3 Manfaat Jagung Untuk Burung Kenari “Yang Belum anda Ketahui”

Posted on

Manfaat Jagung Untuk Burung Kenari

Manfaat Jagung untuk Burung Kenari – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicau. Burung Kenari juga termasuk salah satu burung kicau yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicau. Sebab, burung kenari memiliki keindahan dan kemerduan pada suara kicauannya. Selain dari suara kicauannya, warna bulu yang indah dan menarik dari burung kenari adalah alasan lainnya banyak yang memlihara burung ini.

Manfaat Jagung Untuk Burung Kenari

Mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, bahwa burung kenari mempunyai warna bulu yang berbeda-beda. Macam-macam warna burung kenari seperti warna kuning, hijau, putih, serta warna merah. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bisa mempunyai burung kenari dengan warna yang indah. Sebab, warna yang indah pada burung kenari akan sangat menarik untuk kita lihat dan membuat kita menjadi semakin bersemangat untuk merawatnya.

Burung Kenari yang sehat memiliki bulu-bulu yang tidak akan gampang rontok dan juga berkilau. Selain itu, bulu-bulu burung kenari akan terasa lembut saat dipegang. Hal ini menjadi salah satu kriteria banyak yang menyukai burung kicau yang satu ini. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang yang memelihara burung kenari pasti selain ingin membuat burung kicaunya ini pintar berkicau, juga menginginkan burung kicaunya mempunyai bulu-bulu yang sehat.

Sebenarnya, untuk perlu diketahui burung kenari tidak harus selalu diberikan pakan pokok. Tetapi juga disaat tertentu juga perlu diberikan pakan tambahan agar lebih variasi dan menjadikan burung kenari tidak merasa bosan dengan pakan yang dimakannya. Selain itu, burung kenari akan menjadi terbiasa dengan pakan-pakan tambahan. Misalnya seperti burung kenari yang selalu diberikan pakan biji-bijian sejak kecil, akan memiliki dampak negatif yaitu saat burung kenari dewasa dan diberikan pakan lainnya seperti sawi putih, telur puyuh, kroto, dan lain sebagainya, maka akan membuat burung kenari merasa aneh, bahkan sampai tidak mau makan, atau bisa jadi burung kenari akan menjadi stres

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air dan Mudah Perawatannya

Jagung adalah salah satu pakan tambahan, terutama jagung muda yang termasuk salah satu pakan favorit dari burung kenari. Jagung muda yang masih segar, masih lunak akan mudah dicerna, selain itu jagung muda juga cukup lezat. Apalagi kandungan zat gizi di dalam jagung muda sangat banyak sekali, mulai dari vitamin, mineral, zat anti oksidan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, jagung muda bagus untuk diberikan kepada burung kenari kesayangannya anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara singkat tentang Manfaat Jagung untuk Burung Kenari. Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasan di bawah ini :

A. Manfaat Jagung

1. Mempercantik Bulu Burung Kenari

Masih belum banyak yang mengetahu, ternyata jagung memiliki khasiat yang sangat besar, terutama adalah jagung muda. Salah satu khasiat dari jagung muda adalah untuk memperindah bulu-bulu burung kenari, agar tetap bisa berkilau cantik dan agar tidak mudah rontok. Perlu diketahui, bahwa jagung muda memiliki beberapa kandungan vitamin yang sangat bagus sekali apabila diberikan untuk burung yang pemakan biji-bijian.

Salah satunya adalah burung kenari dan burung paruh bengkok dengan jenis burung yang lainnya. Sebab, jagung muda memberikan manfaat yang cukup besar untuk bagi burung kenari, untuk itu anda bisa memberikan jagung muda untuk dijadikan sebagai pilihan rutin makanan tambahan untuk burung kenari Anda.
Tujuan diberikannya jagung muda ini, agar burung kenari anda bisa selalu tampil secara memukau dengan hiasan bulu-bulu yang terlihat cantik dan juga terawat.

2. Memperlancar Pencernaan

Tak hanya sebagai penyehat bulu, manfaat jagung muda bagi burung kenari juga mempunyai khasiat untuk memperlancar pencernaan. Seperti halnya makhluk hidup pada umumnya, pencernaan yang lancar adalah sebagai tanda-tanda dari burung yang sehat.
Burung kenari yang sehat juga merupakan burung yang memiliki kondisi pencernaan yang teratur. Jagung muda memang banyak terdapat kandungan mineral. Oleh karena itu, jagung muda sangatlah baik untuk memperlancar pencernaan dari burung kenari.

Baca Juga :   Burung Pipit - Habitat, Jenis, Manfaat dan Cara Merawatnya Lengkap

3. Mempercantik Mata Burung Kenari

Selain memiliki banyak kandungan mineral, jagung muda juga kaya akan kandungan kalori dan juga vitamin. Berbagai macam kandungan yang terdapat pada jagung muda, juga dapat bermanfaat untuk menjaga kenari agar bisa mempunyai mata yang sehat.

Dengan secara rutin memberikan makanan tambahan jagung muda, maka burung kenari akan mempunyai mata yang tajam dan juga terlihat cantik. Manfaat yang lainnya dari jagung muda adalah bisa mencegah ternjadinya anemia pada burung kenari.

Jika burung kenari memiliki mata yang sehat, tidak anemia serta keadaan pencernaan yang lancar, maka bisa membuat burung kenari tampil dengan prima. Pakan tambahan seperti jagung muda ini memang pas sekali bila anda ingin mempunyai kenari sehat luar serta dalam.

B. Cara Pemberian Jagung Untuk Burung Kenari

Untuk memberikan pakan tambahan berupa jagung muda, caranya sangat gampang. Anda bisa menggunakan cara dengan menggantung jagung muda pada pengait sangkar secara langsung.
Tetapi, apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, jagung muda terlebih dahulu perlu disayat-sayat, agar kenari atau jenis burung paruh bengkok bisa dengan mudah untuk mengkonsumsinya.

Demikianlah ulasan singkat tentang Manfaat Jagung untuk Burung Kenari. Semoga ulasan ini bisa menjadi panduan serta membantu Anda para pecinta burung kicau seperti kenari untuk merawat burung kicau kesayangan Anda. Agar bisa memiliki bulu yang cantik dan halus sesuai keinginan Anda dan mempunyai burung kenari yang sehat. Terima kasih.

Baca juga: