7 Cara “Sukses” Ternak Ikan Cupang Kuping Gajah Agar Untung Besar

Posted on

Cara Ternak Ikan Cupang Kuping Gajah Untung Besar

Cara Ternak Ikan Cupang Kuping Gajah – Terdapat begitu banyak jenis ikan cupang yang kerap dipelihara, salah satuny adalah ikan cupang kuping. Kebanyakan orang dapat memilih jenis ini, karena biayanya murah dalam hal pembelian, perawatan, dan pemeliharaan. Jika Anda merawat ikan dengan baik, itu akan bertahan hingga 4 tahun sebagai teman terbaik Anda dalam tangki.

Cara Ternak Ikan Cupang Kuping Gajah Untung Besar

Sekarang mungkin ada pertanyaan di pikiran Anda, bagaimana Anda merawat ikan cupang kuping gajah? Berikut ini adalah Cara Ternak Ikan Cupang Kuping Gajah yang baik dan benar:

1. Siapkan rumah untuk ikan cupang kuping gajah

Pertama siapkan terlebih dahulu rumah untuk ikan cupang kuping gajah peliharaan Anda. Anda tidak dapat membawanya ke rumah saat Anda tidak memiliki tempat untuk menyimpannya. Ada satu hal yang tidak akan pernah bisa Anda lakukan yaitu menjaga satu ikan cupang jantan dengan jantan lain di tangki cupang yang sama seperti cara berternak ikan cupang.

Untuk beberapa alasan, dominasi spesies jantan selalu menendang masuk, sehingga mustahil bagi mereka untuk tetap bersama. Keduanya akan selalu bertarung dan mungkin akan saling menyakiti.
Adapun para betina, mereka akan melakukan hal yang hebat bersama tanpa banyak masalah. Sebagian besar dari mereka akan memiliki kepribadian yang jinak dibandingkan dengan jantan.

Baca Juga :   Budidaya Lele Dumbo Kolam Terpal (Rangka Batako) Untuk Pemula

2. Perkenalkan ikan cupang ke rumah barunya

Setelah rumah untuk ikan cupang kuping gajah sudah siap. Sekarang Anda dapat menambahkan ikan cupang ke akuarium. Mulailah dengan perlahan menambahkan lebih banyak air ke tangki yang Anda beli dengan ikan. Disarankan agar Anda menambahkan air dari tangki ke air dalam wadah agar ikan terbiasa dengan air baru sebelum melepaskannya ke tangki seperti budidaya ikan cupang halfmoon.

3. Beri makan ikan

Sebagai bagian dari merawat ikan yang lebih baik, Anda juga harus memberi makan dengan benar . Ikan membutuhkan jenis nutrisi yang tepat untuk berakhir dengan kesehatan yang lebih baik seperti pada manusia. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa bettas dilahirkan sebagai karnivora. Ada yang harus Anda ingat, yaitu bahwa ikan cupang kuping gajah harus memiliki pelet yang dirancang khusus untuk diberi makan oleh ikan cupang kuping gajah.

Anda juga harus mempertimbangkan berbagai jenis makanan karnivora yang dapat Anda gunakan. Sebelum Anda membeli makanan untuk ikan cupang peliharaan Anda, pastikan Anda memeriksa lebih dulu bahan-bahan secara spesifik dan bagaimana makanan itu akan membantu ikan. Mendapatkan udang laut beku dan bloodworms bisa menjadi pilihan yang bagus.

4. Menjaga tangki tetap bersih

Sama dengan seperti jenis ikan lainnya, ikan cupang kuping gajah akan berkembang paling baik di lingkungan yang bersih. Bahkan Anda sebagai pribadi pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Ikan akan berkembang dengan lebih baik jika air lebih banyak mengalir melalui filter. Perlu diketahui, bahwa penggunaan filter spons sangat cocok untuk sirip rapuh betta Anda. Bahkan dengan filter berjalan, itu tidak akan membuat ikan stres. Setiap kali melakukan perubahan air kecil, Anda dapat mengosongkan dengan lembut di bagian bawah tangki.

Baca Juga :   Budidaya Lele Dumbo Kolam Terpal (Rangka Bambu) Untuk Pemula

Sebagai bagian dari menjaga air di akuarium bersih, Anda harus menguji air mingguan hanya untuk memastikan. Anda mungkin harus membeli alat tes air tawar utama seperti budidaya ukan cupang koi. Ini sangat bagus untuk memantau akuarium dan mengambil berbagai tes memastikan bahwa air Anda cukup bersih agar ikan tetap di dalamnya. Anda cukup mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk melakukan tes.

5. Suhu dan Kualitas Air

Pertahankan habitat tropis di 76-81 derajat Fahrenheit. Ikan cupang lebih menyukai air yang sedikit asam pada kisaran pH 6.5-7.5. Penggunaan air conditioner atau dechlorinator dapat membuat air keran aman untuk ikan cupang kuping gajah. Gunakan termometer akuarium untuk memantau suhu tangki Anda. Filter mengurangi kadar amonia, nitrat dan nitrat, dan menjaga bakteri sehat. Hindari perubahan drastis dalam suhu air dan kualitas air. Gunakan strip uji untuk memonitor parameter air.

Ikan cupang kuping gajah berasal dari Thailand yang memiliki iklim tropis, sehingga mereka membutuhkan air hangat di tangki. Jangan biarkan air di tangki Anda turun di bawah 65 derajat atau naik di atas 82 derajat, dan usahakan tetap di kisaran 76 hingga 81 derajat Fahrenheit . Ini adalah bettas suhu paling bahagia dan aktif. Suhu ruangan di rumah rata-rata sekitar 68 derajat Fahrenheit, yang jauh di bawah suhu yang dibutuhkan.

6. Menyaring

Ikan cupang kuping gajah bukanlah perenang yang sangat kuat dan filter bisa membuat mereka stres jika arusnya terlalu kuat. Agitasi berkepanjangan dapat menyebabkan sirip robek, stres akut, dan bahkan kematian. Pilihlah filter yang bisa disesuaikan atau direkomendasikan untuk ikan cupang. Pasang juga tabung pemasukan baffle dan keluar dengan pra-filter jika perlu untuk mengurangi arus yang kuat.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya dan Perawatan Udang Galah Di Kolam Tanah

7. Cahaya: Alami dan Buatan

Ikan cupang membutuhkan cahaya alami atau buatan saat mereka terjaga di siang hari, dan kegelapan di malam hari sehingga mereka dapat tidur. Ini menetapkan pola siang dan malam yang teratur, yang mengatur jam biologis internal mereka. Tanaman dan dekorasi lain memberikan keteduhan jika mereka ingin keluar dari pencahayaan langsung untuk jangka waktu tertentu.

Hindari sinar matahari langsung memasuki tangki Anda karena dapat dengan cepat meningkatkan suhu air ke tingkat berbahaya dan memicu pertumbuhan ganggang yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Ternak Ikan Cupang Kuping Gajah, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda yang ingin memulai memelihara ikan ini. Terima Kasih.

Baca juga:

5 Cara Menanam Toge Hidroponik di Rumah

13 Cara Mengatasi Mental Burung Kenari Paling Ampuh