Cara Mengusir Semut Dari Kandang Jangkrik

Posted on

Cara Mengusir Semut Dari Kandang Jangkrik

Cara Mengusir Semut Dari Kaandang Jangkrik – Semut yang merupakan binatang kecil dengan berbagai macam spesies banyak terdapat diberbagai tempat, mulai dari tempat tinggal hingga pedalaman hutan. Beberapa orang beranggapan bahwa semut yang ada di sekitar tempat tinggal anda bisa mendapatkan rejeki. Akan tetapi pendapat tersebut hanya mitos dan adanya semut dilingkungan tempat tinggal anda malah membuat dan mengundang rasa jengkel. Hal ini dikarenakan semut dapat menggingit dan bahkan merusak acara atau tatanan yang ada. Beberapa jenis semut yang mencium bau manis akaan berkerumun dan mendatangi benda tersebut. sedangkan semut penggigit akan menggigit apabila kita mengganggu atau tidak sengaja diinjak.

Pasti semua orang pernah merasakan bagaimana rasanya jika digigit oleh semut. Meskipun semut memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun serangannya cukup terasa. Tidak hanya mendatangi benda yang dirasa manis, semut juga dapat mengganggu usaha anda dalam memelihara jangkrik. Hewan semut sering menjadi hama bagi peternak jangkrik. Tidak hanya meresahkan namun juga dapat merugikan usaha ternak jangkrik anda, dimana hasil dari budidaya tidak dapat maksimal.

Semut yang datang ke dalam kandang jangkrik tidak mungkin tanpa sebab. Biasanya jika anda janrang mengecek budidaya jangkrik, kemungkinan terdapat jangkrik yang mati. Jangkrik yang mati tersebutlah yang dapat mendatagkan semut. Apabila hal ini tidak segera diatasi serangan dari semut bisa saja merambat pada jangkrik yang masih hidup dan akhirnya jangkrik tersebut mati. Sehingga perlu diperhatikan kebersihann kandang jaangkrik dan sara budidaya agar terhindar dari berbagai hama yang tidak diinginkan. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, berikut beberapa Cara Mengusir Semut Dari Kandang Jangkrik yang dapat anda lakukan.

Baca Juga :   3 Manfaat Jagung Untuk Burung Kenari "Yang Belum anda Ketahui"

1. Memakai Air Perasan Jeruk Nipis

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mengusir semut dari kandang jangkrik. Caranya adalah dengan menyemprotkan air perasan jeruk nipis disekita kaandang atau disekitar tempat anda menaruh kandang jangkrik. Bau asam yang dikeluarkan jeruk nipis dapat mengacaukan bau makanan jangkrik yang ditangkap oleh semut.

2. Kayumanis

Kemudiann cara berikutnya anda bisa memakai bahan dapur seperti kayu manis. Tentu saja kayu manis ini telah banyak dikenal oleh semua orang, utamanya dalam hal membuat kue atau masakan lainnya. Itulah mengapa kayu manis ini dikatakan memiliki manfaat yang sangat banyak, karena selain untuk bumbu masakan dan bahan minuman kayu manis ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengusir semut di kandang jangkrik. Adapun cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan memakai kayumanis yang masih dalam wujud batangan. Kayu manis yang umumnya memiliki aroma manis ini tidak disukai oleh semut lantaran baunya yang harum.

Tidak hanya itu saja, kandungan dari kayu manis salah satunya adalah mengandung antibakteri yang ringan. Penggunannya bisa anda taburkan bubuk kayu manis pada makanan segar ketika cuaca panas, untuk mencegah pertumbuhan bakteri pathogen yang sering muncul pada makanan. Jika ingin memakainya sebagai bahan pengusir semut pada kandang jangkrik anda cukup dengan mudah menaburkan bubuk kayumais disekitar kandang, khususnya pada barisan semut dan jalan yang dilaluinya.

3. Pappermint

Selain kayu manis, bahan alami yang juga dapat digunakan sebagai pengusir semut adalah peppermint. Pappermint sebagaai minyak esensial bisa anda coba untuk mengusir semut di kandang jangrkik. Apabila minyak esensial tersebut sulit untuk didapatkan, anda juga bisa memakai sabun cair yang memiliki aroma mint. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan minyak peppermint dengan air dalam perbandingan yang sama. Masukkan campuran minyak dan air tersebut pada botol semprot, kemudian semprotkan pada barisan semut atau kerumunannya di sekitar kandang jangkrik.

Baca Juga :   Manfaat Hidroponik Bagi Kehidupan Manusia

4. Boraks, Air Dan Juga Gula

Cara Mengusir Semut Dari Kaandang Jangkrik selanjutnya dengan memakai campuran boraks, air dan juga gula. Campurkan bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut disekitar kandang atau tempat yang biasanya dilalui oleh semut. Nantinya para semut akan mengusung bongkahan-bongkahan pasta yang dikira gula ke dalam sarangnya tanpa mengetahui bahwa pasta tersebut mengandung racun.

5. Air Mendidih Dan Sabun Cuci Piring

Cara yang lebih mudah dan sederhana selanjutnya adalah dengan menyiram kerumunan semut dengan memakai air panas. Cara ini menjadi caraa yang lebih alami dan aman dibandingkan jika anda memakai baahan insektisida. Anda bisa juga menyemprotkan larutan sambut cuci piring ke dalam barisan semut yang ada disekitar kandang jangkrik.

6. Baking Soda Dan Gula Halus

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya semut selalu me nyertai tubuhnya dengan zat asam sebagai perlindungan. Cara yang bisa and gunakan untuk mengecoh dan mencegah semut dalam mencari dan mengganggu kandang jangkrik anda adalah dengan mengoleskan atau meletakkan laurtan baking soda dan gula disekitar kandang tersebut. rasa asam pada kombinasi baking soda dan gula sudah jelas dapat mengecoh semut untuk tidak melanjutkan pencariannya pada gula atau di kandang jangkrik.

7. Ampas Kopi

Ampas kopi ternyata juga dapat diguankan sebagai bahan dalam mengusir semut. Cukup dengan menaburkan ampas kopi disekitar kandang dan jalan disekitar yang telah menjadi jalur lewatnya semut untuk masuk ke dalam kandang.

8. Tepung Jagung

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan tepung jagung untuk mengusir semut yang cukup mengganggu. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menaburkan tepung jagung tersebut di halaman rumah untukmenarik semut agar keluar dari sarangnya.

Baca Juga :   7 Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan Perawatannya

Nah, itulah beberapa Cara Mengusir Semut Dari Kandang Jangkrik dengan memakai bahan alami hingga bahan kimia. Semoga dapat menambah wawasan dan bisa anda coba di rumah untuk mengusir semut yang mengganggu.

Baca juga: