Tips Memilih Burung Jalak Suren Yang Bagus

Posted on

Tips Memilih Burung Jalak Suren Yang Bagus

Tips memilih burung jalak suren yang bagus – jalak suren adalah spesies burung jalak yang diminati pecinta burung. Sama halnya dengan jalak lain, jenis ini terkenal sebab kicauannya merdu. Namun, burung jalak suren mempunyai kicauan yang cenderung berdiri dibandingkan jalak lain. Maka tak heran bila banyak pecinta burung memilih jalak suren dipelihara. Lantas bagaimana caranya memilih burung ini yang bagus? Berikut penulis jelaskan mengenai Tips memilih burung jalak suren yang bagus.

Mengenai pemilihan burung ini sendiri sudah jadi hobi banyak orang. Burung ini dipelihara bukan hanya dinikmati kicauannya, namun perlu dilatih supaya dapat berkicau merdu untuk dilombakan. Bagi kalian yang akan mmembeli jalak suren dipelihara rumah, berikut ini sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan.

1. Perhatikan fisik

Dalam memilih burung, hal pertama yang perlu kalian lihat ialah ciri fisik bentuk tubuhnya. Burung jalak suren berkualitas baik kadang memiliki tubuh bentuknya bulat memanjang/ ramping memanjang. Kemudian jika kalian membeli jalak suren yang jantan, kalian pilih bentuknya bulat memanjang. Jalak suren betina kadang lebih berstruktur pendek dan bulat.

Disisi lain, kalian pun perlu memilih burung jalak yang posturnya tegap. Terlebih dulu sebelum membeli, kalian amati burung saat berdiri tegap dan kkainya mencengkram tenggeran burung secara kuat. Pastikan pula bahwa burung ini terlihat aktif. Jalankan tes sederhana dengan memberinya pakan. Burung jalak suren baik bisa langsung menyambar pakan ini maupun cekatan supaya tak keduluan burung lainya.

Baca Juga :   Jenis Pakan Hijau Untuk Kambing

2. Perhatikan kicauannya

Jika kalian akan membeli jalak suren, maka luangkan waktu sedikit untuk mendengarkannya. Kalian pilih jalak suren aktif berkicau serta lincah. Selain tersebut, suaranya ini pun dominan dipegang saat sedang dipegang. Adapun ciri jalak suren yang berkualitas yakni sering berkicau saat akan dipegang dan waktu dipegang. Ia menandakan bahwa burung ini aktif dna tak mudah grogi.

3. Perhatikan paruhnya

Selain dengan melihat bentuk tubuh dan mendengarkan kicauannya, melihat paruh jalak ini pun penting dilakukan bagi siapa saja kalian yang akan membeli burung jalak suren. Amatilah bagian paruhnya supaya dapat menentukan jalak suren bagus dan kalian pilih sesuai kemauan kalian. Adapun tips dalam memilih yang bagus ini berdasarkan paruhnya, yaitu :

• Jalak suren yang memiliki paruh bengkok serta tipis ialah tipe jalak suren senang berkicau dan suaranya cukup nyaring.
• Jalak suren yang paruhnya tebal serta sedikit pendek adalah untuk tipe jalak suren pintar mengoceh.
• Jalak suren yang paruhnya panjang ialah tipe burung jalak yang cerewet maupun rajin berkicau bergaya memompa.

4. Perhatikanlah di bagian matanya

Amatilah di bagian mata burung jalak suren ini sebelum kalian membelinya. Kalian pilih jalak suren yang memiliki mata besar. Selain tersebut, kalian pilih burung yang matanya melotot namun mempunyai pandangan mata lumayan tajam. Burung jalak suren ini cirinya mata kadang sigap dan cenderung aktif.

5. Perhatikanlah bagian bulu sayapnya

Saat akan membeli jalak suren, maka jangan lupa untuk memastikan lebih dulu bahwa kalian memegangnya serta melihat di bagian sayapnya kalian pilih burung jalak suren yang sayapnya ini mengapit maupun terjepit. Selain tersebut jangan lupa untuk memilih jalak suren yang bagian bulu sayapnya tak jatuh. Bulu sayap jatuh maupun terjulur di bawah adalah sebuah tanda bahwa jalak suren ini sedang dalam keadaan tak stabil maupun sakit.

Baca Juga :   Pertanian Organik Di Indonesia - Pengertian, Tujuan, Keuntungan Dan Metodenya Terlengkap

6. Melihat kebersihan dari tubuhnya

Ketika kalian memilih jalak suren maka jangan lupa untuk melihat dari segi tubuhnya. Kalian pilih jalak suren berbulu bersih serta mengkilap serta tidak kumel. Selain tersebut, bulu jalak suren ini dominan rapun pula bisa menjadi poin penting dalam memilih burung jalak suren yang bagus. Ciri tersebut sebagai ciri bahwa jalak suren ini dalam kondisi sehat nan baik.

7. Perhatikan ekornya

Burung jalak suren bagus ini secara umum akan mempunyai ekor yang panjang. Selain tersebut bentuk dari ekornya pun bsia lebih melebar saat dia mengembangkan ekor.

8. Pastikan jenisnya ini sesuai keinginan

Pastinya burung jalak yang kalian pilih ini nanti sesuai keinginan. Bila kalian menginginkan yang jantan maka pastinya benar benar burung jalak suren jantan. Begitu pula bila kalian ingin jalak suren yang betina, maka astikan sudah sesuai dengan keinginan kalian.

9. Pastikan jenis kelamin jalak suren

Bila akan membeli jalak suren yang tidak ingin di ternak hendaknya menentukan jenis kelaminnya sebelum dibeli. Sejumlah orang menyatakan bahwa jalak suren jantan kadang mempunyai kicau lebih nyaring dibandingkan betina.
Jalak suren betina ini kerap berkicau dengan suara variatif dan bertenaga mirip jantan. Nah, tinggal kalian memutuskan untuk memilih yang burung betina apa jantan.

Bila kalian sudah menentukan jalak suren yang kalian inginkan, kemudian pelajarilah cara merawatnya. Jalak ini dibeli dalam keadaan baik dan mudah dirawat. Secara fisiknya mantap serta meyakinakn maka kalian lebih percaya diri untuk dilombakan.. bahkan bila kalian rajin melatihnya bisa berkicau jalak suren bsia makin memikat.

Demikianlah tadi mengenai Tips memilih burung jalak suren yang bagus. Mempuyai burung yang berkicau merdu nan lincah aktif dalam bergerak merupakan dambaan setiap pecinta burung. Burung jalak suren ini burung yang banyak diminati orang banyak. Maka dengan beberapa tips memilih diatas tadi bisa menjadi salah satu referensi supaya tidak tertipu si penjual untuk memperoleh burung dengan kualitas bagus. Terima kasih.

Baca Juga :   Mitos Memelihara Burung Kutilang Emas

Baca juga:

Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Cara Memilih Bibit Jangkrik Yang Baik