5 Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia

Posted on

5 Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia

5 Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia – Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara karena memberikan banyak manfaat, seperti telur, daging, susu, dan bulu. Kegiatan pada sektor ekonomi jenis sumber daya alam hayati yaitu sektor peternakan yang memanfaatkan salah satu jenis sumber daya alam biotik, yaitu hewan. Sistem peternakan yang diupayakan penduduk di Indonesia pada umumnya merupakan usaha sampingan selain mata pencaharian utama, yaitu pertanian.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai 5 Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia, tetapi sebelumnya ada baiknya jika kita mengetahui dulu tentang peternakan.

Jenis Peternakan

Berdasarkan jenis hewan yang diternakan, peternakan dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan hewan unggas.

a. Peternakan Hewan Besar

Peternakan hewan besar adalah peternakan yang membudidayakan hewan-hewan bertubuh besar, seperti sapi, kuda, dan kerbau. Ternak hewan bertubuh besar dapat diambil manfaatnya dalam bentuk susu, daging, kulit, dan tenaganya sebagai alat transportasi. Selain hal tersebut, kotorannya juga dapat digunakan untuk pupuk alamiah yang diperlukan dalam usaha pertanian dan perkebunan.

Baca Juga :   6 Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air "Paling Mudah"

b. Peternakan Hewan Kecil

Peternakan hewan kecil adalah peternakan yang membudidayakan hewan-hewan bertubuh kecil, seperti babi, kambing, domba, kelinci, dan lainnya. Manfaat dari beternak hewan-hewan kecil tersebut adalah untuk diambil susu, daging, dan kulitnya.

c. Peternakan Hewan Unggas

Ada beberapa hewan unggas yang sekarang ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat, seperti contohnya : Ayam, bebek, angsa, itik, dan puyuh. Manfaat beternak hewan-hewan unggas adalah untuk diambil daging, telur, bulu, atau sebagai penghibur untuk dinikmati suara atau keindahannya.

Cara Pemeliharan Hewan

Hal-hal penting mengenai hewan ternak perlu dipahami, terutama dalam hal ini ialah masyarakat meliputi pelaku usaha, pedagang hewan ternak dan produk-produknya, distributor, serta pengusaha rumah pemotongan hewan/unggas. Cara pemeliharaan hewan antara lain:

  • Memberi makanan yang sehat.
  • Menjaga kebersihan tubuh hewan.
  • Membuat kandang yang bersih dan nyaman.
  • Bersihkan kandang secara teratur.
  • Biarkan sinar matahari masuk ke dalam kandang.
  • Berikan vaksin secara teratur.
  • kandang dibuat dengan luas yang cukup.
  • Pemeriksaan kesehataan secara berkala.

Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia

Tanah subur yang mampu menerima air dan menumbuhkan makanan, maka orang lain bisa mengambil manfaat dan juga dapat memberi makan bagi hewan ternak mereka. Alasan dipeliharanya hewan ternak adalah hewan ternak memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia.

Peranan Ternak Dibidang Pertanian

Selain sebagai sumber protein dan kalori yang cukup tinggi ternak dimanfaatkan oleh masyarakat pada negara maju untuk dimanfaatkan dalam bidang pertanian antara lain sebagai sumber tenaga kerja, pupuk, tabungan serta meminimalisir resiko dalam kegiatan usaha tani.

1. Ternak Sebagai Sumber Tenaga Kerja

Inovasi pertanian yang cukup banyak menaikkan kapasitas produksi pangan yaitu digunakannya hewan untuk mengolah tanah atau membajak. Hal ini telah berlangsung setelah digunakannya irigasi sejak tahun 3000 SM, kemajuan baru ini telah memungkinkan penggunaan bagian makanan kasar atau roughage dalam bentuk energi yang tidak dapat dicerna oleh manusia, akan tetapi bisa dicerna oleh hewan menjadi produk ternak yang kemudian dapat dimakan oleh manusia.

Baca Juga :   7 Cara Bercocok Tanam - Jenis dan Manfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

2. Ternak Penghasil Pupuk

Selain manfaat ekonomis sebagai tenaga kerja ternak juga memiliki manfaat lain terutama pada ternak yang berukuran besar untuk dapat menghasilkan pupuk yang sangat berguna bagi pertanian.
Dilaporkan dari 2,8 juta ekor kerbau yang ada di Indonesia saja dapat menghasilkan 4.305.000 ton/hari yang dapat dimanfaatkan untuk memupuk 340.000 Ha tanah pertanian dan meningkatkan produksi pangan kurang lebih 30% itupun belum termasuk dari 7 juta ekor sapi dan kuda yang ada.

Peranan Ternak Lainnya Bagi Manusia

Selain pentingnya ternak untuk dapat dikonsumsi bagian daging, susu dan telur, masih ada sejumlah fungsi lain yang juga memiliki peranan ekonomis untuk peningkatan pendapatan atau tabungan seperti diolah pada bagian kulit setelah dimasak, tepung tulang, bahan industri, bahkan untuk obat-obatan, ternak percobaan, sebagai hiburan atau hobi (fancy breeding), fungsi sosial budaya seperti untuk korban, dan bahan perlengkapan perkawinan.

1. Ternak Sebagai Tambahan Penghasilan atau Tabungan

Adanya kemampuan pada ternak untuk dapat merubah rumput dan limbah pertanian menjadi daging, susu dan tenaga, maka nilai tambah yang dihasilkan ternak juga dapat menjadi sumber pendapatan dan tabungan bagi petani atau peternak.
Umumnya petani membeli ternak setelah panen dan menjualnya kembali saat masa paceklik atau ketika memerlukan dana ekstra yang berbentuk tunai untuk memenuhi hajat.

2. Sebagai Bahan Industri

Sebagai bahan industri produk ternak juga cukup penting untuk kelangsungan hidup manusia. Kulit yang telah disamak dapat digunakan sebagai bahan cornet beef, wool, sepatu, tas, jaket, lem, gelatin dan tepung tulang. Bahkan insulin pada ternak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes yang diektraksi dari pankreas sapi, babi dan kerbau.

Baca Juga :   3 Manfaat Jagung Untuk Burung Kenari "Yang Belum anda Ketahui"

3. Ternak Untuk Fungsi Sosial

Dalam kehidupan social hewan atau ternak sering menjadi simbol status pada masyarakat baik melalui upacara keagamaan, perkawinan serta pada masyarakat primitif yang masih digunakan untuk sesajian. Bahkan sampai saat ini banyak masyarakatan yang membutuhkan telur ayam, bebek, angsa dan yang lainnya untuk digunakan dalam acara upacara keagamaan tertentu.

Itulah 5 Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia yang sangat berarti dan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Tepat Memelihara Ulat Hongkong Agar Cepat Panen

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Termudah