Kumpulan Applikasi Video Bokeh Full HD

Posted on

Kumpulan Applikasi Video Bokeh Full HD

Video bokeh sangat populer tak hanya di dunia fotografi dan videografi tapi juga di antara masyarakat umum yang bahkan tak mengerti apa itu bokeh namun ikut mengagumi visualnya. Menurut asal katanya, istilah bokeh berasal dari bahasa Jepang yang berarti efek buram latar belakang suatu video atau fotografi.

Tujuan dari efek ini adalah untuk menonjolkan subjek atau objek dari suatu foto atau video. Biasanya, efek ini hanya bisa didapat dengan menggunakan lensa pada kamera yang memiliki panjang fokus dangkal. Tapi selain dengan kamera, efek ini ternyata juga bisa didapat dengan menggunakan aplikasi smartphone.

Aplikasi Video Bokeh

Tak harus memiliki kamera DSLR yang mahal atau berlangganan software desktop yang juga tidak murah karena kini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menghasilkan efek bokeh pada rekaman video di smartphone. Kabar terbaiknya adalah kebanyakan aplikasi ini gratis! Berikut daftarnya:

1. After Focus

After Focus adalah aplikasi pengedit latar belakang foto dan video gratis untuk membuat tampilan yang mirip dengan efek bokeh pada kamera DSLR. Namun, tersedia juga opsi berlangganan bulanan untuk mengakses seluruh filter di dalamnya. Ada dua cara yang bisa dipilih untuk menghasilkan efek bokeh:

  • Pertama dengan klik fitur bernama Smart Focus yang akan membuat aplikasi mendeteksi otomatis area fokus dan akan mengaburkan latar belakangnya.
  • Kedua dengan membuat efek bokeh secara manual dengan cara membuat garis-garis batas pada area fokus. Setelah klik Ok, maka aplikasi akan mengubah latar belakang dengan efek buram.
Baca Juga :   Budidaya Padi Sawah (Oryza sativa.L) Serta Panduan Teknis Intensifikasi Lahan

Selain dapat menghasilkan efek bokeh, After Focus juga menawarkan sejumlah pilihan filter lain mulai dari efek dasar hingga efek profesional yang bisa membuat foto atau video tampak lebih artistik.

Aplikasi juga dilengkapi dengan tombol Share yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto atau video yang sudah diedit ke media sosial. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama MotionOne ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

KelebihanKekurangan
Dilengkapi fitur Smart Focus.Pilihan filter terbatas untuk versi gratis.
Interface ramah pengguna.Resolusi rendah untuk versi gratis.
Tidak ada tweak foto dasar.

2. MagoVideo

Dibanding aplikasi sebelumnya, MagoVideo termasuk jauh lebih lengkap karena selain dapat menghasilkan background bokeh yang artistik hanya dengan satu kali klik, terdapat juga sejumlah fitur super bermanfaat seperti berikut:

  • Fitur Add Music untuk memasukkan musik atau lagu ke dalam video.
  • Fitur Slow Mo untuk membuat gerak lambat atau cepat pada video.
  • Fitur Slideshow untuk membuat video dari beberapa foto dan ditambah dengan musik otomatis atau masukkan musik pilihan sendiri.
  • Kumpulan stiker GIF.
  • Koleksi efek film.
  • Membuat video tampak lebih cantik dengan fitur Frame.
  • Mengubah rasio video menjadi 4: 5, 1: 1, atau 16: 9.

Fitur lainnya termasuk flip video, trim video, mirror, cut, dan tombol Share untuk memposting hasil video ke platform TikTok, YouTube, Instagram, Facebook, atau lainnya. Sayangnya, aplikasi yang dikembangkan oleh MyMovie Inc. ini hanya tersedia untuk pengguna Android.

Kelebihan Kekurangan
Ada banyak fitur keren.Tidak bisa digunakan oleh pengguna iOS.
Hampir seluruh fitur gratis digunakan.Aplikasi kadang macet.
Mudah digunakan termasuk pemula.Ada watermark untuk versi gratis.

3. Blur Video

Blur Video adalah salah satu aplikasi pembuat efek bokeh khusus Android yang dikembangkan oleh Alpha Project. Aplikasi ini menjadi salah satu yang paling laris diantara para pemula karena memiliki antarmuka sederhana yang mudah digunakan dan ukurannya hanya 30MB.

Baca Juga :   Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Video yang hendak diedit bisa dalam format 3GP, MP4, dan WMV. Sementara efek bokeh bisa didapat dengan memilih salah satu dari Free Style Blur, Insta No Crop, dan Fun Blur. Terdapat juga tombol Share ke platform lain untuk membagikan hasil video yang sudah diedit.

Pagi pengguna baru dengan akun gratis hanya bisa mengedit maksimal 5 video tanpa watermark. Setelahnya juga bisa tetap gratis tapi akan ada iklan dan watermark. Jika ingin menghapus keduanya, maka harus upgrade akun premium.

Kelebihan Kekurangan
Mudah digunakan.Tidak ada di App Store
Terdapat 3 opsi format video.Muncul iklan dan watermark setelah 5 kali edit video.
Menurut sejumlah review efek bokeh kurang rapi.

4. BlurEffect-Blur Photo & Video

Kebalikan dari aplikasi sebelumnya, BlurEffect hanya tersedia untuk pengguna iOS. Aplikasi berukuran 33.2 MB ini bisa di download dan digunakan gratis namun versi gratisnya memunculkan watermark dan iklan yang mungkin bisa mengganggu untuk beberapa orang.

Jika ingin bebas iklan dan watermark, pengguna bisa melakukan pembelian seharga $2,99, dan jika ingin fitur versi lengkap bisa siapkan uang sekitar $4,99. Adapun efek bokeh yang dihasilkan bisa dalam bentuk Piksel, Halftone, Hexagon Pixelate, Motion Blur, Prism, Polka Dot, dan Zoom Blur.

Kelebihan Kekurangan
Lebih banyak gaya bokeh.Ada iklan dan watermark.
Aplikasi simpel dan mudah dioperasikan.Hanya tersedia di App Store.

5. Real Bokeh – Light Effects

Aplikasi selanjutnya tersedia untuk kedua jenis pengguna smartphone yakni iOS dan Android. Dikembangkan oleh MobiLab, aplikasi ini menawarkan 33 gaya bokeh (bentuk bintang, oval, hati, dll.) yang bisa diaplikasikan hanya dengan satu sentuhan jari.

Ukuran dari setiap gaya bokeh yang sudah dipilih juga bisa disesuaikan sendiri, besar, sedang, atau kecil. Begitu juga dengan opacity dan warna dari bokehnya (tersedia sekitar 28 warna bokeh).

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Cacing Tanah Hingga Panen

Ada tombol Undo yang bisa digunakan untuk menghapus kesalahan edit, tombol Save untuk simpan video ke galeri, dan tombol Share untuk posting video ke berbagai akun media sosial. Versi dasar aplikasi ini gratis digunakan dan versi lengkapnya hanya bisa diakses setelah berlangganan $2.99 per bulan.

Kelebihan Kekurangan
Ada banyak gaya dan warna bokeh.Versi lengkap tidak gratis.
Opacity dan ukuran bokeh dapat diatur.
Tersedia untuk Android dan iOS.

6. Blur Videos & Images

Aplikasi ini dikembangkan oleh Arsal Nazir dan hanya tersedia di Google Play. Seperti namanya, aplikasi ini bisa menciptakan efek bokeh tak hanya pada video tapi juga foto orang atau berbagai gambar lain.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah bisa untuk video berdurasi panjang. Namun, efek bokeh termasuk tidak bagus karena garis antara latar belakang dan objek tampak jelas alias kurang alami. Kekurangan lainnya adalah tidak terdapat fitur penduduk lain.

Kelebihan Kekurangan
Bisa edit video durasi panjang.Hasil bokeh tampak amatir.
Gratis digunakan.Tidak ada fitur lain.

7. InShot

Aplikasi yang satu ini sudah populer sejak lama di kalangan pengguna Android dan juga iOS. Dikembangkan oleh InShot Inc., aplikasi ini tak hanya dapat menciptakan efek blur pada latar belakang video tapi juga bisa menambahkan teks, musik, stiker, dan bahkan efek glitch.

Ada juga ratusan opsi filter lain selain bokeh, yang bisa dipilih manual atau otomatis sesuai tema video. Jika ingin membuat video dari kumpulan foto, InShot juga dilengkapi dengan fitur Slideshow, dan jika ingin mengatur tampilan video, bisa gunakan fitur Crop.

Kelebihan Kekurangan
Kaya fitur.Tidak semua stiker, efek, dan filternya gratis.
Kualitas video HD bahkan setelah di download.
Tersedia di Play Store dan App Store.

Video dengan efek bokeh akan lebih menarik sehingga bisa mendapat lebih banyak like di media sosial. Gunakan salah satu dari tujuh daftar aplikasi di atas untuk menghasilkan video bokeh yang artistik namun dengan cara mudah.