Manfaat Jangkrik Putih Untuk Pakan Burung

Posted on

Manfaat Jangkrik Putih Untuk Pakan Burung

Manfaat Jangkrik Putih Untuk Pakan Burung – Sekarang ini telah banyak masyarakat yang memiliki hewan burung kicauan sebagai hewan peliharaan di rumah. Selain memiliki warna bulu yang cukup indah, nyanyian dan suara burung tertentu juga dapat memberikan susana yang asri. Dalam memelihara burung kicaun tetntu saja harus melakukan perawatan ekstra. Mulai dari memberinya pakan yang memiliki kaya akan nutrisi hingga melakukan penjemuran serta pemandian. Namun, pemberian pakan yang bernutrisi tidak kalah pentingnya dalam proses perawatan burung kicauan. Salah sau jenis pakan untuk burung kicauan yang penuh nutrisi adalah jangkrik.

Dalam proses memelihara burung kicauan, pemilihan pakan ini harus diperhatikan dengan baik karena sangat menentukan bagaimana kualitas suara atau kesehatan tubuh burung tersebut. Hewan jangkrik telah banyak dikenal sebagai pakan burung yang bagus, sehingga tidak heran jika banyak yang memakainya sebagaai pakan burung kicauan. Apalagi jika jenis jangkrik tersebut adalah jangkrik putih. Jangkrik putih ini dipercaya dapat membuat burung tidak over birahi, karena sifat dari jangkrik ini tidak terlalu panas jika dikonsumsi oleh burung. Selain itu, jangkrik putih juga dapat menambah lama durasi kicauan burung. Lebih jelasnya tentang Manfaat Jangkrik Putih Untuk Pakan Burung adalah sebagai berikut.

1. Lebih Menguatkan Mental Burung

Jangkrik putih berbeda dengan jangkrik pada umumnya yang umumnya berwana hitam. Jangkrik putih ini adlah jangkrik yang memiliki waktu putih atau akibat dari pergantian bulu. Salah satu manfaat yang dipercayai oleh pecinta burung kicauan adalah dapat menguatkan mental burung ketika melakukan kompetisi. Sehingga dapat mengatur seluruh kemampuan yang dimilikinya agar benar-benar dapat muncul dengan baik dan mendapatkan penilaian yang maksimal.

Baca Juga :   Cara Penangkaran Burung Jalak Bali Bagi Pemula

2. Mudah Untuk Dikonsumsi

Selain dapat menguatkan mental, jenis jangkrik putih lebih mudah untuk dikonsumsi atau dicerna dengan lebih baik dibandingkan dengan jangkrik bisanya yang harus dipotong terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh burung. Jangkrik putih umumnya memiliki tekstur tubuh yang lebih lembut dan dapat diberikan secara langsung kepada burung. Selain itu, jenis jangkrik ini menjadi favorit bnyak burung karena mudah dalam dikonsumsi.

3. Menutrisi Tubuh Burung

Manfaat Jangkrik Putih Untuk Pakan Burung lainnya adalah kandungan nutrisi yang terkandung di dalam tubuh jangkrik putih lebih tinggi dan lebih baik. Hal ini berbeda dari kandungan nutrisi jangkrik pada umumnya. Kandungan protein jangkrik putih yang lebih tinggi dapat membantu menjaga tubuh agar dapat berkembang dan tetap dapat berkicau dengan maksimal.

4. Mencegah Burung Birahi

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa manfaat dari jangkrik putih juga dapat mengontrol kondisi birahi burung kicauan. Birahi yang terlalu tinggi dapat dicegah agar tidak terjadi ketika waktu perlombaan. Hal ini dikarenakan ketika burung dalam keadaan birahinya tinggi maka menyebabkan kualitas kicauan berkurang sehingga akan mengganggu dan burung tidak dapat tampil secara maksimal ketika waktu perlombaan berlangsung.
Namun, apabila sebelum acara perlombaan burung kicauan diberi makan jangkrik putih maka birahinya akan lebih tertahan dibandingkan apabila mengkonsumsi jangkrik biasa. Rasa birahi pada burung disebabkan karena rasa panas yang muncul ketika anda memberinya pakan jangkrik biasa.

5. Membuat Durasi Kicauan Lebih Panjang

Manfaat lainnya dari jangkrik putih yaitu dapat membuat burung kicauan mampu berkicau lebih panjang dan lebih gacor. Manfaat ini bisa anda lihat apabila memberikan pakan jangkrik putih pada burung kicauan ketika akan melakukan perlombaan. Sehingga tidak heran apabila jangkrik putih in menjadi pilihan ekstra food yang terbaik untuk jenis burung kicauan dikarenakan mempunyai kemampuan yang dapat meningkatkan kualitas dari kicauan yang dimiliki oleh burung tersebut.

Baca Juga :   Penyakit Pada Burung Nuri yang Harus Diketahui

Mempunyai begitu banyak manfaat bagi burung kicauan maka jangkrik putih ini dalam hal waktu pemberiannya harus diperhatikan. Waktu pemberian jaangkrik putih pada burung kicauan ketika akan dilombakan adalah pada saat hari H. semisal burung akan dilombakan di siang atau sore hari maka anda perlu memberikannya jangkrik putih di waktu pagi hari sebelum dilombakan. Selain itu, agar dapat berkicau lebih maksimal dan dapat lebih berani menghadapi kicauan lawan maka anda juga perlu merawat burung kicauan sesuai dengan setting lapangan. Hal ini bertujuan agar burung tersebut dapat lebih mudah dalam beradaptasi.

Cara Mendapatkan Jangkrik Putih

Sementara cara untuk mendapatkan jangkrik putih bisa anda perhatikan keterangan berikut:

  • Ketika anda membeli jangkrik di toko pakan burung, maka mintalah jangkrik yang berumur masih muda agar anda bisa mendapatkan jangkrik putih lebih banyak.
  • Kemudian ketika sampai di rumah, pisahkan jangkrik muda dan jangkrik yang telah dewasa. Ini untuk meminimalisair kematian jangkrik muda agar tidak dimangsa oleh jangkrik dewasa.
  • Selanjutnya anda bisa meletakkan atau memasukka jangkrik muda ke dalam wadah yang telah berisi pasir setinggi 3 cm.
  • Lalu jangan lupa untuk selalu menyesuaikan suhu ruangan agar jangkrik dapat berada di dalam suhu yang cukup hangat.
  • Sertakan lubang kecil dalam wadah agar jangrik tetap bisa bernafas.
  • Beri pakan jangkrik tersebut dengan buah atau sayur yang telah anda cincang
  • Sementara untuk minumnya berikan air di dalam kapas yang telah dibasahi. Kemudian kapaas tersebut diletakkand alam tutup botol bekas.
  • Selalu perhatikan perkembangan jangkrik muda tersebut beberapa hari hingga berubah menjadi jangkrik putih dalam proses pertumbuhannya.
  • Jika anda mengetahui jangkrik telah mengalami pergantian kulit maka segera berikan jangkrik putih tersebut dalam waktu 2 jam. Hal ini karena setelah waktu 2 jam tersebut maka kulit jangkrik akan mengalami pengerasan kembali.
Baca Juga :   6 Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Manfaat Jangkrik Putih Untuk Pakan Burung utamanya bagi burung jenis kicauan. Selain memiliki banyak manfaat jangkrik jenis ini bisa nada dapatkan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Mengusir Semut Dari Kandang Jangkrik

Tips Memilih Burung Jalak Suren Yang Bagus