Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur

Posted on

Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur

Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur – Salah satu masalah yang dialami oleh para pemelihara parkit adalah burung mereka terlihat susah sekali bertelur. Nah,berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan agar burung parkit cepat bertelur:

1. Memudahkan adaptasi dengan sarang

Burung parkit merupakan salah satu jenis burung yang mudah stress. Karena stres salah satu hal yang membuat burung parkit, atau burung pada umumnya, menjadi tidak ingin berkawin, atau mengalami masalah kejiwaan lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda harus mempersiapkan kandang agar tidak membuat burung parkit mudah stress. Caranya yaitu dengan tidak memberinya kandang yang kotor atau banyak gangguan, membuat kandang yang cukup luas untuknya, dan lain sebagainya.

2. Memberikan air campuran obat penghilang stress

Apabila anda ingin membuat parkit bebas dari stress, salah satu caranya adalah dengan memberinya obat penghilang stress yang dicampurkan dengan air secukupnya. Obat penghilang ini biasanya di jual di pasar ataupun toko burung. Harganya bervariasi, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. Tidak perlu memberi obat penghilang stress terus menerus setiap hari, karena bisa jadi malah akan membuat burung parkit mengalami gangguan tubuh. Cukup memberikannya di awal-awal masa adaptasi terhadap lingkungan barunya, atau hanya pada saat-saat tertentu apabila dia terlihat sangat stress sekali.

Baca Juga :   44 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman Kacang Hijau

3. Memberikan air campuran gula merah

Jika anda ingin burung parkit anda mudah untuk hamil, maka burung tersebut harus memiliki tenaga yang besar untuk kawin. Untuk mengatasi masalah lemahnya tenaga burung pakit, anda dapat memberinya ramuan penambah tenaga. Caranya yaitu membuat ramuan dari campuran air dengan gula merah, kemudian anda minumkan ke burung tersebut. Tapi jangan memberinya terus setiap hari. Cukup berikan di saat dia terlihat tidak bersemangat atau tidak bertenaga dan juga cenderung menjauhi lawan jenisnya saja.

4. Memberi makan tauge

Burung parkit membutuhkan makanan yang memiliki jumlah protein yang cukup tinggi. Salah satunyaadalah sayuran tauge. Sayur Taugeini memang memiliki berbagai kandungan yang baik untuk burung parkit. Anda dapat memberikan sayur ini sebanyak dua kali dalam seminggu sebagai makanan rutinnya.

5. Memberikan kangkung

Sumber protein yang baik untuk burung parkit selanjutnya adalah sayuran kangkung. Sayur kangkung memang memiliki berbagai kandungan yang baik untuk burung parkit. Anda dapat memberi sayur ini sebanyak dua kali dalam seminggu sebagai makanan rutinnya.

6. Memberikan jagung muda

Jagung muda memiliki kandungan protein, karbohidrat sertaberbagai kandungan yang baik untuk burung parkit. Anda dapat memberikan jagung muda ini sebanyak dua kali dalam seminggu sebagai makanan rutinnya.

7. Mencampur tumbukan daun kemangi pada pelet

Metode lainnya supaya burung parkit milik anda memiliki tenaga pada masa kawin ialah dengan memberi pakan berupa daun kemangi kedalam pelet buatan anda. Tumbukan daun kemangi memiliki fungsi sebagai salah satu ramuan alami yang akan membuat burung parkit akan memiliki tenaga lebih banyak untuk melakukan perkawinan.

8. Menempatkan kandang di tempat yang nyaman

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk membuat parkit nyaman adalah dengan menempatkan kandangnya jauh dari keramaian. Keramaian yang dimaksud di sini adalah keramaian dari suara mesin, suara kendaraan, suara manusia, atau suara-suara lain yang bising dan membuat burung parkit anda susah tidur atau sudah menikmati suasana lingkungannya. Jika menempatkan kandang di tempat yang relatif tenang, seperti pekarangan belakang rumah, burung parkit akan cenderung lebih rileks.

Baca Juga :   13 Penyebab Jamur Pada Kucing Anggora dan Cara Mengatasinya

9. Menempatkan kandang jauh dari jangkauan hewan lain

Cara selanjutnya yang dapatdlakukan untuk membuat parkit anda nyaman adalah dengan menempatkan kandangnya jauh dari jangkauan hewan.Jika kandang burung parkit diletakkanjauh dari jangkauan hewan-hewan pengganggunya, maka burung parkit cenderung dapat tumbuh dan merasa santai juga nyaman.

10. Menempatkan kandang pada tempat yang memiliki sirkuliasi udara yang bagus

Udara segar sangat penting untuk menjaga kebugaran juga kondisi kejiwaan burung parkit. Udara yang kotor karena banyak polusi, atau tercemar zat-zat tertentu dapat membuat burung parkit menjadi sakit-sakitan serta sulit untuk berkawin.Letakkanlah sarang burung parkitdi tempatyang mempunyai sirkulasi udara cukup bagus, tidak lembab ataupun tidakterlalu pengap, dan jauh dari polusi asap seperti kendaraan bermotor atau yang lainnya.

11. Menempatkan kandang dengan pencahayaan yang baik

Posisi kandang penting untuk diperhatikan karena agar burung parkit anda mendapatkan pencahayaan yang baik. Cahaya yang baikyaitu dari cahaya matahari, akan membantu burung parkituntuk mendapatkan vitamin serta membantunya menyegarkan dirinya. Cahaya matahari juga akan membuatnya mendapatkan suhu tubuh yang cukup sehingga dia tidak kedinginan terutama pada saat pagi hari seperti mulai pukul 6 sampai 10 pagi.

12. Bersihkan kandang dengan teratur

Langkah ini menjadi salah satu langkah yang paling penting untuk menjaga agar burung parkit anda dapat tumbuh dengan sempurna.Anda harus rajin membersihkan sarang burung parkit anda agar dia dapat menempati sarangnya dengan nyaman dan terhindar dari penyakit.

13. Memberi air minum yang berkualitas

Air minum merupakan hal yang penting untuk setiap makhluk hidup. Agar burung parkit bisa tumbuh dengan sempurna, anda juga harus memberikannya air minum yang berkualitas.

14. Menyesuaikan ukuran kandang sesuai dengan jumlah dan besar parkit

Sarang yang terlalu kecil akan membuat burung parkit mudah terkena stress. Oleh karena itu, anda harus membuat sarang yang besarnya sesuai dengan jumlah serta besarnya burung parkit. Jangan membuat sarang terlalu besar atau terlalu kecil.

Baca Juga :   12 Cara "Paling Ampuh" Menjinakkan Kakatua Jambul Kuning Terlengkap

Itulah pembahasan tentang Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Burung Gereja Cepat Gacor

Ciri – Ciri Burung Merpati Mau Bertelur