6 Vitamin “Paling Ampuh” Untuk Burung Gelatik Agar Tetap Prima

Posted on

6 Vitamin Untuk Burung Gelatik Terlengkap

6 vitamin untuk burung gelatik – burung gelatik saat ini sudah menjadi tren bagi para pecinta burung kicauan dimanapun. Masalah utama yang sering dialami yakni dalam keadaan fisik dan permasalahan suaranya. Hal tersebut memang dinilai wajar sekali karena kinerja dari burung gelatik saat ini ada di lapangan nilainya lumayan tinggi dan membutuhkan tenaga ekstra.

6 Vitamin "Paling Ampuh" Untuk Burung Gelatik Agar Tetap Prima

Oleh karena itulah, diperlukan sekali vitamin bagi burung gelatik yang bertujuan supaya burungnya bisa kembali prima di lapangan ataupun dirumah. Beirkut ini 6 vitamin untuk burung gelatik yang terbaik :

1. Vitamin herbal atau kimia

Burung ini sebenarnya banyak sekali jenis jenis vitamin yang dapat diberikan bagi burung gelatik yang kalian pelihara. Misalnya seperti vitamin alami atau herbal dan kimia. Vitamin alami untuk burung gelatik ini bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Vitamin kimiawi tentunya berasal dari jenis obat ataupun dapat pula dari vitamin yang asalnya dari racikan pabrik dibandingkan dengan memberikannya vitamin alami yang dapat diracik dengan sendirinya. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah karena untuk maalah kandungan vitamin buatan pabrik hampir sama pada vitamin yang terbuat secara alami.

Lain halnya pada pakan burung gelatik secara umumnya, vitamin tersebut mempunyai kandungan gizi dengan yang lebih banyak untuk menunjang kesehatan burung gelatik dan performanya saat ada di lapangan.

Baca Juga :   11 Tips Aman Membawa Anjing Bepergian

2. Manfaat vitamin

Untuk pemberian vitamin tersebut hendaknya pun jangan terlalu sering, karena untuk tujuan yang diberikan vitamin yakni agar burung gelatik ini bisa kembali fit maupun bisa menjaga daya tahan tubuhnya burung terhadap beragam jenis penyakit.

Manfaat vitamin yang diberikan dalam burung gelatik adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta metabolisme burung. Dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat, maka burung ini pun bisa menjadi tak gampang terserang penyakit.

Selain itu pun dapat pula merangsang dan mempercepat pertumbuhan burung yang masih mudah dan untuk calon indukannya. Dapat pula guna mempercepat penyiapan sejumlah sel reproduksi rahim guna burung gelatik yang jenis kelaminnya betina dewasa dan sudah siap untuk dijodohkan.

Lalu vitamin yang diberikan pun dapat membantu pula dalam meningkatkan kesuburan dan proses reproduksi. Bahkan pula dapat memperbanyak daya tetas telur burung betinanya. Kemudian proses penyembuhan bagi burung gelatik sakit maupun terluk dapat terbantu.

3. Tips memilih vitamin burung gelatik bagus

Vitamin burung gelatik bagus ini tak harus mempunyai harga yang melambung. Bisa jadi vitamin yang murah pun bisa diakai burung gelatik ini ngekek panjang dan mempunyai gacor di lomba. Dan semuanya pun sesuai kecocokan burung dan kebiasaan sehari harinya.
Akan tetapi sebenarnya ada beberapa tips vitamin untuk burung gelatik bagus dan berkualitas. Namun, yang terpenting ialah jangan melihat harganya. Karena harga tidak bisa menjadi ukuran bahwa vitamin ini baik bagi burung gelatik.

Kalian pun bisa memilih vitamin burung gelatik yang mempunyai kandungan gizi seimbang. Sebagian besar vitamin burung ini asalnya dari kandungan bahan herbal atau alami. Dimana tak seluruhnya berasal dari bahan kimia.
Pemberian vitamin bagi burung gelatik ini diyakini mempunyai dampak positif. Vitamin benar benar dapat dipakai burung gelatik menjadi lebih sehat. Vitamin burung ini pun dinilai aman jika dikonsumsi jangka waktu lumayan lama, meskipun tak dikonsumsi setiap harinya.

Baca Juga :   Cara Burung Gereja Cepat Gacor

4. Berikan vitamin larva lebah

Untuk satu ini memang lumayan sulit bila diperoleh, namun bila kalian tak sengaja dalam memperolehnya maka tak ada salahnya bila kalian berikan untuk burung gelatik. Ada banyak sekali yang kalian peroleh manfaat dari burung gelatik bila diberikan larva tawon, diantaranya :

• Membantu mempercepat dalam proses tumbuhnya bulu bulu burung gelatik yang mabung
• Membantu pertumbuhan burung gelatik yang masih lolohan
• Meningkatkan nafsu makan burung gelatik
• Membuat burung gelatik menjadi lebih kebal dari penyakit

5. Vitamin telur rebus

Para pemelihara burung pun kerap memberikan telur rebusnya menjadi makanan tambahan bagi burung kicau, termasuk burung ini. Ada sejumlah jenis telur yang dapat kalian berikan untuk burung ini diantaranya :
• Telur ayam
• Telur puyuh
• Telur bebek
Akan tetapi, bila kalian tertarik memberikan telur rebus menjadi bagian dari makanan ekstra burung kesayangan, maka berikan dengan langsung. Sebab burung ini tak hanya doyan makan.
Kalian harus memberikan dengan bertahap, diantaranya dengan menyampurkannya telur rebus bersamaan kroto.

Namun upayakan supaya porsinya ini jangan terlalu banyak kroto. Perbandingannya yakni 75% kroto dan telur rebusnya 25%. Dengan seperti ini maka burung gelatik bisa memakan ramuan itu.
Bila burung gelatik terbiasa memakan makanan ini, maka perlahan tingkatkanlah porsi telur rebusnya. Mulai 50% kroto dan telur rebus 50% lalu telur rebus 7% dan kroto 25% sampai telurnya utuh.

6. Berikan udang kecil

Udang kecil pun kerap diberikan untuk burung gelatik menjadi extra fooding pengganti ulat hongkong. Udang mempunyai banyak kandungan baik bagi burung gelatik, diantaranya : kalori, karbohidrat, lemak dan protein, zat besi, fosfor, kalsium.

Baca Juga :   4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula

Nah, bagaimana sobat? Itu tadi adalah 6 vitamin untuk burung gelatik. Bila kalian mempunyai burung ini, maka tulisan ini bisa menjadi salah stau referensinya. Salah satu vitamin itu ialah vitamin herbal. Vitamin ini baik bagi perkembangan dan pertumbuhan si burung sendiri. Demikianlah yang bisa penulis sampaikan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Baca juga:

Cara Merawat Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok

12 Cara “Sukses” Budidaya Ayam Potong Putih