10 Cara “Paling Efektif” Memelihara Kucing Hutan Agar Jinak

Posted on

Cara Memelihara Kucing Hutan Agar Jinak

Cara Memelihara Kucing Hutan Agar Jinak – Meskipun namanya berkaitan dengan hutan yang berupa alam liar, tidak semua kucing hutan hidup di hutan. Ada juga kucing hutan yang hidup di tengah-tengah masyarakat dan menjadi salah satu hewan peliharaan.

Cara Memelihara Kucing Hutan Agar Jinak

Kucing hutan memiliki corak bulu yan unik dan tiada duanya, yakni berpola seperti halnya harimau yang hidup di hutan liar. Ketangkasan dan keaktifan yang dimiliki oleh kucing hutan inilah yang menjadikan dia terlihat menarik dan mantap untuk dipelihara.

Sebagai kucing yang memiliki keaktifan lebih dari kucing lainnya, terkadang ia sulit untuk dekat dengan manusia terlebih jika tidak dipelihara pemiliknya sejak Kecil, namun tentu ada cara untuk mengatasinya. Bagaimana tipsnya? Simak dalam artikel berikut, cara memelihara kucing hutan agar jinak.

1. Beri Pendekatan

Berikan kucing hutan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, jika sebelumnya ia hidup di hutan yang luas dan mencari makan dengan memangsa hewan lain layaknya hewan, maka ia tentu butuh waktu menyesuaiakan diri dengan keadaan sekitar. Jaga Jarak dan jangan terlalu mendekatinya untuk sementara waktu, biarkan ia adaptasi dengan tetap memberikan makanan yang bergizi untuknya.

2. Menu Makanan

Jangan berikan makanan yang mentah atau setengah matang sebab akan memmbuat ia menjadi kucing yang agresif dan beresiko terkena berbagai penyakit. makanan yang dimasak matang dan bersih tentu jauh lebih sehat mengingat tubuhnya juga sedang beradaptasi dengan lingkungan baru di sekitarnya sehingga ada kemungkinan ia sedikit stres. Stres yang ditambah dengan penurunan daya tahan tubuh tentu membuat penyakit mudah hinggap.

Baca Juga :   9 Cara dan Tips Budidaya Ayam Pelung Yang Menguntungkan

3. Letakkan di Kandang yang Luas

Letakkan kucing hutan di kandang yang luas dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang bagus dan tepat. Dengan memberikan di kandang yang luas tentu akan memudahkan geraknya dan menghindarkannya dari stres karena ia terbiasa berada di alam yang luas. Jangan menempatkan di kandang yang sempit, ia akan mudah berontak dan merasa stres.

4. Biasakan dengan Bau Majikan

Biasakan ia dengan majikannya sehingga lama kelamaan ia akan mengenalinya karena indra penciumannya yang tajam. Caranya dengan meletakkan baju pemilik yang sudah dipakai seharian atau sudah memiliki aroma tubuh di kandangnya. Biarkan kucing hutan tersebut tidur dan duduk di atas baju tersebut. Maka, lama kelamaan saat dihampiri majikannya, kucing hutan akan paham dan mendekat serta menjadi jalan untuk jinak lebih cepat.

5. Berikan Makanan dengan Tangan

Jika sebelumnya memberikan makanan dengan diletakkan di wadah sekali waktu berikan makanan seara langsung dengan tangan dan biarkan ia meraihnya sehingga terjalin kedekatan. Bisa juga dengan menyuapinya sehingga membuat ia paham bahwa pemilkik adalah temannya yang baru dan hidupnya yang baru, yang melindungi, merawat, dan mencukupi segala kebutuhannya.

6. Gendong dan Pangku

Apabila keagresifnya sudah menghilang atau berkurang, maksudnya dia tidak lagi marah ketika didekati, lakukan pendekatan lebih dalam lagi yakni dengan mengangkat tubuhnya secara perlahan, gendong ia dan pangku dengan elusan yang lembut. Biarkan ia merasa nyaman dan duduk atau tertidur di pangkuan anda. cara tersebut sangat ampuh untuk membuatnya jinak.

Maka, lama-kelamaan setelah terbiasa dia akan menghampiri saat melihat pemiliknya dan duduk di pangkuannya sebagai tanda bahwa ia menyayangi dan menyukai majikannya. Umumnya kucing hutan ynag telah jinak akan bersikap jauh lebih manja dan sering menghampiri ketika berada jauh dari majikannya, kucing hutan yang seperti ini sudah boleh diletakkan di luar kandang.

Baca Juga :   Cara Beternak Ayam Pedaging, Perawatan Hingga Panen Menguntungkan

7. Mandikan

Mandikan kucing hutan setidaknya seminggu sekali. Gunakan shampo khusus kucing yang terbaik untuknya dan segera keringkan, sisir bulunya, serta jemur di sinar matahari pagi yang hangat agar tubuhnya merasa bugar. Untuk pertama kali mungkin ia akan kaget, namun jika pemilik dapat memandikannya dengan baik ia akan menurut dan senang serta semakin hari semakin jinak.

8. Ajak Bermain

Ajak ia bermain secara langsung dengan benda benda yang bisa bergerak namun tidak berbahaya, seperti misalnya mainan bola bola atau benda empuk yang dapat digigit. Bisa juga dengan membuatkan pohon pohonan untuk ia belajar memanjat dan memberinya kesenangan seperti aktifitas yang biasa ia lakukan di alam.
Ajak juga ia jalan jalan di dunia luar seperti di taman atau di tempat sejuk yang banyak manusia di sekitarnya agar ia benar benar terbiasa dengan lingkungannya yang baru yang ada di tengah tengah masyarakat. Tetap awasi, ajak bermain, dan perhatikan agar ia menurut dan merasa senang serta terhibur dengan hiburan yang anda berikan.

9. Dekatkan dengan Aktiftas Keluarga

Keluarkan kucing hutan dari kandang dan biarkan ia duduk di lantai di malam hari di ruang televisi atau ruang keluarga anda. Supaya ia merasa nyaman dan mengenal keluarga anda satu persatu. Minta semuanya untuk memasang wajah yang ramah dan senyum serta mengajaknya bermain sehingga mempererat kedekatan dan kenyamanan satu sama lain dan jinaknya terus bertambah.

10. Jauhkan dari Hewan yang Hiperaktif

Kucing hutan memilki naluri alami sebagai pemburu dan hidup bebas, jauhkan dari hewan lain yang agresif seperti anjing atau kucing lain yang liar sebab beresiko memumculkan rasa agresifnya dan membuat ia ingin bertarung. Hal itu berbahaya jika melukainya sebab itu harus diberi lingkungan yang aman dan jauh dari hewan hewan agresif.
Demikian artikel kali ini tentang Cara Memelihara Kucing Hutan Agar Jinak, semoga bisa menjadi wawasan baru yang bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Baca Juga :   Cara Usaha Ternak Kenari dan Mengetahui Harga Kenari Sekarang

Baca juga:

6 Cara Menanam Bunga Jengger Ayam di Pekarangan

Cara Ternak Ikan Cupang Kuping Gajah Untung Besar