12 Cara Budidaya dan Merawat Ikan Discus Bagi Pemula “Supaya Tetap Sehat”

Posted on
12 Cara Budidaya dan Merawat Ikan Discus Bagi Pemula “Supaya Tetap Sehat”
5 (100%) 1 vote[s]

12 Cara Merawat Ikan Discus Bagi Pemula “Supaya Tetap Sehat”

12 cara merawat ikan discus bagi pemula – ikan discus hias peliharaan ini mempunyai corak warna yang indah, anggun nan karismatik sehingga menarik perhatian peternak ikan. Ikan ini dianggap membutuhkan tingkat perawatan lebih khusus dibandingkan ikan yang ada di akuarium lainnya. Berikut ini 12 cara merawat ikan discus bagi pemula.

ara Budidaya dan Merawat Ikan Discus Bagi Pemula

Pada dasarnya persyaratannya ialah akuarium yang besar nan bersih airnya. Namun ikan ini tak cocok dengan ikan yang agresif. Maka dari itu simak ulasan dibawah ini :

1. Tersediannya perlengkapan yang diperlukan

Kondisi yang ada di dalam akuarium berpengaruh besar terhadap kesehatan ikan discus ini. Sehingga kalian harus menyediakan sejumlah perlengkapan yang diperlukan. Diantaranya heater.
Fungsi dari heater ialah menyediakan kondisi panas dalam air akuarium. Ketika suhu di dalam air ini dingin, maka kalian dapat memakai alat untuk mengatur suhu yang diperlukan oleh ikan discus hias ini. secara umum suhunya yang normal 27 s/d 32 derajat Celsius.

Baca Juga :   Cara Budidaya dan Perawatan Kuda Laut Hingga Panen

2. Suhu dan pH akuarium

Suhu akuarium ikan ini ialah 82 s/d 88 derajat F atau 28 s/d 31 derajat Celsius. Kalian harus memerhatikan suhu air ini bila lebih tinggi maka akan menurunkan oksigen di dalamnya.
Ideal pH ini kurang lebih 6,5. Jika pH air lebih 7/ bawahnya 6 maka ikan bisa mengalami stress. Jenis ikan hias ini dikenal berkembang dengan pH 7,8 namun harus ada sedikit perubahan. Kondisi air cenderung 1dh s/d 8dh.

3. Lindungi terhadap ammonia

Ikan discus hias sangat pekar pada kadar ammonia. Hal ini akan terlihat ada penurunan warna dan juga nafas berat jika ammonia ada sehingga perubahan air harus segera dilakukan.

4. Penggantian air di akuarium

Ikan peliharaan discus ini memerlukan air akuarium yang diganti sekurang-kurangnya 50% dalam seminggu untuk mengurangi nitrat serta mengisi mineral. Pada umumnya kombinasi ikan ini bersama akuarium yang sudah dipasang tangki menggunakan injeksi CO2 dengan menunjukkan pH rendah kurang lebih 6,8 sempurna guna ikan peliharaan discus hias. Ikan ini adalah jenis dari amazon sehingga merasa seperti rumah jika ditmabah tanaman batang.

5. Hiasan di akuarium

Kayu apung paling baik guna membantu ikan perliharaan ini merasa nyaman dirumah. Hal ini menambah keindahan pula akuarium dan melembutkan pul air dan menurunkan pH untuk lingkungan sesuai.

6. Penerangan dalam akuarium ikan peliharaan discus hias

Penerangan dalam akuarium menjadi faktor penting saat merawat ikan peliharaan discus hias. Maka berikanlah penerangan lumayan dalam akuarium ini. Selain bisa sebagai ikan discus yang sehat, penerangan ini sebagai memperindah ruangan dalam akuarium. Akan tetapi, penerangan ini harus diberikan suhu yang tepat untuk ikan hias discus.

Baca Juga :   Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias

7. Menjaga kebersihan air

Faktor penting yang berpengaruh terhadap kondisi ikan ialah keadaan air dalam ikan itu sendiri. Jika kalian jarang untuk mengganti air dalam akuarium maka ikan peliharaan discus ini akan mudah terjangkit penyakit. Sebab air nya ini kurang bersh pada bakteri jahat di dalamnya. Sehingga, kalian perlu selalu mengganti air dan menjaga kebersihan air ini dalam akuarium.

Secara umum, pergantian ini baik dilakukan semonggu dua kalian atau jika kalian terlalu sibuk maka kalian bisa menganggi membersihkan akuarium ikan duscus dengan seminggu sekali. Caranya ini mengganti air juga tak suliy sobat. Pergantiannya ini dilakukan secara bertahap.

8. Pakanan untuk ikan peliharaan discus hias

Memberikan pakanan yang paling baik untuk peliharaan discus hias kesayangan kalian sehingga bisa menghasilkan peliharaan discus hias yang sehat dan juga bisa tumbuh secara baik. Di alamnya, ikan ini tergolong ikan yang pemakan segalanya. Secara umum, pakana ikan yang diberikan ialah berbentuk lava serangga, cacing smapai buah-buahan. Pakanan ini dapat kalian terapkan guna menjaga daya tahan tubuh ikan.

9. Berilah pakanan yang alami

Pakanan alami ini ialah pakanan yang diambil secara lansung dari alam maupun telah tersedia dialam bebas dengan tidak mengolahnya lebih dulu. Pakanan ini diantaranya ialah :

  • Kutu air
  • Cacing tubifex
  • Infusoria dan rotifer
  • Jenting nyamuk
  • Blood worm atau cacing darah
  • Telur udang
  • Artemia

10. Saran pakan terbaik

Ikan peliharaan discus ini sifatnya adalah karnivora sehingga pakanan terbaiknya ialah dengan cacing darah, jantung sapi serta pellet. Jantung sapi paling baik bagi pakanan ikan discus ini. kelemahan dari jantung sapi ini bisa mencemari tangki. Sehingga pastikan untuk melakukan peliharaan rutin serta mematikan filter saat waktu yang lebih lama.
Untuk perwarnaannya ini kalian harus memberikan mereka pakan yang bervariatif dari olahan serta pakanan beku. Ika ini secara umum kurang suka dengan pakan di permukaan air.

Baca Juga :   Proses Pembenihan Ikan Komet Dengan Tingkat Keberhasilan 100%

11. Pakan buatan

Pakan buatan ialah pakan yang dibuat dari manusia. Pakan ini mudah diperoleh dan sangat mudah untuk dijual ditoko. Akan tetapi kurang bagus bagi peliharaan ikan sendiri. Sehingga, pakailah secukupnya saja dengan mengkombinasikan menggunakan pakan alami.

12. Hindarkan terhadap lalat

Waspadalah terhadap lalat, sebab mereka akan sering membawa parasite sehingga bisa menyebabkan ikan ini menjadi tak sehat.

Demikianlah 12 cara merawat ikan discus bagi pemula yang bisa dijadikan sumber pengetahuan kalian dirumah. Harus kalian ingat ya sobat bahwa ikan discus ini membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan ikan yang lainnya. sebab ikan ini tak cocok dengan ikan yang agresif lain. Semoga bermanfaat.

Baca juga: