Burung Cucak Rowo – Habitat, Jenis dan Manfaat Memeliharanya Lengkap

Posted on
Burung Cucak Rowo – Habitat, Jenis dan Manfaat Memeliharanya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Habitat Dan Jenis Burung Cucak Rowo

Habitat dan jenis burung cucak rowo – burung cucakrowo ialah bagian dari burung yang tergolong dalam anggota suku merbah. Kata dari merbah ini kadang dikenal dengan cucak cucakan yakni suku burung kicau yang asalnya dari Negara asia tropis dan juga afrika. Berikut ini akan kami kupas tentang habitat dan jenis burung cucak rowo.

Burung Cucak Rowo
Secara umum, cucak rowo ini mempunyai suara yang beraneka ragam dan mempunyai suara yang merdu. Burung cucak rowo tersebut sering kita jumpai di hutan dan kerap meramakikan suasana hutan dengan penuh kicauan dan juga nyanyiannya di pag serta sore hari. Dan menurut bahasa inggrisnya ini burung cucakrowo kerap dikenal dengan nama bulbuls.

Sementara merbah sendiri bahasa melayunya dominan ke sejumlah jenis burung kicau yang mempunyai bulu suram di semak belukar. Di Indonesia sendiri burung ini terkenal dengan beberapa nama yang cenderung variatif, antara lain cucak jawa, empuruk, tempulu, empelu, pampulu dan lain sebagainya.

Habitat Burung Cucak Rowo Dan Cirinya

Cirinya burung cucak rowo ini mempunyai bentuk tubuh yang berukuran sedang. Dengan fosfur tubuh kecil dan ramping, ekor yang panjang dan juga lehernya yang pendek. Sedangkan untuk bulunya cucak rowo sendiri berwana lumayan variatif antara lain kuning, jingga, merah pada bagian dada serta perutnya.

Baca Juga :   Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Agar Memiliki Performa Terbaik

Untuk warna bulu diantara burung cucak rowo jantan serta betina hampir mirip, sehingga lumayan sulit guna mengetahui cara membedakan cucak rowo yang jantan serta betina untuk mereka yang ingin tau tentang jenis kelamin dari burung cucak rowo. Jika sekarang ini kalian sedang ingin tau cara untuk membedakan burung cucak rowo betina dengan jantan, maka kalian bisa melihat dengan detail pada tulisan penulis sebelumnya.

Pada habitat aslinya dari burung cucak rowo tergolong burung pemakan serangga dan juga buah-buahan. Dihutan burung cucak rowo tergolong burung yang senang menjelajah di semak belukar serta kawasan hutan yang terbuka guna memetik aneka buah-buahan yang ukurannya kecil dan memburu serangga.

Lalu untuk populasinya sendiri burung ini Nampak berpasangan atau mengelompok. Dan lebih menariknya burung ini kadang bersama dengan burung jenis lainnya. dan kadang yang dilakukan burung ini membuat sarah diatas merdu maupun yang bentuknya cawan dengan terbuat dari rumput. Bila burung betina ini bertelur ia kadang mengeluarkannya sebanyak 2-3 butir.

Jenis Burung Cucak Rowo

Burung ini diminati banyak orang sebab mempunyai kemampuan sangat baik di dalam menampilkan perfoma suara melengking serta roll yang mempesona pendengarnya. Jadi tidak hanya dalam hal yang mengherankan bila harga dari burung ini dibandrol dengan lumayan yang tinggi di pasarannya. Khususnya burung yang sudah mempunyai pengalaman di berbagai ranah kompetesi.

Untuk memperoleh burung cucak rowo yang seperti ini, maka kalian harus melakukan latihan yang intensif serta rutin. Yakni dengan memberikan pakan sehat dan memberikan kandang menggunakan keadaan yang layak nan juga bersih supaya burung tetap sehat. Satu hal yang tak dapat dilupakan yaitu dengan mengikutkan burug ini di beragam kompetisi supaya reputasinya ini terus mengalami peningkatan nan harganya pun bernilai tinggi.

Baca Juga :   Burung Parkit Australia : Habitat, Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Merawatnya Lengkap

Nah, bagi kalian yang berniat menjadikan cucak rowo menjadi jagoan kicaunya maka berikut ini penulis berikan informasi tentang jenis cucak rowo yang jago kicaunya sehingga bermanfaat untuk berburu burung idaman nantinya :

1. Cucak rowo papua

Dari sekian banyak daerah ini cucak rowo, Papua inilah yang menjadi salah satu daerah yang mempunyai burung cucak rowo yang begitu popular sampai di beragam daerah. Untuk burung jenis tersebut yang masih belum terlalu mahir maka berkicaunya ini dibandrol 800an.

2. Burung cucak rowo Kalimantan

Untuk jenis burung cucak rowo di Kalimantan, maka kalian dapat mempunyai dengan mengeluarkannya kocek rincian berikut :
• Cucak rowo berusia 1 sampai 2 bulan harganya kurang lebih 2jt – 3jt rupiah.
• Burunng anakan umurnya 3 sampai 5 bulan harganya kurang lebih 5 jutaan.
• Lalu untuk yang telah dewasa usianya 1 tahun kadang harganya 7 jt keatas.
• Sementara sepasang cucakrowo dewasa ini diberikan bandrol 18 juta rupiah.

3. Cucak rowo gacor

Burung cucak rowo ini adalah jenis burung yang mempunyai intensitas kucauan begitu sering dan di berbagai variasi lengkingannya. Bila kita melihat dari kemampuan ini pastinya dibandrol harga lumayan tinggi sampai cenderung fantastis yang sudah menyabet gelar juara.

4. Cucak rowo bakalan

Cucak rowo ini memang sengaja dipersiapkan secara baik menjadi calon petarung yang handal di dalam perlombaan. Walau demikian usianya masih muda namun burung ini mempunyai harga lumayan tinggi. Kadang di taksir dengan harga kurang lebih 4 – 5 juta dan bergantung dari kemampuan serta kondisi fisik yang ia punya.

5. Cucak rowo anakan

Untuk cucak rowo anakan ini adalah pilihan yang terakhir untuk kalian yang mempunyai sedikit keterbatasan budget untuk membelinya burung yang sudah usianya mudah sampai dewasa. Jadi ya benar saja bahwa burung ini yang masih anakan 1 hingga 2 bulan cenderung murah dan harganya pun hanya menembus di kisaran 2,5 jutaan saja.

Baca Juga :   15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

Nah, mungkin itu dulu yang bisa penulis sampaikan mengenai habitat dan jenis burung cucak rowo kali ini. sekedar info tambahan bahwa burung cucak rowo ini bagian dari burung yang dilindungi serta langka. Sebab populasinya ini semakin menurun dari akibat eksploitasi besar-besaran, sedangkan untuk harga burung cucak rowo ini sekarang sudah menjadi sangat mahal. Semoga bermanfaat.

Baca juga: