10 Cara Memelihara dan Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Posted on
10 Cara Memelihara dan Merawat Kucing Persia Untuk Pemula
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula

Cara memelihara kucing Persia bagi pemula – kucing adalah hewan berkaki empat yang kebanyakan dijadikan hewan peliharaan dirumah. Sifatnya yang penurut serta kalem sebagai sebuah nilah lebih untuk menarik seorang manusia guna memeliharanya. Didunia ini kucing memang sebagai daya tarik tersendiri untuk seseorang yang memelihara kucing. Pada kesempatan kali ini akan kami bagikan informasi tentang cara memelihara kucing Persia bagi pemula.

Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula

Sampai sekarang ini, kucing mempunyai banyak sekali jenis yang mana hampir di seluruh Negara mempunyai kucing domestiknya sendiri serta akan terus mengalami perkembangbiakan. Jika kalian memang berniat untuk memelihara kucing akan tetapi tak tahu bagaimana caranya maka simak artikel berikut ini :

1. Memberinya tempat tinggal

Hal utama dan paling mendasar saat memelihara kucing ialah memberinya tempat tinggal. Tidak hanya sekedar tempat tinggal saja, namun kita perlu memberinya tempat yang layak serta nyaman digunakan. Seperti contoh kandang yang dibuat dari bahan besi, kayu maupun ruangan khusus berbentuk kamar layak.

2. Menjaga lingkungan kucing

Sesudah kita mempunyai sebuah tempat tinggal peliharaan kucing ini, kemudian menjaga lingkungannya agar tetap bersih. Usahakan pula tempat tinggalnya ini terhindar dari hewan buas lain seperti anjing, tikus, dan burung sehingga tidak mengganggu.

Baca Juga :   Cara Beternak Bebek Petelur Yang Baik dan Menguntungkan

3. Tersedia makan dan minum

Sediakan tempat dan minum pada kucing ini dengan cukup memberikan sesuai porsi kucing masing-masing. Akan tetapi, jika kalian mempunyai lebih dari 1 kucing maka sediakan tempat makan yang besar pula sehingga tidak membuat mereka saling berebut.

4. Memberi kucing makan dan minum

Secara global, kucing akan membutuhkan makanan lebih dengan kaya akan protein, daging, dan ikan. Hindarkan pula dengan pemberian makanan yang mengandung karbohidrat tinggi semisal nasi, mie dll.
Saat pemberian makanan berilah makanan yang sudah teruji dan kaya nutrisi kucing tersebut. Seperti we food/ makanan basah dan juga makanan kering. Namun jangan terlalu banyak memberikan makanan basah. Sebab hal ini akan mengurangi kualitas gigi kucing sehingga tak mudah terasah.

5. Memberikan tempat kotoran

Langkah kemudian ialah menyiapkan tempat pembuangan kotoran untuk kucing. Sediakan tempat khusus yang berisi pasir untuk tempat buang kotoran si kucing. Kalian tak usah mengajari kucing untuk pergi ke tempat yang sudah kalian sediakan. Ketika ia sudah berusia 2 th sudah bisa melakukannya sendiri.
Berikanlah tempat pasir lumayan lebar namun sedikit tiggi supaya saat membuang kotorannya ini langsung ditutup dengan sendirinya oleh kucing. Untuk jenis pasirnya gunakan pasir wangi serta pasir ziolit.

6. Memandikan kucing Persia

Disini kita harus wajib memandikan kucing Persia saat terlihat kotor, khususnya untuk kucing yang mempunyai dasar bulu berwarna putih polos. Sebab warna putih polos ini bila tak segera dibersihkan akan terlihat kucel serta kurang bersinar jika tak di mandikan dengan kurun waktu yang lama.

Untuk memandikannya dapat memakai jasa pet shop. Kalian juga bisa memandikannya sendiri dirumah dengan menggunakan air yang hangat dan menggunakan shampoo serta memotong kukunya sehingga terlihat lebih tampan/ cantik nan bersih. Ketika setelah kalian memandikan jangan lupa untuk dikeringkan lebih dulu ya sobat. Supaya bulunya ini tidak terkena jamur maupun rontok.

Baca Juga :   15 Cara Merawat Ayam Aduan Muda dengan Mudah

7. Memberikan vaksinasi

Jangan lupa kalian untuk memberikan vaksin dari sejumlah virus maupun bakteri yang bisa membuat kucing menjadi sakit. Tak hanya kucing, ada sejumlah penyakit kucing yang dapat menular dengan langsung di tubuh manusia. Jadi jangan lupa kalian memberikan kucing vaksin dengan teratur.

Pemberian vaksin ini akan dijalankan oleh dokter hewan yang kadang ada di pet shop. Biasanya dilakukan jangkan 1 bulan sekali atau beberapa kalia dalam 1 tahun tergantung dengan jenis vaksin yang diberikan pada kucing. Saat vaksin sudha diberikan maka ada sejumlah gejala yang muncul sehingga kita harus lebih tahu bagaimana cara merawat kucing sesudah dilakukan vaksinasi.

8. Merawat bulu kucing

Jenis kucing Persia ini mempunyai bulu yang lebat dan untuk sejumlah orang akan merasakan aneh serta ribet maupun sulit untuk memelihara kucing Persia ini. akan tetapi untuk kalian yang penggemar kucing/ menyukai kucing bahkan akan lebih mudah merawar anakan kucing ini.

Cara merawatnya bulu kucing bisa dengan menyisirnya, memandikannya dan memberikannya shampoo serrta memberikan makanan khusus guna memperindah bulu kucing serta supaya tak stress sebab kadang akan berdampak bulunya menjadi rontok.

9. Ajak main si kucing

Tak ada manusia yang tak membutuhkan teman bermain, kucing juga seperti itu. Maka ajaklah kucing bermain dengan memakai mainan kucing misalnya bola maupun lempar kayu. Bila kita mempunyai halaman luas maka ajaklah dihalaman supaya dapat beraktifitas tak jenuh menggunakan kandang kecil.

10. Control selalu kesehatan kucing

Cara merawat kucing ini dengan memebrikan pengontrolan setiap harinya, sbeab kadang kesehatan kucing bisa terganggu setiap saatnya. Sehingga sebagai pemilik kucing pun dianjurkan selalu memerika kucing, selain itu jauhkan terhadap benda cair. Sebab mereka bisa saja meminumnya dan menjadi racun bagi tubuhnya.

Baca Juga :   Cara Ternak Kenari Untuk Pemula, Perawatan Hingga Panen

Berikut tadi merupakan wawasan tentang Cara memelihara kucing Persia bagi pemula yang bisa kalian tiru dirumah dan dijalankan rumah supaya kucing Persia ini kita tetap sehat nan tetap aktif. Yang terpenting ialah dari semua ini kita perlu merawat kucing dengan benar-benar dan penuh dengan kehati-hatian sebab kucing Persia ini merupakan binatang yang teraktif. Semoga bermanfaat.

Baca juga: