Manfaat Beras Merah untuk Burung Parkit

Posted on

Manfaat Beras Merah untuk Burung Parkit

Manfaat Beras Merah untuk Burung Parkit – Dari bermacam jenis beras yang yang ada di pasaran pakan beras merah dipercaya memiliki kegunaan yang sangat banyak. Dengan kegunaan yang dimilikinya sudah ada beberapa pakar yang berkata bawah beras merah ini memiliki potensi sebagai pencegah penyakit kanker dan juga penyakit degeneratif lainnya. Manfaat dari pakan beras merah tidak hanya untuk manusia saja, namun juga untuk burung parkit, karena itulah pakan beras merah sering menjadi alternatif untuk diberikan secara berkala. Berikut ini adalahManfaat Beras Merah untuk Burung Parkit:

1. Mencegah kegemukan

Pakan beras merah memiliki peran dalam mengontrol berat badan bagi burung parkit yang kegemukan sehingga malas beraktifitas dan juga malas berkicau. Pakan beras merah mengandung mangan yang akan membantu menghancurkan lemak tubuh. Konsumsi biji bijian utuh seperti pakan beras merah memiliki efek yang positif pada tubuh burung parkit sehubungan dengan pengurangan kadar kolestrol jahat dan juga lemak.

2. Menyehatkan jantung

Pakan beras merah kaya akan selenium yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung pada burung parkit. Mengkonsumsi biji bijian seperti pakan beras merahdapat membantu mengurangi penyumbatan arteri pada burung parkit karena penumpukan plak.

Baca Juga :   9 Manfaat "Penting" Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pakan beras merah memiliki kandungan yang banyak sekali seperti vitamin, mineral, dan komponen gizi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung parkit. Manfaat pakan beras merah ini bagi kesehatan burung parkit yaituuntuk memelihara tubuh, mempercepat penyembuhan, dan juga meningkatkan kemampuannya untuk melawan infeksi.

4. Menyehatkan tulang

Manfaat pakan beras merah selanjutnyayaitu meningkatkan kesehatan tulang. Ya memang benar, pakan beras merah sangatlah membantu untuk pemeliharaan tulang yang sehat. Karena kaya akan magnesium dan kalsium, yang dapat menyediakan struktur fisik tulang. Dan juga dapat menyembuhkan bila burung terkena penyakit dan masalah tulang.

5. Baik untuk burung parkit yang sedang bertelur

Manfaat pakan beras merah juga untuk kesehatan burung parkit yang sedang bertelur. Memberikan pakan beras merah selama burung parkit bertelur dapat meningkatkan kemampuan tubuh burung parkit untuk melawan stres dan juga meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Pakan beras merah merupakan makanan pokok yang bermanfaat menjaga sistem pencernaan burung parkit yang sehat. Kandungan serat pada beras merah bisa membantu mengatur kinerja usus burung parkit serta menjadikannya kenyang lebih lama. Pakan beras merah juga mencegah penyerapan asam dan kelembapan di dalam lambung burung parkit, menghasilkan tekstur yang lebih baik daripada kotoran yag dikeluarkan. Kandungan serat juga dapat mencegah masalah pencernaan pada burung parkit yaitu seperti sembelit dan diare.

7. Mencegah kanker

Pakan beras merah sangatlah membantu dalam pencegahan berbagai kanker yang terjadi pada burung parkit seperti kanker usus besar, kanker kulit, dan juga kanker tulang.Efek yang menguntungkan ini dapat dikaitkan dengan keberadaan antioksidan kuat dan kandungan serat yang tinggi yang ada di dalam pakan beras merah. Kandungan serat dalam pakan beras merah mempunyai kemampuan untuk mengikat zatnya karena racun – racun berbahaya yang dapat menyebabkan kanker di dalam tubuh burung parkit.

Baca Juga :   7 Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan Perawatannya

8. Memberikan rasa kenyang lebih lama

Jikaburung parkit merasa kenyang lebih lama ketika diberi pakan beras merah, hal itu karenapakan beras merah mengandung serat 6 kali lebih banyak dibandingkan pakan lain seperti ulat atau jangkrik. Kandungan serat ini lalu akan diproses oleh sistem pencernaan dalam waktu yang lama. Sehingga burung parkit tidak akan mudah merasa lapar namun juga tetap memiliki gizi yang cukup dan energi yang tinggi.

9. Memenuhi segala kebutuhan vitamin dan mineral

Ada banyak jenis vitamin dan mineral yang terkandung di dalam pakan beras merah. Sebab memberikan pakan beras merah pada burung parkit akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Karena kebutuhan vitamin dan mineral bagi burung parkit akan terpenuhi dengan baik apilapakan beras merah diberikan secara berkala.

10. Mencegah burung parkit stres

Untuk mengatasi stres pada burung parkit yang biasanya terjadi karena perpindahan tempat, selepas mabung, ataupun masalah mental selama perlombaan tidaklah sulit. Dengan mengkonsumsi pakan beras merah yang kaya kandungan vitamin B bisa menjadi salah satu caranya.
Vitamin B merupakan jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan sistem syaraf burung parkit. Bagian otak dan syaraf yang berhubungan dengan stres akan menjadi lebih rileks apabila kebutuhan vitamin B sudah tercukupi sehingga stres pun teratasi.

11. Mempercepat penyembuhan luka

Mineral yang ada pada pakan beras merah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada burung parkit dan juga menjaga sistem imun agar berfungsi dengan baik. Jadi apabila terjadi luka pada burung parkit akan lebih cepat sembuh. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh burung parkit dari radikal bebas yang memiliki sifat merusak sel sel dan jaringan tubuh.

Baca Juga :   Cara Ternak Burung Kolibri Wulung

12. Memberikan energi yang optimal

Zat besi atau mangan ini membantu tubuh burung parkit untuk menghasilkan energi. Mangan juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang bisa melindungi tubuh burung parkit dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selamaproses produksi energi yang dimana burung parkit membutuhkan energi lebih banyak di masa tertentu yaitu seperti sebelum mabung, masa bertelur, atau masa ketika perlombaan. Jadi, daya tahan tubuh burung parkit akan meningkat dan energi dapat digunakan lebih optimal.

Itulah pembahasan tentang Manfaat Beras Merah untuk Burung Parkit. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur

Cara Burung Gereja Cepat Gacor