Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Posted on

Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Tips merawat burung jalak suren supaya gacor – jalak suren terkena sebab dapat menirukan suara apa saja, terutama manusia. Jalak suren ialah jenis burung jenis galak. Burung ini lumayan banyak, misalnya jalak bali, jalak kerbau, jalak putih, jalak suren dll. Bagi yang masih pemula, berikut ini ada sejumlah Tips merawat burung jalak suren supaya gacor.

Jalak suren ini memang burung yang termasuk aktif, dan sekaligus penting. Ketika kalian mempunyai burung ini dan masih pemula untuk menjalaninya maka biarkan jalak ini beradaptasi lebih dulu di tempat barunya. Cara ini dijalankan bila kalian baru membeli jalak duren baru. Bila kalian sebelumnya mempunyai burung kicau lain maka jangan biarkan mereka bersandingan. Kalian taruh yang lumayan jaug terhadap burung kicau lain.

Upayakan ada di tempat tenang. Proses adaptasi tersbeut penting sekali supaya jalak suren dapat mengenal tempat barunya yakni rumah kalian. Contoh proses ini penting sekali untuk jalak suren bsia mengenali tempat barunya yakni rumah kalian.

Sebab biasnaya jalak ini liar bia diberikan waktu adaptasi. Dengan begitu maka ia tdiak bisa mengeluarkan bunyinya. Makanya luangkan waktu beberapa hari bagi jalak suren adaptasi. Selama proses tersebut, kalian perlu sering menghampirinya.
Jalak suren mempunyai metode yang lumayan sulit. Kalian perlu hati-hati supaya burung ini tidak mudah mati dan dapat bertahan dengan lebih lama. Pastinya menjadi penangkar pemula ini harus mempunyai banyak informasi dan pengetahuan.

Baca Juga :   Tetes Tebu: Pengertian Dan Manfaat Molase (Mol)

1. Perhatikan kebersihan kandang serta ukurannya

Ukuran baik kandang jalak suren ini harus besar, bisa pula yang sedang juga. Tujuannya ialah untuk membuat jalak suren ini bisa nyaman sebab ia leluasa dalam bergerak. Selain tersebut, kebersihan dari kandang pun perlu diperhatikan, terutama kotorannya. Kotoran menjamur ini tidak baik sekali untuk burung. Ta hanya kandang, perhatikan pula di bagian tempat mandinya, tempat minumnya, tempat makannya dll.

2. Penjinakkan

Setiap burung yang ditangkar wajib dijinakkan. Metodenya menjinakan ini sebetulnya lumayan banyak, diantaranya dengan membiasakan dekat bersama manusia. Untuk bakalan pastinya metode tersebut harus dilalui, akan tetapi beda halnya bila memang dirawat terhadap anakan. Bila sudah terbilang jinak, maka mudah merawatnya.

3. Proses memandikan

Bila dirasa proses penganginan ini cukup, selanjutnya memandikan jalak suren. Proses memandikannya sebetulnya ditentukan bagaimana selera kalian dan sifatnya burung kalian. Memandikan jalak suren terdapat 3 metode yakni menggunakan keramba, menggunakan cepuk serta menggunakan semprotan.
Sarannya untuk melatih disiplin si burung jalak suren mandi sendiri. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan berfikir, cara tersebut terbilang dapat membuat burung menjadi lebih kuat. Di samping itu, kalian dapat memandikannya dengan menyemprotkan memakai tangan.

4. Penjemuran jangan dibiarkan lama

Bila sudah mandi, kemudian saatnya menjemurkan jalak suren. Proses tersebut ada baiknya dijalankan selama 1-2 jam saja dan jangan melakukan penjemuran diatas jam 10 siang. Menjemur terlalu lama ini di terik matahari menyengat dapat memberikan efek fatal bagi kesehatan burung.

5. Pemberian makanan

Bila tidak makan, maka burung tidak akan bisa hidup. Sekedar diberikan makan juga tidak menjamin kesehatan jalak, bahkan burung sekelas jalak suren yang mempunyai suara unik. Jalak suren senang bila diberikan buah maupun sayuran, selain itu juga biji-bijian.

Baca Juga :   7 Cara dan Manfaat Pembudidayaan Rumput Laut di Indonesia

6. Pemberian extra fooding

Pemberian EF ini bagi jalak suren pun penting sekali. Coba kalian sering memberikan jangkrik, belalang, ulat hongkong, cacing, dll.

7. Setting harian baik

Settingan harian ini sebetulnya banyak, kalian bisa mencoba mencari tau yang sudah ahli. Hal penting ini bagaimana kalian bisa mencocokkan sifat burung. Coba setiap pagi diterapkan memandikan dan menjemur. Untuk proses mandi ini dapat dijalankan dengan menyemprot hingga basah dan dilakukan penganginan bila sudah dijemur. Pastinya jangan lupa memberikan EF, multifitamin dll.

8. Pemberian multivitamin

Vitamin penting sekali untuk kesehatan tubuh burung. Vitamin pun bisa membuat jalak suren bisa gacor dan bisa mengatasi bila burung terjangkit penyakit.

9. Pemasteran

Proses tersebut dapat dilakukan dengan mendengarkan lagu master benar benar cocok bagi jalak suren supaya memperoleh hasil bagus. Metode ini dapat dijalankan dengan menggunakan mp3 player yang isinya master maupun langsung dengan mendengarkan suara master burung lain.
Jalankan pemasteran ini ketika beristirahat. Coba dengarkan suara master muali jam 6 hingga esok harinya dikrodong. Pemasteran ini efektif di masa mabung jalak suren.

10. Pengkrodongan

Jalankan ketika memaster maupun sedang istirahat di malam hari burung jalak suren. Misalnya jam 6 sore dilakukan pengkrodongan dan dapat disertakan menggunakan pemasteran hingga esok hari.

11. Pemahaman karakter

Faktor jalak suren ini mau tampil dengan maksimal ialah pada lapagan maupun perlombaan yakni sang pemilik tau burung itu sendiri.

12. Hindarkanlah faktor pengganggu

Jangan ada faktro pengganggu yang bisa mengganggu ketenangan burung jalak suren kalian. Faktor pengganggu ini bisa mengakibatkan jalak suren bisa stress. Misalnya kucing maupun hewan buas lain.

Itu dia sobat mengenai Tips merawat burung jalak suren supaya gacor. Hal penting selain tios diatas tadi ialah tetap memperhatikan mental jalak suren. Mental yang buruk dpaat merusak kesehatannya, apalagi mempengaruhi dengan permanen. Bahkan bila jalak suren sedang di masa giras maupun belum jinak. Rawatlah burung jalak kalian sejak dini supaya saat dewasa pun bsia mudah. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Padi Sawah Agar Panen Melimpah

Baca juga:

Cara Memilih Bibit Jangkrik Yang Baik

Cara Menanam Cabe Hidroponik Dengan Media Air