20 Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan “Yang belum anda Ketahui”

Posted on

20 Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan

Manfaat sirih merah – sirih adalah bagian dari herba berkhasiat yang pernah ada. Tanaman ini tumbuh subur menyulur dan mempunyai daun lebar tersebut kaya akan kandungan tannin, eugenol dan saponin serta beragam jenis minyak esensial. Kandungan tersebut sebagai manfaat siri merah untuk kesehatan manusia yang sangat kaya.
Berikut ini ditampilkan aneka manfaat sirih merah untuk kesehatan manusia, yakni :

20 Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan

1. Menghentikan mimisan

Kandungan fenil poppies serta terpene dalam daun sirih merah bisa membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup dengan menggulung selembar sirih, lalu masukkan ke lubang hidung mimisan.

2. Pengobatan tukak lambung

Daun siri merah dan juga kandungan vitamin C maupun zat anti-septiknya dapat melawan kuman yang mengakibatkan tukak lambung. Kunyah hingga 1/ 2 lembar daun sirih merah, lalu kulum selama 10 menit dan dibuang. Lakukan hal ini minimal 2 kali dalam sehari.

3. Pengobatan luka bakar ringan

Alkaloid, vitamin C, dan antioksidan dalam sirih merah sehingga akan membantu peradangan di sekitar kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 dalam daun sirih merah lalu campur dengan 2 sendok teh madu serta letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

4. Obat gusi berdarah

Kandungan tanin, saponin, kalsium serta minerall fosfor akan meredakan peradangan dalam gusi berdarah. Rebus 10 lembar dalam daun sirih merah dan pakai airnya guna kumur 3 kali sehari.

5. Obat bronchitis

Rebus kurang lebih 6-10 lembar daun sirih ke dalam 300 ml air hingga airnya tinggal separuh. Minum dengan teratur selama 3 kali dalam sehari.

6. Mengobati sakit perut

Kandungan terpenoid dan juga klavikula dalam daun sirih merah dapat mengobati sakit perut. Minum air rebusan dengan 7 lembar daun sirih serta 3 kali sehari guna menyembuhkan gangguan dalam perut.

7. Obat gatak sebab alergi serta gigitan serangga

Siapkan rebusan lembar pada daun siri 20-30, kemudian pakai untuk mandi selama 2 kali sehari.

8. Obat inflamasi protat

Kandungan saponin, tanin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sejumlah sel di kelenjar prostat. Campurkan air resbusan pada daun sirih merah menggunakan madu, lalu minum selama 2 kali sehari.

9. Obat batuk

Siapkan 5 lembar pada daun siri merah lalu rebus menggunakan 200 ml air dan minumlah sehari 2 kali.

10. Obat tekanan darah tinggi

Minyak esensial dan juga fenol akan menstabilkan tekanan darah. Lalu campurkan air rebusan dari daun sirih merah menggunakan madu, dan minumlah selama 2 kali sehari.

11. Pengobatan payudara bengkak

Daun sirih bisa mengobati payudara bengkak sesudah menyusui. Senyawa allyprokatecol dan juga carvacrol akan membantu meregangkan sejumlah otot dari payudara yang meradang. Bakar daun sirih merah kalian hingga layu dan juga tempelkan pada payudara yang bengkak ini selagi masih hangat.

12. Mengobati tumor

Senyawa antioksidan, erpenoid dan flavonoid yang terdapat dalam daun siri merah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat sistem kekebalan ini meningkat maka sejumlah sel darah putih tubuh bisa menghancurkan zat zat karsinogenik maupun tumor yang berbahaya dari tubuh.

13. Perawatan diabetes

Konsumsi rebusan dari daun sirih merah. Kandungan terponoid, eugenol, klavikula dan pyrene dalam daun tersebut akan membantu kinerja dari insulin saat mengatur kadar gula merah.

14. Obat alternatif pneumonia

Kalian buat dulu air rebusan dari daun sirih merh dengan 5-7 lembar serta 500 ml air. Kemudian dengan teratur minumlah untuk membersihkan area paru.

15. Obat asam urat

Daun sirih merah nantinya akan meredakan nyeri otot serta melepaskan kristal asam urat pada tubuh. Rebuslah 8 lembar pada daun sirih muda menggunakan 500 ml air sampai tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali dalam sehari.

16. Mengurangi bau badan

Estradiol dan juga klavikula di dalam daun sirih merah nantinya akan mengontrol produksi hormon dan juga kelenjar keringat. Konsumsilah air rebusan dari daun sirih merah setiap hari dan juga terapkan 2 lembar daun sirih merah yang telah ditumbuk di area ketiak dengan teratur.

17. Mengatasi bau mulut

Senyawa euginol serta capitol dalam daun sirih merah akan membantu mengatasi dari masalah bau mulut. Kumur menggunakan rebusan daun sirih merah dengan teratur di setiap pagi dan sore hari.

18. Mengobati penyakit jantung koroner

Haluskan dengan 3 lembar daun sirih merah, tujuh butir cabai jawa maupun buah kemukus, dan 3 butir bawang merah serta sejumput jintan lalu tuangkan dengan air mendidih serta endapkan. Minum airnya selama 2 kali dalam sehari.

19. Melancarkan kemih

Daun sirih merah juga bermanfaat untuk melancarkan kemih manusia. Caraya dengan kalian belender 5 lembar daun sirih merah ini lalu campurkan dengan segelas susu serta tambahkan 1 atau 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.

20. Obat jerawat

Jerawat ialah keadaan kulit yang menghasilka kelenjar minyak dengan berlebih yang lalu bercampur menggunakan polutan yang mengakibatkan jerawat. Berikut cara membuatnya ramuan dari sirih merah untuk jerawat, siapkanlah 10 lembar daun sirih merah, lalu daun sirih gilih akan tetapi tak sampai halus. Seduh menggunakan air panas lalu air sampai dingin. Oleskan ramuan tersebut dalam wajah yang berjerawat.

Nah, sesudah kalian tahu sangat banyak sekali manfaat sirih merah bagi kesehatan, tak ada salahnya bila kalian mencoba ramua tersebut. Sirih merah ini mudah sekali untuk diperoleh di gerai penjual tanaman. Semoga bermanfaat.

Baca juga: