13 Gejala Dehidrasi Pada Anjing yang Wajib Diketahui

Posted on

13 Gejala Dehidrasi Pada Anjing yang Wajib Diketahui

13 Gejala Dehidrasi Pada Anjing yang Wajib Diketahui – layaknya hewan lain, ternyata anjing juga bisa mengalami dehidrasi. Kondisi ini merupakan kondisi dimana cairan yang masuk pada anjing lebih sedikit dibandingkan cairan yang dikeluarkannya. Kondisi ini di tandai dengan tubuh anjing yang melemah. Bagi anda yang memelihara anjing, perlu tahu 13 Gejala Dehidrasi Pada Anjing yang Wajib Diketahui berikut ini. Tujuannya supaya anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk pertolongan pertama.

13 Gejala Dehidrasi Pada Anjing yang Wajib Diketahui

1. Gelisah

Kondisi pertama bisa ditandai dengan anjing yang gelisah. Anjing mempunyai naluri layaknya makluk hidup lain yakni dapat merasakan lapar ataupun haus. Saat anjing merasa haus, maka hal yang jelas terlihat ialah kegelisahan. Pada kondisi ini anjing akan berusaha memakai tenaganya mencari air mondar mandir sampai memperoleh air.

2. Ekspresi Wajah Cemas

Jika dia sudah berusaha dan tak menemukan air, serta kegelisahannya tak di ketahui pemiliknya, maka ekspresi wajahnya menjadi cemas. Bahkan kadang anjing juga menjilati bibirnya berulang ulang seperti makhluk lain yang haus.

Baca Juga :   Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur

3. Menyandarkan Hidung di Tempat Air

Bila anjing tersebut ada di kandangnya, biasanya jika dia haus akan terus memandang tempat minumnya serta menyandarkan hidung di atas tempat minumnya. Tahukah anda jika itu tandanya anjing sedang haus.

4. Kulit Kurang Elastis

Kecukupan asupan air bisa dilihat dari kulitnya. Sebagian besar asupan tubuh adalah air termasuk anjing juga. Bila anjing kekurangan air, salah satu tandanya ialah kulit yang kurang elastis. Bila dicubit dengan ringan, tak mampu kembali pada bentuk semula.

Pada anjing, anda bisa cek kulit bagian tengkuk. Tengkuk adalah kulit longgar di atas bahu (tepatnya di belakang leher). Sehingga pegang kulit tengkuk perlahan lalu angkat hingga dua inci ke arah vertikal (cubit secara ringan), lalu lepas dengan perlahan.
Bila kulit punya cairan cukup, pasti akan kembali semula. Namun bila perlu waktu untuk kembali semula, tandanya anjing mengalami dehidrasi.

5. Gusi Kering

Kondisi gusi yang sehat dapat ditandai oleh warna gusi mengkilat serta terlihat lembab. Jadi, anjing yang mengalami dehidrasi gusinya terlihat kering serta lekat. Karena liur yang dihasilkan oleh anjing sangat sedikit dan tak dapat melembabkan gusinya. Kondisi ini membuat anjing tak nyaman sehingga hanya bisa bersuara pelan.

6. Urin Pekat

Anda juga bisa melihat gejala dehidrasi pada tingkat kepekatan urin anjing. Karena urin yang pekat merupakan gejala dehidrasi pada anjing. Anda dapat mengeceknya saat anjing buang air. Bila urin anjing kurang cair, sebaiknya tambahkan suplai minum secukupnya.

7. Kondisi Tubuh Lemah

Jika makhluk mengalami dehidrasi salah satu tandanya ialah tubuh yang lemah. Dehidrasi bisa berdampak pada semua organ tubuhnya. Karena seluruh organ tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi secara maksimal. Anjing yang dehidrasi dapat ditandai dengan kondisi tubuh yang lemah karena organ tubuhnya tak punya kekuatan penuh untuk menjalankan tugas.

Baca Juga :   Budidaya Udang Di Keramba Jaring Apung Untuk Pemula

8. Hidung Kering

Biasanya ujung hidung anjing kondisinya lembab serta berwarna kemerahan. Pada anjing yang dehidrasi membuat hidungnya tampak kering jika disentuh warnanya agak pucat.

9. Kedua Bola Mata dan Kelopak Mata Pucat

Jenis dehidrasi yang ditandai dengan bola mata atau kelopak mata pucat adalah hal wajar. Jika anjing anda mengalami hal ini, maka segera beri asupan cairan. Biasanya seseorang mengira anjing yang mengalami hal ini adalah anjing yang sakit. Oleh sebab itu, jangan salah duga ya, langsung beri air supaya dehidrasinya terobati.

10. Wajah Pucat

Wajah pucat juga termasuk tanda dehidrasi. Selain itu, aktifitas fisik anjing pun akan melemah. Sehingga anjing lebih banyak diam karena merasa tubuhnya sangat lemas. Untuk itu, jika anjing anda wajahnya pucat, anda bisa langsung memberinya minum.

11. Mulut Kering dan Lidah Sedikit Menjulur Keluar

Hal yang wajar terlihat jika anjing mengalami dehidrasi ialah mulut yang kering. Biasanya lidahnya akan keluar dengan nafas tersengal sengal. Kondisi ini membuat anjing merasa putus asa karena dehidrasi. Anjing sangat lemah serta tak punya kekuatan bergerak untuk mencari sumber air.
Anjing juga tak mau makan karena tenggorokan anjing terasa kering serta mulut anjing juga terasa kaku. Keadaan ini sangat jelas menandakan jika anjing kekurangan air, hal ini bisa menimbulkan kematian jika sangat parah.

12. Tidak Mampu Menggerakkan Anggota Tubuh

Dampak kekurangan air juga bisa membuat organ organ atau sel pada tubuh anjing tak dapat bekerja lagi. Sehingga tubuh anjing mulai melemas serta tak mampu meggerakkan tubuhnya. Biasanya anjing ini akan diam saja saat disentuh tampak tertidur lemas sebab tak mampu membuka matanya.

Baca Juga :   Bambu Hias Untuk Pagar dan Desainnya Terbaru

13. Tidak Mau Minum

Bila anjing terlanjur mengalami dehidrasi, maka gejalanya ialah dia tak mau minum. Minuman yang anda berikan pun tak mampu menyembuhkan dehidrasi yang di alami si anjing. Jika hal ini sampai di alami oleh anjing, sebaiknya konsultasikan pada dokter hewan. Terkadang anjing membutuhkan cairan melalui infus supaya fungsi organ tubuhnya normal kembali dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, itulah ke 13 Gejala Dehidrasi Pada Anjing yang Wajib Diketahui. Ada banyak tanda jika anjing mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya anda menyediakan minuman untuk anjing secara rutin. Supaya hal tersebut tidak di alami oleh anjing atau hewan peliharaan anda. Cuci juga tempat air yang anda gunakan secara rutin agar anjing tidak malas untuk minum yang bisa membuatnya dehidrasi. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Merawat Bunga Aglaonema Agar Subur dan Menawan

Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah dan Selalu Merekah