5 Cara “Ampuh” Menjinakkan Tokek dan Mengenali Karakteristiknya Lengkap

Posted on
5 Cara “Ampuh” Menjinakkan Tokek dan Mengenali Karakteristiknya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menjinakkan Tokek Paling Mudah dan Cepat

Cara Menjinakkan Tokek – Tokek merupakan cicak besar yang termasuk jenis kadal dalam suku Gekkonidae. Hewan ini sering banyak dijumpai diperumahan karena hidupnya yang berada dilingkungan manusia. Tokek telah tersebar luas di Asia Selatan dan Asia Tenggara, ke utara hingga jepang dan korea. Sebagiaan orang menganggap bahwa tokek merupakan hewan yang menjijikkan atau menyeramkan. Akan tetapi terdapat juga komunitas yang beranggapan bahwa tokek adalah hewan yang menguntungkan untuk diperdagangkan. Seperti halnya hewan pada umumnya, tokek juga akan melindungi diri apabila ada musuh yang mengancam nyawanya.

Cara Menjinakkan Tokek Paling Mudah dan Cepat

Ketika posisi tokek dalam keadaan terdesak oleh musuh atau apapun, ia akan menggunakan giginya untk menggigit sebagai bentuk pertahanan diri. Sebagian orang berpendapat bahwa gigitan dari tokek ini sulit untuk dilepaskan tanpa membunuhnya. Nah, kebiasaan tokek inilah yang membuat sebagian orang tidak mau atau enggan untuk memeliharanya. Hal ini karena gigitan tokek sangat menyakitkan bahkan dapat membahayakan penghuni rumah lainnya. Akan tetapi, bagi mereka yang telah menyukai hewan yang satu ini sebagai bahan koleksi atau hanya untuk diperdagangkan memelihara tokek dapat dijadikan suatu peluang bisnis. Untuk mengantisipasi gigitan dari tokek tersbut yaitu dengan membuatnya lebih jinak.

Baca Juga :   9 Cara dan Tips Budidaya Ayam Pelung Yang Menguntungkan

Cara Menjinakkan Tokek

Tokek merupakan hewan yang memiliki sifat pemalu namun juga agresif apabila merasa terancam, ia juga gampang stress, tahan akan lapar dan cuaca, ia juga sulit untuk beradaptasi dengan cepat. Meskipun demikian tokek mempunyai naluri dan juga perasaan, yang artinya ia (tokek) tidak akan menggigit apabila pemilik memperlakukannya dengan baik. Berikut ini Cara Menjinakkan Tokek yang dapat anda lakukan agar ia merasa tenang dan tidak menggigit.

1.Siapkan Centong Nasi

Pertama yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan centong nasi yang telah dilengkapi dengan bambu atau kayu dipegangannya. Hal tersebut dilakukan ketika anda mengambil tokek menggunakan alat tersebut dapat lebih mudah dan tidak takut. Kemudian amati tokek yang ada diatas centong, apakah lidah tokek menjilat-jilat atau tidak. Jika menjilat maka dapat dikatakan bahwa tokek tersbut mudah untuk dijinakkan. Namun, apabila sebaliknya tokek di atas centong langsung menggigit atau mulutnya terus menganga, maka sudah dapat dipastikan tokek sangat galak dan bahkan sulit untuk dijinakkan. Jika ingin teteap menjinakkannya maka akan memakan waktu yang lama dan bahkan dapat memakan korban tangan.

2. pastikan Agar Tokek Tenang

Selanjutnya jika dipastikan tokek benar-benar tidak menggigit dan lebih tenang menikmati keadaannya di atas centong. Kemudian usap tengkuk tokek memakai ibu jari dari arah belakang kepala. Ingat! Jangan dari depan atau dari arah mulut tokek dan pastikan hanya sampai tengkuk tidak sampai menyentuh kepala. Tokek sangat agresif dan akan menjadi lebih sensitif apabila bagian kepalanya tersentuh oleh tangan atau benda asing lainnya. Lakukan usapan ini sebanyak 2 samapi 3 kali dalam sehari sehingga tokek lambat laut akan lebih mengenal pemiliknya.

Baca Juga :   10 Cara Merawat Burung Perkutut Agar Tetap Bagus Performanya

3. Mengelus Tengkuk Tokek

Tokek sangat suka dielus bagian tengkuk atau belakangnya. Setelah hal tersebut dapat anda lakukan, bantulah tokek untuk mandi. Anda dapat menyemprotkan air memakai alat penyemprot yang mengeluarkan embu. Sehingga air dapat memancar dari kepala sampai ekor tokek. Namun, ingat lakukan hal ini secara perlahan agar tokek tidak kaget dan tidak merasa terancam.

4. Menyuapi Tokek dengan Makanan Kesukaannya

Selain memberikan air untuk mandi, suapi tokek dengan makanan kesukaannya yaitu jangkrik atau belalang. Anda dapat menyuapi tokek dengan memakai lidi agar lebih cepat jinak serta dapat lebih mengenal pemiliknya yang telah memberi makan. Berikan makanan ini secara rutin dengan memotong lidinya setiap hari agar menjadi lebih pendek dan dekat dengan mulutnya. Jika anda telah berhasil menyuapi tokek dengan langsung memakai tangan tanpa memakai lidi, maka dapat dipastikan bahwa tokek anda telah jinak.

5. Membiarkan Tokek Mengenal Dunia Luar Kandang

Cara Menjinakkan Tokek selanjutnya, yaitu setelah dirasa jinak biarkan sesekali tokek merayap dilengan anda untuk dapat lebih mengenali dunia luar kandang. Lakukan hal ini pada siang hari, jika terlepas ambil kembali menggunakan centong.

Karakteristik Tokek dan Mitos Tentang Tokek

Tokek merupakan hewan nocturnal sehingga pada saat malam hari, ia akan lebih aktif. Untuk itu dalam menjinakkan tokek sebaiknya dilakukan pada siang hari agar tokek tidak lepas dan hilang. Saat ini banyak yang telah menggemari tokek jinak, selain untuk koleksi karna warna yang mengagumkan dapat juga dijadikan sebagai hewan yang dapat mendatangkan rejeki. Selain dapat mendatangkan rejeki karena harganya yang mahal, tokek juga memiliki mitos yang telah terkenal sejak zaman nenek moyang. Beberapa mitos tersebut yaitu; dapat meramalkan kejadian si penghuni rumah di masa depan; tokek dipercaya sebagai hewan pembawa hoki; tokek dengan berat 3 ons telah ada penunggunya, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Cara Suskes Ternak Lele Untuk Pemula, Perawatan Hingga Panen Melimpah

Beberapa mitos tersebut tergantung dari peikiran masing-masing, ada yang percaya dan ada juga yang tidak. Hal tersebut umumnya telah banyak beredar di kalangan masyarakat dari cerita nenek moyang yang telah diceritakan secara turun temurun. Akan tetapi benar atau tidaknya tergantung dari kepercayaan masing-masing. Wallahualam…

Nah, meskipun melakukan perawatan dan menjinakkan tokek seperti langkah diatas terlihat sangat mudah dan simple. Akan tetapi membutuhkan ketlatenan serta kedisiplinan dalam melakukannya. Sehingga bagi mereka yang tidak memiliki ketlatenan pastinya sulit untuk melakukan hal tersebut. Bahkan dapat juga malah membuat tokek menjadi lebih stress karena tekanan yang diberikan oleh pemiliknya. Maka dari itu, Cara Menjinakkan Tokek seperti langkah diatas semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi bagi anda yang membutuhkan.

Baca juga: