15 Cara Menanam Dan Merawat Rumput Gajah Beserta Langkahnya Lengkap

Posted on
15 Cara Menanam Dan Merawat Rumput Gajah Beserta Langkahnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Penanaman Dan Perawatan Rumput Gajah Mini Paling Mudah

Rumput gajah mini – rumput gajah mini merupakan salah satu variasi rumput hias mnjadi pemanis tanaman kalian. Supaya rumput gajah yang mini ini yang ditanam dapat tumbuh dengan segar dan hijau, maka sudah pasti kita harus tahu jenis tanah guna menanam rumput gajah mini. Keadaan tanah ini yang cocok pastinya akan memberi pengaruh untuk kesuburan rumput hias kita.

15 Cara Menanam Dan Merawat Rumput Gajah Beserta Langkahnya Lengkap

Rumput gajah mini kini sedang naik daun dalam dunia desain eksterior rumah, terutama digunakan guna menghias taman rumah minimalis. Bernama gajah mini sebab ukuran daunnya ini memang lebih besar serta lebar bila dibandingkan rumput hias yang lain misalnya rumput jepang. Akan tetapi, keistimewaan dari rumput gaja mini ini perawatannya mudah dan harganya lebih terjangkau.

Bila kalian berminat menempatkan gaja mini untuk taman rumah kalian, maka kalian pun harus paham langkah-langkah dari menanam rumput gajah mini, terutama jenis tanah yang cocok guna menanam rumput hias ini. Berikut kalian ikuti langkah ini supaya bisa menyiapkan lahan yang paling baik menjadi media tanam dari rumput gajah mini.

Jenis Tanah Untuk Menanam ( Rumput Gajah Mini )

Dalam tahap untuk penanaman rumput gajah mini ini tak membutuhkan jenis tanah khusus atau spesifik. Kalian hanya bisa memanfaatkan tanah yang berada di taman kalian untuk ditanami rumput hias tersebut.

Baca Juga :   12 Cara Mudah Menanam Kacang Tanah Hingga Panen "Berbuah Banyak"

1. Tanah ultisol

Rumput gajah mini paling suka dengan jenis tanah utisol atau dikenal dengan tanah yang mempunyai kandungan humus tinggi, oleh karena itu maka pemberian dari pupuk majemi saat masa awal penanaman paling disarankan. Kalian bisa menaburkan maupun mencampurkan pupuk dalam lahan kebun ketikan penanaman dimulai.

2. Tanah berpasir

Tak banyak yang tahu memang bila rumput gajah mini ini bisa tumbuh dengan paling subur pada tanah yang berpasir. Supaya hasil tanam kalian ini bagus dan rumputnya gajah mini tersebut terlihat segar, maka kalian bisa mencampurkan media tanam menggunakan tanah yang berpasir. Perbandingan ini antara 2:1. Hal ini bertujuan supaya tanah kalian sifatnya porous dan rumput gajah mini kalian dapat tumbuh dengan mudah dan alami.

3. Tanah gembur

Sebelum kalian menanam rumput gajah mini, maka pastikan tanah dalam kebun maupun taman kalian dalam kondisi gembur maupun siap untuk ditanami. Cara untuk menggemburkan tanah ialah dengan kalian mencangkulnya sampai lapisannya bagian dalamnya terbalik dengan kedalaman yakni 20 cm. Lakukan ini di permukaan media tanam yang lebih empuk. Sesudah itu kalian ratakan kembali tanahnya.
Supaya rumput gajah mini kalian bisa tumbuh dengan maksimal serta hijau berseri maka simak tips menanam rumput hias ini sebagai berikut :

Langkah Menanam Rumput Gajah Mini

  1. Olahlah lebih dulu tanah yang ada di rumah maupun lahan yang nantinya akan ditanami rumput gajah mini. Seperti yang sudah kami sampaikan diatas tadi, bahwa rumput gajah mini dapat tumbuh dengan subur di tanah yang gembur yang sudah dioleh lebih dulu. Bila halaman rumah kalian ini terlalu gesang maka kalian bisa menambahkan lebih duluu pupuk seperti kompos maupun kandang dan bisa pula dengan kalian membeli tanah di toko pertanian untuk pengganti dari media tanam yang sudah rusak itu tadi. Tanah yang biasa digunakan untuk menguruk ialah jenis tanah merah maupun yang dikenal dengan tanah lasol.
  2. Upayakan penanaman dari rumput gajah mini kalian ini dilakukan ketika musim hujan, sebab sama dengan rumput hias yang lain, rumput gajah mini ini membutuhkan pasokan air yang lumayan banyak, utamanya di awal penanaman.
  3. Sobek – sobek maupun potong rumput gajah mini ini dengan berukuran kurang lebih 3 – 5 cm per bagiannya.
  4. Tanam rumput gajah mini ini sampai akarnya kalian tertutup tanah serta tanamlah dengan sebuah pola zig zag supaya pertumbuhan rumput hias kalian bisa maksimal.
  5. Benamkan maupun pukul secara pelan-pelan rumput gajah mini supaya akar bisa melekat degan kuat di tanah, jadi saat dilakukan penyiraman maka rumput gajah mini ini tidak tergerus oleh erosi.
  6. Eupaya nantinya rumput gajah mini kalian bisa tumbuh di ppermukaan yang rata maka kalian bisa menindihnya menggunakan balok kayu. Lalu angkatlah balok ini saat proses penanamn selesai.
  7. Tambahkan pula pupuk mislanya urea maupun NPK selang waktu 2 minggu sesudah penanaman. Dengan kalian memberikan pupuk tersebut harapannya bisa merangsang pertumbuhan pad arumput gajah mini.
  8. Pada waktu awal tanam, maka siramilah rumput kalian dengan rutin minimal selama 2 kali sehari di waktu pagi dan juga sore hari. Lalu tingkatkan intensitas penanaman bila udara ini terasa terik.
Baca Juga :   11 Cara Mudah Menanam Bonsai Untuk Pemula

Tips Perawatan Rumput Gajah Mini

Sesudah dilakukan penanaman kemudian kalian perlu tahu cara merawatnya dengan baik, yakni dengan :

  1. Tempatkanlah rumput di lahan yang mudah terkena sinar matahari langsung.
  2. Perhatikan pertumbuhan dari gulma sekitar rumput gajah mini kalian sehingga tak mengganggu.
  3. Hindarkan untuk menginjak rumput gajah mini dari para pejalan kaki yang lewat.

Nah, itu dia ya sobat tips penanaman dan perawatan rumput gajah mini. Baik penanaman atau perawatan dari rumput gajah mini memang paling mudah, pengetahuan tentang jenis tanah guna menanam rumput gaja mini ini akan sangat membantu kalian dalam memperoleh rumput hias yang segar nan indah untuk dipandang. Terima kasih.

Baca juga: