat memberikan kesegaran di dalam ruangan sehingga dapat menghilangkan stress. Selain itu, tanaman hias juga dapat berfungsi dalam membersihkan udara apabila diletakkan di dalam ruangan. Seperti halnya tanaman lain tanaman hias juga mengalami fotosintesis yang mana dalam prosesnya ini akan mengeluarkan oksigen yang bermanfaat bagi makhluk hidup.

Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air dan Mudah Perawatannya

Banyak orang beranggapan bahwa untuk dapat merawat tanaman membutuhkan media, seperti pot, vas, tanah, pupuk, kerikil, hingga bibit. Supaya dapat tumbuh dengan baik tanaman juga membutuhkan pupuk dan harus disiram setiap harinya. Namun, kenyataannya tanaman hias juga ada yang dapat bertahan hidup dan tumbuh apabila ditanam dalam media tanam air. Sehingga anda yang tidak ingin ribet tidak perlu lagi berkotor-kotor dengan media tanam tanah, pupuk, dan tidak membutuhkan penyiraman setiap harinya. Tanaman yang dapat ditanam dalam media air hanya membutuhkan segelas air untuk dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu, dapat diletakkan di atas meja dalam ruangan sebagai hiasan.

Baca Juga :   Burung Pipit - Habitat, Jenis, Manfaat dan Cara Merawatnya Lengkap

Berikut ini daftar Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air Serta Mudah Perawatannya yang mungkin mudah anda dapatkan dilingkungan sekitar.

1. Air plants

Air plants dapat juga disebut dengan tanaman udara yang dikenal sebagai Tillandsia yang mudah dalam perawatannya serta dapat ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman ini tidak membutuhkan tanah sama sekali sehingga sangat cocok apabila ditanam dalam media air. Cara menanamnya pun juga sangat mudah, anda hanya perlu merendam daun tanaman tersebut dalam media air selama sehari semalam, kemudian letakkan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Anda dapat meletakkannya di dekat jendela atau meja dekat pintu luar.

2. Paperwhites

Bunga ini dikenal sebagai bunga kertas yang mempunyai nama latin Narcissus papyraceus. Cara menanamnya sangat mudah, anda hanya perlu memsukkan air ke dalam vas bunga. Kemudian masukkan batang bunga hingga bagian batangnya masuk seluruhannya ke dalam air. Anda perlu mengganti air dalam vas setiap 3 hari sekali.

3. Sri rejeki

Tanaman hias jenis ini telah dikenal oleh banyak orang. Tanaman sri rejeki dapat ditanam dalam media tanah atau media air. Namun, akan meningkat nilai estetika apabila di tanam dalam media air. Cara menanamnya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan batang tanaman ini ke dalam vas yang telah berisi air hingga batangnya terendam air.

4. Spider plant

Tanaman ini disebut sebagai spider plant karena memiliki bentuk daun yang menjuntai ke bawah seperti kaki laba-laba. Warna daun yang dimiliki tanaman ini sagat bergradasi sehingga dapat memberikan kesan sejuk di dalam ruangan. Cara menanam tanaman ini sangat mudah, yaitu cukup menyediakan vas bunga dengan diisi air dan siapkan bibit bunga spider plant.

Baca Juga :   Pertanian Organik Di Indonesia - Pengertian, Tujuan, Keuntungan Dan Metodenya Terlengkap

5. Coleus

Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air Serta Mudah Perawatannya yaitu tanaman Coleus yang merupakan tanaman hias daun. Hal ini karena tanaman tersebut dapat dijumpai dipekarangan rumah tanpa harus menanamnya terlebih dahulu.

6. Philodendron

Tanaman hias jenis ini merupakan tanaman yang cukup fenomenal pada tahun 2000. Umumnya tanaman philodendron ditanam menggunakan media pakis. Akan tetapi ternyata tanaman ini dapat tumbuh hanya dengan media air. Sehingga akan sangat bagus apabila diletakkan di dalam ruangan.

7. Sirih gading

Tanaman sirih gading biasanya dikenal sebagai tanaman obat, namun karena memiliki nilai estetika tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Sirih gading dapat ditanam di media air dan tidak memerlukan media tanah. Anda hanya perlu menyiapkan vas yang telah berisi air, kemudian masukkan batang tanaman tersebut kedalamnya dan tunggu beberapa hari maka tanaman ini akan cepat tumbuh.

8. Tanaman apu-apu

Tanaman yang satu ini dapat tumbuh dengan bebas dan sering dijumpai ditepian sungai. Tanaman apu-apu memiliki daun berkelopak seperti bunga dengan akar yang serabut dan sering digunakan sebagai tempat persembunyian ikan. Anda dapat menanam tanaman hias ini dalam media tanam air di dalam pot atau vas transparan yang dapat juga diisi dengan ikan dibawahnya. Sehingga dapat menambah nilai estetika dari tanaman ini.

9. Bambu keberuntungan atau bambu air

Tanaman hias yang satu ini memiliki batang kecil namun beruas mirip seperti bambu. Cara menanamnya juga sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan botol atau vas bunga berisi air dengan intensitas cahaya yang cukup. Menurut beberapa orang tanaman ini dapat membawa keberuntungan bagi yang menanamnya. Tanaman hias bambu air telah banyak diminati sebagai tanaman indoor dibeberapa daerah di India. Umumnya tanaman jenis ini diimpor dari Cina dan Taiwan.

Baca Juga :   13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok

10. Basil

Tanaman ini umumnya digunakan sebagai tanaman herbal dan dapat dijadikan sebagai bumbu pelengkap pembuatan pizza atau omelet. Sehingga cocok apabila anda meletakkan tanaman hias ini di dapur dengan media tanam air dalam pot atau vas.

Demikian pembahasan mengenai Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air Serta Mudah Perawatannya. Tanaman hias di atas dapat anda jadikan pilihan untuk hiasan di dalam rumah anda. Bertujuan agar lebih terkesan natural dan mencipakan udara yang lebih segar. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan referensi.

Baca juga: