Cara Menanam Daun Kesum Dan Perawatannya Yang Mudah

Posted on

Cara Menanam Daun Kesum Dan Perawatannya Yang Mudah

Cara menanam daun kesum dan perawatannya yang mudah – daun kesum mempunyai nama beda di Negara lain, seperti phak phai (Thailand), sorudo kudami (jepang) atau duo mao (china). Tanaman obat itu tumbuh subur sekali pada daerah iklim tropis misalnya indoensia.
Tak hanya bermanfaat dalam pengobatan, akan tetapi daun kesum pun dapat dinikmati langsung misalnya dipakai sebagai lalapan maupun penyedap masakan khususnya masakan citarasa dan pedas asam. Berikut ini kami akan membagikan beberapa Cara menanam daun kesum dan perawatannya yang mudah.

Cara Menanam Daun Kesum

Daun kesum ialah jenis tanaman yang gampang pembudidayaannya. Cara sederhananya yakni lewat teknik stek. Bahan yang diperlukan disini lumayan mudah diperolehnya, hanya butuh menyiapkan media tanam berbentuk tanah lembab yang sudah diisi sejumlah nutrisi di dalamnya.
Untuk memperoleh media tanam ini, hanya mengolah tanah yang kita punya serta mencampurnya menggunakan pupuk buatan sendiri berasal dari bahan sisa rumah tanggah dengan membuat pupuk vermikompos. Menyiapkan media tanam ini setidaknya 1 hari sebelum penanaman daun kesum mulai.

Baca Juga :   4 Cara "Mudah" Menanam atau Mengembangbiakkan Jamur Kombucha

Proses Penanaman Daun Kesum

Proses penanaman ini diantaranya :

1. Di awal prosesnya mencari indukan yang lumayan kuat dan sehat. Lalu potonglah bagian batangnya pohon kurang lebih 15-20 cm.
2. Tancapkan batang pohon kesum di media tanam yang sudah disediakan
3. Padatkan tanah supaya batang pohon jadi kokoh
4. Sirami secukupnya guna menjaga kelembaban tanah
Proses penanaman tersebut mudah sekali dijalankan, selain bisa ditanam pada tanah dengan langsung, daun kesum bisa ditanam dalam pot. Hanya saja bila ditanam dalam pot batang daun kesum ini mempunyai ruas batang cenderung panjang dan lebih lebar daunnya.

Perawatan Tanaman Daun Kesum

Perawatan daun kesum ini tak rumit, akan tetapi pastikan perlakuan yang baik tanaman pun bisa membawa dampak baik juga misalnya tanaman bisa menjadi lebih subur, daunnya bisa cenderung sehat dan rimbun. Berikut ini langkah-langkah perawatan yang dapat kalian lakukan dalam menanam daun kesum.

1. Pemupukan

Pupuk dibutuhkan sekali oleh tanaman terutama menjadi tambahan nutrisi dan sumber beragam zat penunjang pertumbuhan tanaman. Sesudah mengawali pemberian pupuk di tahap penanaman, baiknya pohon kesum ini diberikan pupuk berikutnya berwujud pupuk organic misalnya kompos. Aneka tips serta cara pupuk kompos dari sejumlah bahan organic dapat kita pelajari di halaman lain.

Di dalam hal pembuatan pupuk organic, pemakaian EM4 menjadi penguat kandungan nutrisi pupuk organic yang tak dapat ditinggalkan , misalnua dalam contoh pembuatan pupuk cair menggunakan EM4.
Dengan pemupukan teratur serta sesuai dosis, maka harapannya tanaman daun kesum kalian ini bisa tumbuh subur serta menghasilkan sejumlah daun segar kaya akan manfaat.

2. Penyiraman

Air bisa menjadi unsur pokok yang diperlukan setiap makhluk hidup, demikian pula tanaman. Penyiraman bisa diberikan secara teratur setidaknya sehari satu kali untuk menjamin ketersediaan air dalam tanah. Penyiraman bisa ditingkatkan sehari dua kali ketika pagi dan sore jika suhu udara serta terik matahari meningkat dari biasanya maupun sedang terjadi kekeringan pada daerah kalian.

Baca Juga :   9 Cara Budidaya Jamur Merang Untuk Pemula "Pasti Panen"

3. Penyiangan

Gulma yang sering tumbuh dekat tanaman inti bisa terganggu sekali. Tanaman parasite tersebut tak hanya merebut nutrisi dalam tanah, akan tetapi menjadi sarang pula tumbuhnya beragam hama dan penyakit yang membahayakan. Oleh karena itu, kita harus membiasakan menjaga kebersihan wilayah penanaman baik dari beragam kotoran ataupun dari gulma gulma yang mengganggu.

4. Pemberantasan hama serta penyakit

Hama serta penyakit bisa menghinggapi dalam daun kesum sehingga membuat tanaman ini menjadi rusak dan mati. Solusinya ini dengan cara memberikan pestisida baik segi kimia ataupun organic, akan tetapi sebaiknya memakai cara lebih alami yakni mmebuat dari bawang putih. Selain dapat ramah lingkungan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan manusia.

Manfaat Daun Kesum

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada daun kesum yang mempunyai kandungan senyawa flavonoif adan alkaloid ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia, antara lain :

1. Mengobati beragam masalah kesehatan

Masalah kesehatan ini misalnya perut kembung, masalah pencernaan, cacingan dan ketombe dapat diatasi menggunakan daun kesum ini. selain itu, daun kesum pun mempunyai potensi untuk mengobati kudis, mempercepat pemulihan saat melahirkan dan mengatasi kelambatan datang bulan.

2. Kaya akan vitamin A, C, beta karoten, kalium, kalsium, dan fosforus

Kekayaan nutrisi dalam daun kesum ini mencakup vitamin A, C, beta karoten, kalium, kalsium, dan fosforus yang diperlukan bagi tubuh manusia.

3. Menghasilkan minyak sari pati

Minyak sari pati yang telah dihasilkan daun kesum mempunyai kandungan bahan kimia aliphatic aldehyde mengandung 60% serta unsur kimia khusus berbentuk decanal dan dodecanal. Minyak tersebut mempunyai khasiat memperbaiki sejumlah sel tubuh yang kurang baik jadi segar lagi.

Baca Juga :   "Peluang Usaha" Cara Budidaya Jamur Tiram Bernilai Ekonomi Tinggi

4. Mengurangi bau amis

Aroma sedap dank has daun kesum dapat mengurangi bau amis dalam masakan daging maupun ikan dan juga memperkaya cita rasanya.

5. Bumbu masakan kas melayu

Aromanya sedap dan harum bisa menjadi bumbu aneka masakan melayu, diantaranya ayam pedes, bubur paddas, dan laksa penang. Daun kesum ini bsia menghasilkan bau menyekerakan lidah dan perut saat dicampur dalam masakan.

Itu tadi mengenai cara menanam daun kesum dan perawatannya yang mudah. Sama dengan herbal yang lain, daun kesum pun mempunyai aroma wangi khas. Itulah tadi manfaat dan inspirasi menanam daun kesum. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah

Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod