Cara Pemberian, Manfaat dan Informasi tentang Vitamin Burung Gelatik

Posted on

Tips dan Informasi tentang Vitamin Burung Gelatik

Vitamin untuk burung gelatik – sekarang ini burung gelatik tak asing bagi para pecinta burung kicau. Hanya saja, masalahnya saat ini adalah kondisi fisik dan permalahan suara pad aburung gelatik. Hal tersebut dinilai wajar untuk kinerja burung gelatik selama masih di lapangan lumayan tinggi dan membutuhkan tenaga ekstra. Oleh karena itu, maka diperlukan sebuah vitamin burung gelatik, dengan tujuan agar burung yang dipelihara bisa kembali dilapangan atau rumah. Berikut mengenai vitamin untuk burung gelatik.

Tips dan Informasi tentang Vitamin Burung Gelatik

1. Vitamin herbal atau kimia

Vitamin alami burung ini dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Vitamin kimia tentunya berasal dari obat racikan pabrik. Banyak pecinta burung gelatik ini memberikan vitamin pilihan dengan memberikan vitamin alami di pabrik. Akan tetapi, hal ini tak masalah karena masalah kandungan vitamin yang berasal dari buatan pabrik ini hampir mirip dengan vitamin yang dibuat alami.

Lain halnya pada pakan burung gelatik yang secara umum, mereka memberikan vitamin yang mempunyai kandungan gizi jauh lebih tinggi guna menunjang kesehatan dari burung gelatik serta performa dari burung gelatik saat ada di lapangan.

2. Manfaat vitamin

Manfaat vitamin yang akan diberikan untuk burung gelatik tak lain bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta metabolisme burung. Daya tahan tubuh yang menjadi tak gampang terserang penyakit. Selain tersebut busa merangsang dan mempercepat pertumbuhan dari burung muda dan calon indukannya. Dapat pula mempercepat penyiapan sel reproduksi rahim burung gelatik berjenis kelamin betina dewasa sudah siap dijodohkan.

Baca Juga :   Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut

Lalu vitamin yang telah diberikan pun dapat membantu meningkatkan kesuburan dan proses reproduksi. Hingga dapat memperanyak daya tetas telur burung. Kemudian proses penyembuhan bagi burung gelatik yang sakit maupun terluka pun dapat membantu. Degan daya tahan tubuh yang kuat ini maka burung gelatik tidak akan gampang terserang penyakit.

3. Tips memilih vitamin bagus

Vitamin burung gelatik bagus perlu mempunyai harga mahal. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa tips dalam memilih vitamin untuk burung ini yang bagus dan berkualitas. Yang pertama jangan melihat harganya, namun kalian pilih saja yang mempunyai kandungan gizi seimbang. Sebagian besarnya ini ada yang menggunakan bahan berasal dari kandungan herbal atau alami.

Pemberian vitamin pun diyakin dapat berdampak positif. Vitamin yang benar dapat merubah burung menjadi lebih sehat. Burung ini dinilai aman jika dikonsumsi dengan jangka waktu lumayan lama, meski tidak dikonsumi setiap hari.
Kalian bisa memilih sendiri untuk kandungan gizi yang mana yang seimbang. Sebagian besar dari mereka ini

4. Berikan vitamin larva lebah

Vitamin satu ini lumayan sulit bila diperoleh, namun bila kalian tak sengaja memperolehnya maka tak salahnya memberikan kepada burung gelatik. Banyak sekali pula manfaat yang diperoleh burung gelatik bila diberikan larva tawon, diantaranya :

  • Membantu mempercepat proses pertumbuhan dari bulu-bulu burung gelatik yang mabung
  • Membantu pertumbuhan burung dari lolohan
  • Meningkatkan nafsu makan burung
  • Membuat burung lebih kebal dari penyakit

5. Vitamin Telur rebus

Para pemelihara burung pun sering memberikan telur rebus menjadi makanan tambahan burung kicau dan burung gelatik. Ada sejumlah jenis yang dapat diberikan untuk burung gelatik, diantaranya :

• Telur puyuh
• Telur ayam
• Telur bebek

Baca Juga :   8 Cara "Paling Tepat" Memelihara Ulat Hongkong Agar Cepat Panen

Akan tetapi, bila kalian tertarik memberikan telur rebus menjadi makanan ekstra di burung gelatik kesayangannya, maka jangan memberikan dengan langsung, sebab burung ini tak doyan.

Kalian hanya butuh memberikan dengan bertahap, salah satu caranya ialah dengan cara menyampurkan telur rebus dengan makanan ekstra yang lain. Salah satu caranya ialah dengan cara mencampurkan telur rebus bersama dengan kroto. Namun upayakan supaya posisi dari telur rebus ini tidak terlalu banyak krotonya. Dengan begini, maka burung gelatik akan mau makan ramuan ini. Bila burung gelatik terbiasa dengan makan makanan ini, maka perlahan tingkatkan posisi dari telur rebusannya. Dimulai dengan sebanyak 50% kroto dengan 50% telur rebus, selanjutnya 25% kroto serta 75% telur rebus smapai telurnya rebus ini seutuhnya.

Sobat mungkin kalian memerlukan waktu yang tak sebentar supaya burung gelatik ini suka dengan telur rebus seutuhnya. Sehingga, hal ini perlu kalian lakukan dengan cara sabar dan telaten. Teknik yang lain dapat dilakukan dengan cara kalian memasukkan kuning telur ini kedalam perut jangkrik.
Yakni caranya dengan kalian menyedotkan kuning telur memakai spet, lalu suntikkan ke dalam perut jangkrik itu dan kemudian berikan jangkrik mirip biasanya pada burung gelatik.

6. Berikan udang kecil

Udang kecil pun kerap diberikan untuk burung gelatik untuk salah stau ekstra fooding pengganti dari ulat hongkong. Udang mempunyai banyak sekali kandungannya yang baik bagi tubuh burung gelatik, diantaranya :

  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi

Nah, banyak sekali kan ya kandungan ini yang pastinya baik untuk tubuh burung gelatik. Berikut ini merupakan manfaat dari udang bagi burung gelatik :

  • Bisa meningkatkan birahi dari burung gelatik
  • Bisa meningkatkan daya tahan tubuh bagi burung gelatik
  • Membuat burung gelatik ini akan selalu dalam keadaan fit
  • Dan juga masih banyak lagi lainnya.
Baca Juga :   7 Cara Ternak Ayam Broiler dan Keuntungan Harus Anda Ketahui

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan mengenai Vitamin untuk burung gelatik. Pemberian vitamin bagi burung gelatik diyakini akan berdampak positif. Vitamin, bisa membuat burung gelatik menjadi lebih sehat. Semoga tulisan ini menambah wawasan kalian mengenai burung gelatik.

Baca juga: